Shalat Sunnah Dua Raka’at Sebelum Shubuh/Fajr

Alhamdulillah

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

1. Hadits Palsu Tentang Shalat Birrul Walidain

2.Hukum Menjalankan Puasa Mutih

3. Puasanya Orang Yang Meninggalkan Shalat

4.Yang Menjadi Imam Bukan Sekadar BagusSuaranya

5.Cara Menentukan Hari Ke-7 untuk Aqiqah

Mizan Qudsyiah · Bersalaman Setelah SholatBerjamaah

Mizan Qudsyiah · Sujud Sebelum Meninggalkan Masjid

Mizan Qudsyiah · Hukum Zikir Berjamaah Setelah Sholat

Mizan Qudsyiah · Beginilah Cara Shalat Rasulullah

Firanda Andirja-Fikih Shalat Sunnah

Kiat Bangun Shubuh dan Keutamaan Shalat Shubuh-Muhammah AbduhTuasikal

*Sifat Wudhu & Shalat Nabi shallallahu’alaihi wa sallamPenulis SyaikhMuhammad Fadh &Syaikh AbdulAziz Bin Baz.*

*Sifat shalat Nabi shallallahu’alaihi wa sallam Karya Syaikh Al-Albani*

File Name: Koreksi Atas Kekeliruan Ibadah Sholat( : al-Qaulul Mubin fi Akhtha il Mushallin)Penulis : Mansyur bin Hasan bin Mahmud binSalman PDF 615 Halaman

••••••••••

Banyak shalat sunnah yang dapat dikerjakan seorang muslim untuk menambah perbendaharaan amal shalih dan penambal kekurangsempurnaan shalat wajibnya[1]. Diantara shalat sunnah yang mempunyai keutamaan besar adalah shalat sunnah dua raka’at sebelum Shubuh/Fajr.

Allah ta’ala berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَإِدْبَارَ النُّجُومِ

Dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar)” [QS. Ath-Thuur : 49].

Sebagian salaf menafsirkan wa idbaaran-nujuum adalam ayat di atas adalah shalat sunnah dua raka’at sebelum Shubuh.

حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ دُكَيْنٍ، عَنْ أَبِي الْعَنْبَسِ، عَنْ زَاذَانَ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، عَنْ عُمَرَ، قَالَ: ” وإِدْبَارَ النُّجُومِ: رَكْعَتَانِ قَبْلَ الْفَجْرِ، وَأَدْبَارَ السُّجُودِ: رَكْعَتَانِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ ”

Telah menceritakan kepada kami Al-Fadhl bin Dukain, dari Abul-‘Anbas (yaitu : Sa’iid bin Katsiir At-Taimiy), dari Zaadzaan, dari Ibnu ‘Umar, dari ‘Umar (bin Al-Khaththaab) radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata : “Wa idbaaran-nujuum (dan di waktu terbenam bintang-bintang) (QS. Ath-Thuur : 49), maksudnya adalah dua raka’at sebelum Shubuh/Fajr, dan ‘wa adbaaras-sujuud’ (dan setiap selesai sujud/shalat) (QS. Qaaf : 40), maksudnya dua raka’at setelah Maghrib” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 3/615 no. 8838; sanadnya shahih].

حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: سَمِعْتُ الْحَسَنَ، يَقُولُ: ” وَإِدْبَارَ النُّجُومِ: الرَّكْعَتَانِ قَبْلَ الْفَجْرِ، وَأَدْبَارَ السُّجُودِ: الرَّكْعَتَانِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ

Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Yaziid bin Ibraahiim, ia berkata : Aku mendengar Al-Hasan (Al-Bashriy) berkata : “Wa idbaaran-nujuum (dan di waktu terbenam bintang-bintang) (QS. Ath-Thuur : 49), maksudnya adalah dua raka’at sebelum Shubuh/Fajr, dan ‘wa adbaaras-sujuud’ (dan setiap selesai sujud/shalat) (QS. Qaaf : 40), maksudnya dua raka’at setelah Maghrib” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 3/614 no. 8834; sanadnya shahih].

حَدَّثَنَا بِشْرٌ قَالَ: ثَنَا يَزِيدُ قَالَ: ثَنَا سَعِيدٌ، عَنْ قَتَادَةَ قَوْلَهُ: وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَإِدْبَارَ النُّجُومِ: كُنَّا نُحَدَّثُ أَنَّهُمَا الرَّكْعَتَانِ عِنْدَ طُلُوعِ الْفَجْرِ.

