Mengenal Nama Nama Bulan Hijriah(Bulan Islam). Wajib Kaum Muslimin Belajar dan Menggunakannya Daripada Kalender Masehi Karena Ini Syiar Islam. Masehi Adalah Artinya Kristian.

Alhamdulillah…

Ustadz Aris Munandar · Sejarah Penanggalan
Hijriah


NAMA NAMA BULAN HIJRIYAH DAN MENGENALNYA – Tanya Jawab Ustadz

Pentingnya Kalender Hijriyah – Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah

Sebagai umat islam kita harus menggunakan tanggalan kalender hijriyah, mulai dari sekarang, masehi adalah artinya kristian jangan sampai di batu nisan kita nanti menggunakan tanggalan umat kristian.

5 Menit yang Menginspirasi: Keutamaan Tahun Hijriyah – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Mengenal Nama-nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA

https://m.youtube.com/watch?v=dbvuXWYHz-4

KALENDER PUASA 2018 HighResolution PDF Dan JPG

http://bit.ly/KPuasa2018pdf

http://bit.ly/KPuasa2018jpg

Download Audio/Video Youtube menggunakan http://www.saveitoffline.com atau https://keepvid.com/

Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, berbeda dengan kalender yg biasa (kalender Masehi) digunakan yg menggunakan peredaran matahari. Kalender Islam seringkali dikenal sebagai kalender Hijriyah.

Penetapan kalender Hijriyah dilakukan pada jaman Umar bin Khatab, yg menetapkan peristiwa hijrahnya Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam (ditemani Abu Bakar) dari Mekah ke Madinah.

Kalender Hijriyah juga terdiri dari 12 bulan, dengan jumlah hari berkisar 29 – 30 hari. Penetapan 12 bulan ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala, “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus,maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (At Taubah(9):36).

1. Muharram. Artinya, yg diharamkan atau menjadi pantangan. Di bulan Muharram, DILARANG untuk berperang.

2. Shafar. Artinya, kosong. Di bulan ini, lelaki Arab pergi untuk merantau atau berperang.

 Dinamakan dengan Shofar karena perkampungan Arab Shifr (kosng) dari penduduk, karena mereka keluar untuk perang. Ada yang mengatakan bahwa dinamakan dengan Shofar karena dulunya bangsa Arab memerangi berbagai kabilah sehingga kabilah yang mereka perangi menjadi Shifr (kosong) dari harta benda

3. Rabiul Awal, artinya masa kembalinya kaum lelaki yg merantau (shafar).

 Dinamakan demikian karena saat penamaan bulan ini bertepatan dengan musim semi.

4. Rabiul Akhir, artinya akhir masa menetapnya kaum lelaki.

 Dinamakan demikian karena bangsa Arab saat itu menggembalakan hewan ternak mereka pada rerumputan. Dan ada yang mengatakan bahwa dinamakan demikian karena bulan ini bertepatan dengan musim semi.

5. Jumadil Awal, artinya awal kekeringan. Maksudnya, mulai terjadi musim kering.

 Sebelum masa Islam dinamakan jumadi khomsah. Dinamakan Jumada karena saat penamaan bulan ini jatuh pada musim dingin, dimana air jumud (membeku)

6. Jumadil Akhir, artinya akhir kekeringan. Dengan demikian, musim kering berakhir.

Sebelum masa Islam dinamakan jumadi sittah. Dinamakan demikian karena saat penamaan bulan ini jatuh pada musim dingin juga

7. Rajab, artinya mulia. Jaman dulu, bangsa Arab sangat memuliakan bulan ini.

 Rajab termasuk dalam bulan-bulan suci. Dinamakan bulan Rojab karena bangsa Arab melepaskan tombak dari besi tajamnya untuk menahan diri dari peperangan. Dikatakan: Rojab adalah menahan diri dari peperangan.

8. Syaban, artinya berkelompok. Biasanya bangsa Arab berkelompok mencari nafkah.

Dinamakan demikian karena bangsa Arab saat itu berpencar ke berbagai tempat untuk mencari air.

9. Romadhon, artinya sangat panas. Bulan yg memanggang (membakar) dosa, karena di bulan ini kaum Mukmin diharuskan berpuasa/shaum sebulan penuh.

 Ini adalah bulan puasa bagi umat Islam. Dinamakan demikian karena panas ramdh mencapai puncaknya dan saat penamaan jatuh pada musim panas.Dimana periode ini disebut panas yang parah.

10. Syawal, artinya kebahagiaan.

 Di bulan inilah saat Idul Fitri. Dinamakan demikian karena saat itu unta betina kekurangan air susu.

11. Zulqaidah, artinya waktu istirahat bagi kaum lelaki Arab.

 Bulan ini termasuk dalam bulan-bulan suci. Dinamakan demikian karena bangsa Arab duduk dan tidak berangkat untuk perang, karena bulan ini termasuk bulan haram yang tidak boleh perang.

12. Zulhijjah, artinya yg menuaikan haji.

Di dalamnya terdapat musim haji dan Idul Adha. Bulan ini termasuk dalam bulan-bulan suci. Dinamakan demikian karena bangsa Arab melaksanakan ibadah haji di bulan ini.

Catatan Penting

1.Pergantian tanggal dalam Islam adalah saat Magrib

2. Tidak ada hari, tanggal, bulan dan tahun sial dalam Islam

3. Haul (syarat waktu 1 tahun dalam pembayaran zakat) dihitung 1 tahun dalam tahun hijriah. kelirulah orang yang menghitungnya memakai kalender masehi

4. Empat bulan haram ialah Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharrom dan Rojab

5. Disyariatkan puasa Ayyamul Bidh (hari terang) yakni tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulannya, kecuali pada hari tersebut puasa wajib atau.haram berpuasa

6. Tanggal 9 dan 10 Muharrom adalah waktu Puasa Asyuro’

7. Perbanyaklah puasa di bulan Sya’ban tanpa pengkhususan di nisfu sya’ban

8. Disyariatkan meningkatkan Kebajikan dan Ibadah di 10 hari awal bulan Dzulhijjah dan khusus tanggal 9 Dzulhijjah adalah waktu untukpuasa Arofah bagi orang yang tidak menunaikanhaji

9. Tanggal 8 s/d 13 Dzulhijjah adalah hari-hari manasik Haji

10. Tidaklah ada syariat tertentu untuk pergantian.tahun Hijriah dari bulan Dzulhijjah ke tanggal 1 Muharrom.

11. Biasakanlah melafadzkan nama bulan Islam bukan nama bulan arab, kerena nama bulan- bulan tersebut adalah milik Islam, bukan hanya arab. Menyebut ini adalah bulan arab akan menampakkan kesukuan dan nasionalisme hingga sadar atau tidak kita akan jarang menggunakannya, ingat ini adalah tipuan musuh-musuh Islam.

(Lanjut ke hal..2)

Iklan