Jangan Mendahului Allah dan Rasul-Nya
 Jika Kamu Benar Beriman dan Bertakwa

Alhamdulillah

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

1.Larangan Mendahului Allah Dan Rasul-Nya

2. Penghalang Ittiba:Mendahulukan Pendapat Nenek Moyang Daripada Allah dan RasulNya

3.Menyekutukan Allah dengan Ulama

4. Penghalang Ittiba:Mendahulukan Akal di Atas Dalil Shahih

•••

Dasar Islam adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah Yang Yang Shahih Menurut Pemahaman Salafush Shalih Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc

Dasar Islam adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah Yang Yang Shahih Menurut Pemahaman Salafush Shalih 2-Ust Fachrudin Nu’man, Lc

Hadits Tentang Kesempurnaan Islam-Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.)

Mendahulukan AlQur’an dan Sunnah-Ust Mizan Qudsiyah

Jangan Menentang Alqur’an dan Sunnah-Ust Mizan Qudsiyah••

Ebook Mengagungkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Ebook Hukum dan Adab Islam

•••

Jangan Mendahului Allah dan Rasul-Nya

Allah ﷻ berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” [QS. Al-Hujuraat : 1].

Ayat ini merupakan pokok dalam agama kita yang mengandung adab terhadap Allah ﷻ dan Rasul-Nya ﷺ. Membangun manhaj ‘aqidah dan cara pandang seorang muslim dalam menyikapi nash Al-Qur’an dan As-Sunnah, mengagungkannya, mengutamakannya, tunduk kepadanya, dan tidak pernah menomorduakannya di bawah perkataan/pendapat selainnya.

➡Ada beberapa penjelasan dari kalangan ulama mengenai ayat ini, diantara :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ، قَالَ: قَالَ سُفْيَانُ فِي قَوْلِهِ: لا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ لا تَقْضُوا أَمْرًا دُونَ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahyaa (Adz-Dzuhliy) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yuusuf (Al-Faryaabiy), ia berkata : Telah berkata Sufyaan (Ats-Tsauriy, w. 161 H) tentang ayat ‘janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya’ (QS. Al-Hujuraat : 1) : “Jangan memutuskan perkara tanpa (sunnah) Rasulullah ﷺ” [Diriwayatkan oleh Al-Marwadziy dalam Ta’dhiimu Qadrish-Shalaah, hal. 669 no. 730; shahih].

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ، ثنا أَبُو وَهْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ مُزَاحِمٍ، ثنا بُكَيْرُ بْنُ مَعْرُوفٍ، عَنْ مُقَاتِلِ بْنِ حَيَّانَ، فِي قَوْلِهِ: يَأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ يَعْنِي بِذَلِكَ فِي شَأْنِ الْقِتَالِ، وَمَا يَكُونُ مِنْ شَرَائِعِ دِينِهِمْ، يَقُولُ: لا تَقْضُوا فِي ذَلِكَ شَيْئًا إِلا بِأَمْرِ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَلا تَقْطَعُوا دُونَهُ أَمْرًا

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdah : Telah menceritakan kepada kami Abu Wahb Muhammad bin Muzaahim : Telah menceritakan kepada kami Bukair bin Ma’ruuf, dari Muqaatil bin Hayyaan tentang firman-Nya ﷻ : ‘janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya’ (QS. Al-Hujuraat : 1) : “Yaitu dalam urusan perang dan semua hal yang ada dalam syari’at agama mereka”. Ia melanjutkan : “Jangan memutuskan sesuatupun dalam perkara tersebut kecuali dengan perintah Rasulullah ﷺ, dan jangan menetapkan satu perkara tanpanya” [idem, hal. 666-667 no. 727; sanadnya hasan].

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ صَالِحٍ، حَدَّثَنِي مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ، حَدَّثَنِي عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَلْحَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَوْلُهُ: لا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ قَالَ: لا تَقُولُوا خِلافَ الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ ”

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahyaa : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Shaalih : Telah menceritakan kepadaku Mu’aawiyyah bin Shaalih : Telah menceritakan kepadaku ‘Aliy bin Abi Thalhah, dari Ibnu ‘Abbaas tentang firman-Nya : ‘janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya’ (QS. Al-Hujuraat : 1), ia berkata : “Jangan mengatakan sesuatu yang menyelisihi Al-Qur’an dan As-Sunnah” [idem, hal. 661 no. 715].

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو، قَالَ: ثَنَا أَبُو عَاصِمٍ، قَالَ: ثَنَا عِيسَى، وَحَدَّثَنِي الْحَارِثُ قَالَ: ثَنَا الْحَسَنُ قَالَ: ثَنَا وَرْقَاءُ، جَمِيعًا عَنِ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ فِي قَوْلِهِ: يَأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ، قَالَ: لا تَفْتَاتُوا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ ﷺ بِشَيْءٍ حَتَّى يَقْضِيَهُ اللَّهُ عَلَى لِسَانِهِ.

Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin ‘Amru, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Iisaa (ح). Dan telah menceritakan kepadaku Al-Haarits (bin Muhammad bin Abi Usaamah), ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan (bin Muusaa Al-Asyyab), ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Warqaa’; keduanya dari Ibnu Abi Najiih, dari Mujaahid (w. 101 H). tentang firman-Nya : ‘janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya’ (QS. Al-Hujuraat : 1), ia berkata : “Jangan memotong pembicaraan Rasulullah ﷺ dengan sesuatu hingga Allah ﷻ memutuskan hal tersebut pada lisannya ﷺ” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan, 21/336 – tahqiq At-Turkiy; shahih].