Telah menceritakan kepada kami Bisyr, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yaziid, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sa’iid, dari Qataadah tentang firman-Nya : ‘Dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar)’ (QS. Ath-Thuur : 49), ia berkata : “Kami mengatakan bahwa maksud ayat tersebut adalah dua raka’at ketika terbit fajar” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan, 22/491; sanadnnya shahih].

Beberapa hadits yang menjelaskan disunnahkannya shalat dua raka’at sebelum Shubuh, diantaranya:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، قَالَتْ: ” لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ ﷺ عَلَى شَيْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ ”

Dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata : “Tidak ada shalat sunnah yang lebih Nabi ﷺ jaga (untuk mengerjakannya) dibandingkan dua raka’at (sebelum) Shubuh” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1163 dan Muslim no. 724].

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، قَالَتْ: ” صَلَّى النَّبِيُّ ﷺ الْعِشَاءَ، ثُمَّ صَلَّى ثَمَانِيَ رَكَعَاتٍ وَرَكْعَتَيْنِ جَالِسًا وَرَكْعَتَيْنِ بَيْنَ النِّدَاءَيْنِ، وَلَمْ يَكُنْ يَدَعْهُمَا أَبَدًا ”

Dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata : “Nabi ﷺ shalat ‘Isyaa’, kemudian shalat delapan raka’at, dua raka’at sambil duduk, serta dua raka’at antara adzan dan iqamat (di waktu Shubuh); dan beliau ﷺ tidak pernah meninggalkan dua raka’at tersebut” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1159].

عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ إِلَى شَيْءٍ مِنَ الْخَيْرِ أَسْرَعُ مِنْهُ إِلَى الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ، وَلا إِلَى غَنِيمَةٍ

Dari ‘Aaisyah, ia berkata : Aku tidak pernah melihat Rasulullah ﷺ lebih bersegera menuju kebaikan daripada mengerjakan dua raka’ar sebelum Shubuh/Fajr, dan tidak pula kepada ghanimah” [Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah 2/160-161 no. 1108; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih At-Targhiib 1/379 no. 582].

Hingga ketika safar pun, Nabi ﷺ tidak luput untuk mengerjakannya.

عَنْ عَمْرِو بْنِ أُمَيَّةَ الضَّمْرِيِّ، قَالَ: ” كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ فِي بَعْضِ أَسْفَارِهِ فَنَامَ عَنِ الصُّبْحِ، حَتَّى طَلَعَتِ الشَّمْسُ فَاسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ فَقَالَ: تَنَحَّوْا عَنْ هَذَا الْمَكَانِ، قَالَ: ثُمَّ أَمَرَ بِلَالًا فَأَذَّنَ ثُمَّ تَوَضَّئُوا وَصَلَّوْا رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ، ثُمَّ أَمَرَ بِلَالًا فَأَقَامَ الصَّلَاةَ فَصَلَّى بِهِمْ صَلَاةَ الصُّبْحِ

Dari ‘Amru bin Umayyah Adl-Dlamriy, ia berkata : “Kami pernah bersama Rasulullah ﷺ di sebagian safarnya. Suatu ketika beliau ﷺ tertidur dari shalat Shubuh hingga matahari terbit. Maka Rasulullah ﷺ bangun lalu bersabda : ‘Berpindahlah dari tempat ini’. Kemudian beliau ﷺ memerintahkan Bilaal untuk mengumandangkan adzan, lalu mereka berwudlu dan mengerjakan dua raka’at shalat sunnah Fajr. Setelah itu, beliau ﷺ memerintahkan Bilaal mengumandangkan iqamat, dan beliau shalat Shubuh berjama’ah mengimami mereka” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 444; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud 1/131-132].

Tidaklah Nabi ﷺ konsisten melakukan amalan dan senantiasa menjaganya kecuali amalan tersebut mempunyai keutamaan yang sangat besar.

عَنْ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: ” رَكْعَتَا الْفَجْرِ، خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا ”

Dari ‘Aaisyah, dari Nabi ﷺ, beliau bersabda : “Dua raka’at (sebelum) Shubuh lebih baik daripada dunia dan seisinya[2]” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 725, At-Tirmidziy no. 416, An-Nasaa’iy no. 1759, dan lain-lain].

