Asy-Syamail Al-Muhammadiyah, karya At-Turmudzi(2) cara bersisir,uban,semir rambut,celak mata,pakaian,khuf,sendal,cincin Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

*Kepribadian dan Budi Pekerti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam*

oleh: *Muhammad bin `Isa bin Saurah bin Musa binad-Dhahhak as-Sulami. (Imam at-Tirmidzi)*

Alhamdulillah…

Asy-Syamail Al-Muhammadiyah Pertemuan ke-1 

 Asy-Syamail Al-Muhammadiyah Pertemuan ke-2 

Asy-Syamail Al-Muhammadiyah Pertemuan ke-3 

Asy-Syamail Al-Muhammadiyah Pertemuan ke-4 

Kajian As-Syamail Al-Muhammadiyah Ustadz Isnan Efendi bagian 1

Kajian As-Syamail Al-Muhammadiyah 2

Kajian As-Syamail Al-Muhammadiyah 3

Kajian As-Syamail Al-Muhammadiyah 4

Kajian As-Syamail Al-Muhammadiyah 5

Kajian As-Syamail Al-Muhammadiyah 6

Kajian As-Syamail Al-Muhammadiyah 7

Lebih Lengkap Disini Ada 40 Video Playlist: As-Syamail Al-Muhammadiyah

*Wahai Kaum Muslimin yang dirahmati oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.Kitab ini menjelaskan tentang berbagai sifat,adat, ibadah, akhlak dan mu’amalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam*

*buku khusus yang ditulis para ulama hadis, isinya mengumpulkan hadis-hadis tentang ciri dan sifat Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam. Baik dari sisi fisik maupun non fisik.*

*bagian kedua*

*4. cara bersisir Rasululloh*

*5. uban Rsululloh*

*6. semir rambut Rasululloh*

*7. celak mata Rasululloh*

*8. pakaian Rasululloh*

*9. khuf Rasululloh*

*10. sendal Rasululloh*

*11. cincin Rasululloh*

4. cara bersisir Rasululloh

ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ ﻗﺎﻝ : ‏«ﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢﻳﻜﺜﺮ ﺩﻫﻦ ﺭﺃﺳﻪ ﻭﺗﺴﺮﻳﺢ ﻟﺤﻴﺘﻪ، ﻭﻳﻜﺜﺮ ﺍﻟﻘﻨﺎﻉ ﺣﺘﻰ ﻛﺄﻥ ﺛﻮﺑﻪﺛﻮﺏ ﺯﻳﺎﺕ ».

*_”Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. sering meminyaki rambutnya, menyisir janggutnya dan sering waktu menyisir rambutnya beliau menutupi (bahunya) dengan kain kerudung. Kain kerudung itu demikian berminyak seakan-akan kain tukang minyak.”_*(Diriwayatkan oleh Yusuf bin’Isa, dari Rabi’ bin Shabih, dari Yazid bin aban ar Raqasyi*, yang bersumber dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. .)

*Aban ar Raqasyi dikenal sebagai orang yang dinilai munkar periwayatannya. Hadist ini sangat berlawanan dengan kebanyakan hadist shahih, yang menerangkan tentang kebersihan dan penampilan terpuji dari.Rasulullah .* (Muhammad `Afif az Za’bi).

ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻣﻐﻔﻞ، ﻗﺎﻝ : ‏«ﻧﻬﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪﻭﺳﻠﻢ ﻋﻦ ﺍﻟﺘﺮﺟﻞ ﺇﻻ ﻏﺒﺎ ».

*_”Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. . melarang bersisir kecuali sekali-kali. ” (Diriwayatkan oleh Muhammad Basyar, dari Yahya bin.Sa’id,dari Hisyam bin Hasan, dari al Hasan Bashri, yang bersumber dari `Abdullah bin Mughaffal radhiyallahu ‘anhu. . .*)

*Yang dilarang ialah bersisir layaknya wanita pesolek.•** ‘Abdullah bin Mughaffal radhiyallahu ‘anhu. . dalah sahabat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. . Yang masyhur, ia adalah salah seorang peserta.”Bai’tusSyajarah”, wafat pada tahun 60 H ada pula yang.mengatakan tahun 57 H.

*5. uban Rsululloh*

ﻋﻦ ﻗﺘﺎﺩﺓ ﻗﺎﻝ : ﻗﻠﺖ ﻷﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ : ﻫﻞ ﺧﻀﺐ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ؟ ﻗﺎﻝ : ‏«ﻟﻢ ﻳﺒﻠﻎ ﺫﻟﻚ، ﺇﻧﻤﺎ ﻛﺎﻥﺷﻴﺒﺎ ﻓﻲﺻﺪﻏﻴﻪ ‏» ‏«ﻭﻟﻜﻦ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ، ﺧﻀﺐ ﺑﺎﻟﺤﻨﺎﺀ ﻭﺍﻟﻜﺘﻢ ».

