Bitcoin itu Dilarang(Haram) & Masuk Dalam Larangan Jual Beli Gharar. Bitcoin BUKAN Uang atau Alat TukarDigital. Maka Bertakwalah Kepada Allah, Jauhi dan Tinggalkan Bitcoin

Alhamdulillah

Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal · Bulughul Maram 05 Jual Beli Muamalah

Larangan Jual Beli Gharar dan Asuransi


Hukum Bitcoin – Ustadz DR. Erwandi Tarmizi, MA 

Hukum Bitcoin

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Dulu kami pernah menyimpulkan bahwa bitcoin itu mata uang digital. Waktu itu bitcoin masih belum semarak seperti sekarang. Harga 1 bitcoin (BTC) ketika itu sekitar 7jt-an. Kesimpulan kami didukung oleh lembaga fatwa Syabakah Islamiyah,

ﻓﺎﻟﻌﻤﻠﺔ ﺍﻟﺮﻗﻤﻴﺔ، ﺃﻭ ﺍﻟﻨﻘﻮﺩﺍﻹﻛﺘﺮﻭﻧﻴﺔ ﻋﻤﻼﺕ ﻓﻲ ﺷﻜﻞ ﺇﻟﻜﺘﺮﻭﻧﻲ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺸﻜﻞ ﺍﻟﻮﺭﻗﻲ، ﺃﻭﺍﻟﻤﻌﺪﻧﻲ ﺍﻟﻤﻌﺘﺎﺩ . ﻭﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚﻓﺸﺮﺍﺅﻫﺎ ﺑﻌﻤﻠﺔ ﻣﺨﺘﻠﻔﺔ ﻣﻌﻬﺎ ﻓﻲﺍﻟﺠﻨﺲ ﺃﻭ ﻣﺘﻔﻘﺔ ﻳﻌﺪ ﺻﺮﻓًﺎ

Bitcoin (al-Umlah ar-Raqamiyah) atau mata uang elektronik (an-Nuqud al-Iliktroni) adalah mata uang dalam bentuk digital, tidak seperti mata uang kertas atau mata uang berbahan logam tambang, seperti yang umumnya beredar. Karena itu, membeli mata uang digital dengan mata uang lain yang berbeda, termasuk transaksi sharf (transaksi mata uang). (Fatawa Syabakah Islamiyah no. 191641)

Hingga suatu ketika, Allah mempertemukan kami dengan penjelasan tentang bagaimana cara menambang (mining) bitcoin. kami menyimpulkan bitcoin BUKAN uang atau alat tukar digital.

Sekilas Tentang Cara Mining Bitcoin

Sekali lagi, hanya sekilas, agar kita semakin jelas seperti apakah hakekat bitcoin?.

Para penambang (miners) bitcoin bisa mendapatkan bitcoin melalui olah script untuk memecahkan algoritmantertentu. Untuk mendapatkan coin, para miners harus.melakukan running script (olah data) untuk verifikasi data transaksi yang tersimpan dalam sebuah blok yang mereka sebut dengan blockchain. Siapa yang berhasil, akan mendapatkan bitcoin. Saat ini, dalam 10 menit ada 12,5 bitcoin tercipta. Dan angka ini bisa mengalami perubahan.

Bitcoin BUKAN Uang Digital

Jika bitcoin BUKAN uang digital, lalu status dia sebagai apa? Sementara di luar negeri, terutama kebanyakan negara eropa, orang sudah menggunakan bitcoin untuk transaksi.

Tidak semua yang bisa digunakan transaksi, bisa disebut sebagai uang. Permen bisa digunakan dalam kondisi kepepet, ketika tidak memiliki kembalian. Meskipun kita tidak menyebutnya sebagai mata uang.

Lalu apa definisi yang lebih tepat untuk bitcoin?

Menurut kami, lebih tepatnya bitcoin dinyatakan sebagai properti digital yang dianggap bernilai oleh komunitasnya. Dan ukuran nilainya sangat bergantung kepada tren yang berlaku di komunitasnya.

Ada beberapa alasan yang mendasari ini,

[1] Bitcoin tidak disepakati semua masyarakat. Banyak negara menolak penggunaan bitcoin. Mereka mengakui keberadaaan bitcoin, tapi mereka menolak penggunaannya.

Jika anda ekspor barang ke eropa, bisa jadi anda tidak akan bersedia ketika anda dibayar menggunakan bitcoin, ketika anda tidak menganggap bahwa itu sesuatu yang berharga.

[2] Bitcoin termasuk Cryptocurrency, yang tidak memiliki nilai intrinsik. Dia berkembang mengikuti tren.

Bahkan memungkinkan bagi siapapun untuk membuat sendiri mata uang yang lain dengan script yang berbeda.

1) Litecoin (LTC) Litecoin, dilaunching tahun 2011,

2) Ethereum (ETH)

3) Zcash (ZEC)

4) Dash.

5) Ripple (XRP)

6) Monero (XMR)

Dan tren bisa berpindah, dari satu Cryptocurrency kenCryptocurrency yang lain.

[3] Bitcoin sangat labil, sehingga tidak memiliki nilai ketahanan sama sekali.

Dan ini sangat bertentangan dengan karakter matanuang, yang dia dia digunakan untuk acuan harga.mKarena bitcoin sangat tergantung kepada tren di komunitasnya.

Info dari salah satu situs business insider Singapura, pada tahun 2010, ada seseorang yang membeli 2 pizzandengan membayar 10 ribu bitcoin. Awal 2017, bitcoinmmasih di angka 7 juta-an, kemarin sempat 200 juta, dan saat artikel ini diketik turun menjadi 134jt.

[4] Bitcoin sangat rentan untuk hilang nilai.

Dan sekali lagi, ini masalah tren. Dulu ada bitconnect coin (BCC), januari ini ditutup, akhirnya banyak investor yang jatuh bangkrut. Padahal dulu harga BCC bisa mencapai $ 400, lalu nyungsep hingga tinggal $ 0,00…, menjadi sesuatu yang sangat tidak berharga dan sekarang tutup.

Bitcoin bisa saja mengalami kondisi yang sama ketika pasarnya hancur.

(Lanjut ke halaman 2)

Iklan