Karena, dunia dan kenikmatannya bersifat fana yang tidak lepas dari kesukaran dan kepayahan; sedangkan pahala shalat sunnah tersebut kekal dan tidak akan memudar  [Tuhfatul-Ahwadziy, 1/454 – via Syaamilah].

Barangsiapa yang – qadarullah – terlambat bangun shalat Shubuh hingga matahari terbit, maka tetap disunnahkan untuk mengerjakan shalat sunnah ini sebelum shalat Shubuh sebagaimana riwayat ‘Amru bin Umayyah Adl-Dlamriy radliyallaahu ‘anhu di atas.

Barangsiapa yang terluput mengerjakannya sebelum shalat Shubuh, maka diperbolehkan mengqadlanya setelah shalat Shubuh.

عَنْ قَيْسِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: رَأَى رَسُولُ اللَّهِ ﷺ رَجُلًا يُصَلِّي بَعْدَ صَلَاةِ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: ” صَلَاةُ الصُّبْحِ مَرَّتَيْنِ.؟ ” فَقَالَ الرَّجُلُ: إِنِّي لَمْ أَكُنْ صَلَّيْتُ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا فَصَلَّيْتُهُمَا الْآنَ، فَسَكَتَ ”

Dari Qais bin ‘Amru, ia berkata : Rasulullah ﷺ melihat seorang laki-laki mengerjakan shalat dua raka’at setelah shalat Shubuh. Maka Rasulullah ﷺ bersabda : “Apakah shalat Shubuh dua kali ?”. Orang tersebut berkata : “Sesungguhnya aku belum mengerjakan shalat sunnah sebelum Shubuh, sehingga aku mengerjakannya sekarang”. Beliau ﷺ pun diam (membiarkannya) [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 422, Abu Daawud no. 1267, Ibnu Maajah no. 1154, Ibnu Abi Syaibah 3/166 no. 6498, dan lain-lain; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud 1/347-348].

Meskipun boleh dikerjakan setelah shalat Shubuh, lebih utama dikerjakan setelah terbit matahari[3].

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: ” مَنْ لَمْ يُصَلِّ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ فَلْيُصَلِّهِمَا بَعْدَ مَا تَطْلُعُ الشَّمْسُ ”

Dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah ﷺ : “Barangsiapa yang belum mengerjakan dua raka’at (sebelum) Shubuh/Fajr, hendaklah ia mengerjakannya setelah terbit matahari” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 423 dan Ibnu Khuzaimah 2/165 no. 1117; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan At-Tirmidziy 1/244].

حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ فُضَيْلِ بْنِ غَزْوَانَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ: ” أَنَّهُ جَاءَ إِلَى الْقَوْمِ وَهُمْ فِي الصَّلَاةِ، وَلَمْ يَكُنْ صَلَّى الرَّكْعَتَيْنِ، فَدَخَلَ مَعَهُمْ، ثُمَّ جَلَسَ فِي مُصَلَّاهُ، فَلَمَّا أَضْحَى، قَامَ فَقَضَاهُمَا

Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Fudlail bin Ghazwaan, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar : Bahwasannya ia (Ibnu ‘Umar) pernah datang datang kepada satu kaum yang sedang mengerjakan shalat. Waktu itu, Ibnu ‘Umar belum mengerjakan shalat sunnah dua raka’at (sebelum Shubuh). Ia langsung masuk bergabung dengan mereka (shalat berjama’ah), setelah itu ia duduk di tempat shalatnya. Ketika tiba waktu Dluhaa, ia mengqadlanya” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 3/167 no. 6503; sanadnya shahih].

حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، قَالَ: سَمِعْتُ الْقَاسِمَ، يَقُولُ: ” لَوْ لَمْ أُصَلِّهِمَا حَتَّى أُصَلِّيَ الْفَجْرَ صَلَّيْتُهُمَا بَعْدَ طُلُوعِ الشَّمْسِ ”

Telah menceritakan kepada kami Ghundar, dari Syu’bah, dari Yahyaa bin Sa’iid (Al-Anshaariy), ia berkata : Aku mendengar Al-Qaasim (bin Muhammad bin Abi Bakr Ash-Shiddiiq) berkata : “Seandainya aku belum mengerjakannya (dua raka’at sebelum Shubuh/Fajr) hingga aku shalat Shubuh, maka aku mengerjakannya setelah terbit matahari” [idem, no. 6502; sanadnya shahih].