*_Qatadah bertanya kepada Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. .:”Pernahkah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. . menyemir rambutnya yang…telah beruban?” Anas bin Malik menjawab:”Tidaksampai demikian. Hanya beberapa lembar uban saja di pelipisnya. Namun Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu. . ). pernah mewarnai (rambutnya yang memutih) dengan daun pacar dan.katam.”_*(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari AbuDaud, dari Hamman yang bersumber dari Qatadah)

– *Katam adalah sejenis tumbuh-tumbuhan yang biasadigunakan untuk memerahi rambut sedangkan warnanyamerah tua.*

ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﻗﺎﻝ : ‏«ﻣﺎ ﻋﺪﺩﺕ ﻓﻲ ﺭﺃﺱ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪﻭﺳﻠﻢ ﻭﻟﺤﻴﺘﻪ ﺇﻻ ﺃﺭﺑﻊ ﻉ ﺷﺮﺓ ﺷﻌﺮﺓ ﺑﻴﻀﺎﺀ ».

*_anas berkata : ” tiadalah aku menghitung di kepala Rasululloh shollallohu alaihi wasallam dan jg jenggotnya.kecuali ada 14 rambut berwarna putih.”_*.(diriwayatkan oleh ishaq bin mansur, dari yahya bin musa, keduanya dari abdurrazzak, dari ma’mar, dari.tsabit bersumber dari anas binmalik radhiyallahu ‘anhu. )

ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﻗﺎﻝ : ﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ : ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ، ﻗﺪ ﺷﺒﺖ، ﻗﺎﻝ :‏« ﺷﻴﺒﺘﻨﻲ ﻫﻮﺩ، ﻭﺍﻟﻮﺍﻗﻌﺔ، ﻭﺍﻟﻤﺮﺳﻼﺕ، ﻭﻋﻢ ﻳﺘﺴﺎﺀﻟﻮﻥ، ﻭﺇﺫﺍﺍﻟﺸﻤﺲ ﻛﻮﺭﺕ ».

*_Dalam suatu riwayat Ibnu `Abbas radhiyallahu ‘anhu. . mengemukakan: Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu. . berkata: “Wahai Rasulullah, sungguh.Anda telah beruban!” Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. . bersabda:”Surah.Hud, Surah al Waqi’ah, Surah al Mursalat, Surah Amma.Yatasa’alun dan Surah Idzasy-Syamsu kuwwirat, menyebabkan aku beruban.”_*

(Diriwayatkan oleh Abu Kuraib Muhammad bin al A’la,dari Mu’awiyah bin Hisyam, dari Syaiban, dari Ishaq,dari Ikrimah, yang bersumber dari Ibnu `Abbas radhiyallahu ‘anhu. .)

*6. semir rambut Rasululloh*

ﻋﻦ ﺍﻟﺠﻬﺪﻣﺔ، ﺍﻣﺮﺃﺓ ﺑﺸﺮ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺨﺼﺎﺻﻴﺔ، ﻗﺎﻟﺖ : ‏«ﺃﻧﺎ ﺭﺃﻳﺖﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﺑﻴﺘﻪ ﻳﻨﻔﺾ ﺭﺃﺳﻪﻭﻗﺪ ﺍﻏﺘﺴﻞ، ﻭﺑﺮﺃﺳﻪ ﺭﺩﻉ ﻣﻦ ﺣﻨﺎﺀ ‏» ﺃﻭ ﻗﺎﻝ : ‏« ﺭﺩﻍ‏» ﺷﻚ ﻓﻲﻫﺬﺍ ﺍﻟﺸﻴﺦ .

*_Al Jahdzamah . radhiyallahu ‘anhu. , isteri Busyair bin al Khaskhashiyyah pernah bercerita: “Aku melihat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. . keluar dari rumahnya mengibaskan rambut sehabis mandi. Dan di kepalanya terdapat bekas daun inai“, atau “bekas celupan”(rawi ragu)._*

(Diriwayatkan oleh Ibrahim bin Harun, dari Nadlr bin Zararah*, dari Abi Jinab*, dari Iyad bin Laqith, yangbersumber dari Jahdzamah radhiyallahu ‘anhu. .)

ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﻗﺎﻝ : ‏« ﺭﺃﻳﺖ ﺷﻌﺮ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢﻣﺨﻀﻮﺑﺎ ».