Shalat sunnah sebelum Shubuh/Fajr bukan sesuatu yang berat, karena ia merupakan dua raka’at yang ringan/ringkas. Ini adalah sunnahnya dari Nabi ﷺ.

عَنْ حَفْصَة أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ كَانَ إِذَا سَكَتَ الْمُؤَذِّنُ مِنَ الأَذَانِ لِصَلَاةِ الصُّبْحِ، وَبَدَا الصُّبْحُ، رَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ، قَبْلَ أَنْ تُقَامَ الصَّلَاةُ

Dari Hafshah Ummul-Mukminiin : Bahwasannya Rasulullah ﷺ apabila muadzdzin telah selesai mengumandangkan adzan shalat Shubuh dan masuk waktu Shubuh, beliau mengerjakan dua raka’at ringan sebelum melaksanakan shalat Shubuh [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 618 dan Muslim no. 723].

عَنْ عَائِشَةَ : كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ بَيْنَ النِّدَاءِ وَالْإِقَامَةِ مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ

Dari ‘Aaisyah : Nabi ﷺ biasa mengerjakan shalat sunnah dua raka’at ringan antara adzan dan iqamat shalat Shubuh [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 619 dan Muslim no. 724].

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يُخَفِّفُ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ، حَتَّى إِنِّي لَأَقُولُ هَلْ قَرَأَ بِأُمِّ الْكِتَابِ

Dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata : “Nabi ﷺ biasa meringankan shalat sunnah dua raka’at yang beliau kerjakan sebelum shalat Shubuh hingga aku berkata : ‘Apakah beliau membaca Al-Faatihah ?” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1165].

Saking ringkasnya, sebagian ulama ada yang berpendapat cukup membaca Al-Faatihah saja. Abul-‘Abbaas Al-Qurthubiy rahimahullah berkata:

واستحب مالك الاقتصار على أم القرآن على ظاهر حديث عائشة رضي الله عنها

Maalik menyunnahkan untuk meringkas bacaan hanya Ummul-Qur’aan (Al-Faatihah) saja berdasarkan dhaahir hadits ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa” [Al-Mufhim, 2/263].

Al-Haafidh Ibnu Hajar Al-‘Asqaalaniy rahimahullah mengatakan hal serupa:

وَاسْتُدِلَّ بِحَدِيثِ الْبَاب عَلَى أَنَّهُ لَا يَزِيد فِيهِمَا عَلَى أُمّ الْقُرْآن وَهُوَ قَوْل مَالِك

Dan berdasarkan pendalilan dengan hadits dalam bab ini (yaitu hadits ‘Aaisyah) bahwa tidak menambahkan bacaan apapun dalam dua raka’at tersebut selain dari Ummul-Qur’an (Al-Faatihah). Ini adalah pendapat Maalik” [Fathul-Baariy, 3/47].

Namun ini kurang tepat, karena telah shahih dalam beberapa hadits bahwa Nabi ﷺ membaca surat atau ayat pendek setelah Al-Faatihah:

✅ 1.    Membaca QS. Al-Kaafiruun pada raka’at pertama dan QS. Al-Ikhlash pada ayat kedua.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَرَأَ فِي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ، قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

Dari Abu Hurairah : Bahwasannya Rasulullah ﷺ membaca qul yaa ayyuhal-kaafiruun (QS. Al-Kaafiruun) dan qul huwallaahu ahad (QS. Al-Ikhlaash) ketika mengerjakan shalat dua raka’at (sebelum) Shubuh/Fajr [Diriwayatkan oleh Muslim no. 726, Abu Daawud no. 1256, An-Nasaa’iy no. 945, dan Ibnu Maajah no. 1148].

عَنْ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: ” رَمَقْتُ النَّبِيَّ ﷺ شَهْرًا فَكَانَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ بِ: قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ”

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : “Aku memperhatikan Nabi ﷺ selama sebulan, maka beliau ﷺ senantiasa membaca qul yaa ayyuhal-kaafiruun (QS. Al-Kaafiruun) dan qul huwallaahu ahad (QS. Al-Ikhlaash) ketika mengerjakan shalat dua raka’at sebelum Shubuh/Fajr” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 417, An-Nasaa’iy no. 992, dan Ibnu Maajah no. 833 & 149; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan At-Tirmidziy 1/239].

(Lanjut ke Halaman 2)