.

*_”Aku melihat rambut Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. . disemir.”_*(Diriwayatkan oleh `Abdullah bin `Abdurrahman, dari.Amr bin `Ashim, dari Hammad bin Salamah, dari Humaid, yang bersumber dari Anas radhiyallahu ‘anhu. .)

*7. celak mata Rasululloh*

ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ، ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ : ‏« ﺍﻛﺘﺤﻠﻮﺍﺑﺎﻹﺛﻤﺪ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺠﻠﻮ ﺍﻟﺒﺼﺮ، ﻭﻳﻨﺒﺖ ﺍﻟﺸﻌﺮ ».ﻭﺯﻋﻢ ‏« ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻧﺖ ﻟﻪ ﻣﻜﺤﻠﺔ ﻳﻜﺘﺤﻞﻣﻨﻬﺎ ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ ﺛﻼﺛﺔ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ، ﻭﺛﻼﺛﺔ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ».

*_Dalam sebuah riwayat yang bersumber dari Ibnu `Abbas radhiyallahu ‘anhu. . dikemukakan: Sesungguhnya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. . bersabda:.”Bercelaklah kalian dengan Itsmid*, *karena ia dapat mencerahkan pengliahatan dan menumbuhkan bulumata.” Sungguh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. . Mempunyai tempat celak mata yang.digunakannya untuk bercelak pada setiap malam. Tiga olesan di sini dan tiga olesan di sini.”*_*

(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Humaid ar Razi, dari Abu Daud at Thayalisi, dari Abbad bin Manshur, dari.Ikrimah yang bersumber dari Ibnu `Abbas radhiyallahu ‘anhu.)

*Itsmid adalah batu celak biasanya berupa serbuk..Warnanya hitam atau biru. Serbuk itsmid dioleskan.pada bulu mata atau disapukan di sekeliling mata.*

*Yang dimaksud di sini adalah tiga olesan di matasebelah kanan dan tiga olesan di mata sebelah kiri.**

*8. pakaian Rasululloh*

*_”Pakaian yang paling disenangi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah Gamis.”_*

(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Humaid ar Razi, darial Fadhal bin Musa, diriwayatkan pula oleh Abu Tamilahdan Zaid bin Habab, ketiganya menerima dari `AbdulMu’min bin Khalid, dari `Abdullah bin Buraidah, yangbersumber dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anhu.)

*_”Sesungguhnya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam . keluar (dari rumahnya) dengan bertelekan kepada `Usamah bin Zaid. Beliau memakai pakaian Qithri yang diselempangkan di atas bahunya, kemudian beliau shalat bersama mereka.”_*(Diriwayatkan oleh `Abd bin Humaid , dari Muhammadbin al Fardhal, dari Hammad bin Salamah, dari Habibbin as Syahid, dari al Hasan, yang bersumber dari Anasbin Malik radhiyallahu ‘anhu .)

*Qithri adalah sejenis kain yang terbuat dari katunyang kasar. Kain ini berasal dari Bahrain tepatnya dariQathar*

*_Dalam sebuah riwayat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengemukakan: “Pakaian yang paling disenangiRasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam ialah kain Hibarah.”_*

(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari Mu’adzbin Hisyam dari ayahnya, dari Qatadah, yang bersumberdari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu .)

*Kain Hibarah ialah kain keluaran Yaman yang terbuatdari katun.*

*_”Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam . bersabda: “Hendaklah kalian berpakaian putih, untuk dipakai sewaktu hidup. Dan jadikanlah ia kain kafan kalian sewaktu kalian mati.Sebab kain putih itu sebaik- baik pakaian bagi kalian.”_*(Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’id, dari Basyar binal Mufadhal, dari `Utsman Ibnu Khaitsam, dari Sa’id bin Jubeir, yang bersumber dari Ibnu `Abbas radhiyallahu ‘anhu .)

*_”Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam . bersabda : “Pakailah pakaian putih,karena ia lebih suci dan lebih bagus. Juga kafankanlah ia pada orang yang meninggal diantara kalian.”_*(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari`Abdurrahman bin Mahdi, dari Sufyan, dari Habib bin AbiTsabit, dari Maimun bin Abi Syabib yang bersumber dariSamurah bin Jundub radhiyallahu ‘anhu .)

*9. khuf Rasululloh*

*_”Sesungguhnya raja an-Najasyi menghadiahkansepasang khuf hitam pejat kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam . lalu Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam . memakainya dan kemudian ia berwudlu dengan(hanya) menyapu keduanya (yakni tidak membasuhkaki).”_*(Diriwayatkan oleh Hinad bin Siri, dari Waki’, dariDalham bin Shalih, dari Hujair bin `Abdullah, dari puteraBuraidah, yang bersumber dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu .)

*Khuf ialah sejenis kaos kaki tapi terbuat dari kulitbinatang. Khuf dibuat amat tipis dan tingginya menutupimata kaki. Khuf biasanya hanya digunakan pada musim dingin untuk mencegah agar kulit kaki tidak pecah-pecah. Biasanya, orang memakai khuf ketika musafir dimusim dingin dan masih memakai sepatu luar lagi.*

*Sepatu ini namanya “jurmuq”.Para Ulama Indonesia sering menggunakan istilahMuzah untuk terjemahan khuf. Tapi kadangkadangditerjemahkan juga dengan “sepatu khuf”.*

*An najasyi menurut literature barat umumnya disebutNegust. Negust adalah gelar raja-raja di Abesina(Habsyi), sekarang dikenal “Ethiopia”.*

*10. sendal Rasululloh*

*_”Bagaimanakah sandal Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam . itu?” Anasmenjawab : “Kedua belahnya mempunyai tali qibal”_*(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari AbuDaud at Thayalisi, dari Hamman yang bersumber dariQatadah)

*Tali qibal adalah tali sandal yang bersatu pada bagian mukanya dan terjepit di antara dua jari kaki*

*_”Janganlah diantara kalian berjalan dengan sandalsebelah. Hendaklah memakai keduanya atau tdkmemakai keduanya “_*(Diriwayatkan oleh Ishaq bin Musa al Anshari, dariMa’an, dari Malik, dari Abiz Zinad, dari al A’raj yangbersumber dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu .)

*_”Sesungguhnya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam . melarang seorang laki-laki makan dengan tangan kiri dan berjalan dengan sandal sebelah.”_*(Diriwayatkan oleh Ishaq bin Musa, dari Ma’an, dariMalik, dari Abi Zubair, yang bersumber dari Jabir radhiyallahu ‘anhu .)

*_”Sesungguhnya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam . bersabda : “Bila salahseorang diantara kalian hendak memakai sanda hendaklah ia memulainya dari yang sebelah kanan. Danbila ia melepasnya, maka hendaklah dimulai dari yang sebelah kiri. Hendaklah posisi kanan dijadikan yang pertama kali dipasangi sandaldan yang terakhir kali dilepas.”_*(Diriwayatkan oleh Qutaibah, dari Malik, dandiriwayatkan pula oleh Ishaq bin Musa ,dari Ma’an, dariMalik, dari Abu Zinad, dari A’raj yang bersumber dariAbu Hurairah radhiyallahu ‘anhu .)

*11. cincin Rasululloh*

*_”Cincin Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam . terbuat dari perak sedangkan batu matanya dari Abessina (Habsyi)”._*(Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’id dan sebagainya,dari `Abdullah bin Wahab, dari Yunus, dari Ibnu Syihab,yang bersumber dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu .)

*_”Tatkala Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam . hendak menulis surat kepadapenguasa bangsa `Ajam (asing), kepadanyadiberitahukan: “Sungguh bangsa `Ajam tidak akanmenerimanya, kecuali surat yang memakai cap. MakaNabi shalallahu ‘alaihi wa sallam . dibuatkan sebuah cincin (untuk cap surat).Terbayanglah dalam benakku putihnya cincin itu ditangan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam .”_*(Diriwayatkan oleh Ishaq bin Manshur, dari Mu’adz binHisyam, dari ayahnya, dari Qatadah, yang bersumberdari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu

*_”Ukiran yang tertera di cincin Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah”Muhammad” satu baris ,”Rasul” satu baris, dan “Allah”satu baris”._*

(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Yahya, dari Muhammad bin `abdullah al Anshari, dari ayahnya, dariTsumamah, yang bersumber dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu .)

*_” rasululloh shalallahu ‘alaihi wa sallam membuat cincin dari perak, dulu.ditangan Rasul, kemudian ditangan abu bakar, dan tangan umar,.kemudian ditangan usman hingga terjatuh di sumur aris,ukiran cincin tersebut bertuliskan ” MuhammadRasululloh “_* ( diriwayatkan oleh ishaq bin mansur dari abdulloh binnumair dari ubaidillah bin umar dari nafi’ dari ibnuumar )

https://m.facebook.com/notes/syaiful-aja/terjemah-kitab-as-syamail-muhammadiyah-imam-turmudzi-/741243155916023/

Bagikan Tulisan Ini