حَدَّثَنِي يُونُسُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ: قَالَ ابْنُ زَيْدٍ فِي قَوْلِ اللَّهِ ﷻ: يَأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ قَالَ: لا تَقْطَعُوا الأَمْرَ دُونَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ.

Telah menceritakan kepadaku Yuunus, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, ia berkata : Telah berkata Ibnu Zaid (w. 153 H) tentang firman Allah ﷻ : ‘janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya’ (QS. Al-Hujuraat : 1) : “Jangan memutuskan satu perkara tanpa (nash) Allah dan Rasul-Nya” [idem, 21/337; shahih].

Ath-Thabariy rahimahullah (w. 310 H) menafsirkan:

( يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ) : يا أيها الذين أقرّوا بوحدانية الله، وبنبوّة نبيه محمد ﷺ( لا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ ) يقول: لا تعجلوا بقضاء أمر في حروبكم أو دينكم، قبل أن يقضي الله لكم فيه ورسوله، فتقضوا بخلاف أمر الله وأمر رسوله

“(Hai orang-orang yang beriman), maksudnya : wahai orang-orang yang mengakui keesaan Allah dan kenabian nabinya Muhammad ﷺ; (janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya), yaitu jangan tergesa-gesa untuk memutuskan perkara dalam peperangan atau agama kalian sebelum Allah dan Rasul-Nya ﷺ memutuskan padanya, sehingga kalian memutuskannya menyelisihi perkara/hukum Allah dan Rasul-Nya” [idem, 21/335].

Abu Bakr bin Al-‘Arabiy rahimahullah (w. 543 H) berkata:

قوله تعالى: ” لا تقدموا بين يدي الله ” أصل في ترك التعرض لاقوال النبي صلى الله عليه وسلم، وإيجاب اتباعه والاقتداء به

“Firman-Nya : ‘janganlah kamu mendahului Allah’ (QS. Al-Hujuraat : 1) merupakan dasar/pokok untuk meninggalkan sikap pertentangan dengan sabda Nabi ﷺ serta wajibnya ber-ittibaa’ kepada beliau ﷺ dan meneladaninya” [Ahkaamul-Qur’aan, 4/145; Daarul-Kutub Al-‘Ilmiyyah].

Ibnu Katsiir rahimahullah (w. 774 H) berkata:

{ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ [وَاتَّقُوا اللَّهَ ] }، أي:  لا تسرعوا في الأشياء بين يديه، أي: قبله، بل كونوا تبعا له في جميع الأمور، حتى يدخل في عموم هذا الأدب الشرعي.

“Firman Allah ﷻ : ‘Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah’ (QS. Al-Hujuraat : 1), yaitu jangan tergesa-gesa dalam sesuatu sebelum Allah dan Rasul-Nya. Akan tetapi jadilah orang yang mengikutinya dalam segala perkara, hingga masuk dalam keumuman adab syar’iy ini” [Tafsiir Al-Qur’aanil-‘Adhiim, 13/137; Muassasah Qurthubah].

Al-Khaazin rahimahullah (w. 725 H) berkata:

قوله عز وجل : { يا أيها الذين آمنوا لا تقدموا بين يدي الله ورسوله } من التقديم أي لا ينبغي لكم أن يصدر منكم تقديم أصلاً . وقيل : لا تقدموا فعلاً بين يدي الله ورسوله . والمعنى : لا تقدموا بين يدي أمر الله ورسوله ولا نهيهما . وقيل : لا تجعلوا لأنفسكم تقدماً عند النبي ﷺ وفيه إشارة إلى احترام رسول الله ﷺ والانقياد لأوامره ونواهيه. والمعنى : لا تعجلوا بقول أو فعل قبل أن يقول رسول الله ﷺ أو قبل أن يفعله . وقيل : لا تقولوا بخلاف الكتاب والسنة

“Dan firman-Nya ﷻ : ‘Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya’ (QS. Al-Hujuraat : 1), dalam hal taqdiim (mendahulukan); yaitu : tidak boleh bagi kalian untuk memunculkan sikap taqdiim (terhadap Allah dan Rasul-Nya). Dikatakan : ‘Janganlah kalian mendahului Allah dan Rasul-Nya dalam hal perbuatan’. Dan maknanya : ‘Janganlah kalian mendahului perintah dan larangan Allah dan Rasul-Nya’. Dikatakan juga : ‘Jangan jadikan diri kalian maju di hadapan Nabi ﷺ’. Dalam ayat ini terdapat isyarat penghormatan terhadap Rasulullah ﷺ dan tundk-patuh terhadap segala perintah dan larangan. Maknanya : Jangan kalian tergesa-gesa dengan sebuah perkataan dan perbuatan sebelum dikatakan atau dilakukan oleh Rasulullah ﷺ. Dikatakan juga (maknanya) : ‘Jangan berkata dengan menyelisihi Al-Qur’an dan As-Sunnah” [Tafsiir Al-Khaazin, 4/175; Daarul-Kutub Al-‘Ilmiyyah].

Asy-Syaikh ‘Abdurrahmaan bin Naashir As-Sa’diy rahimahullah (w. 1376 H) berkata:

هذا متضمن للأدب، مع الله تعالى، ومع رسول الله صلى الله عليه وسلم، والتعظيم له ، واحترامه، وإكرامه، فأمر [الله] عباده المؤمنين، بما يقتضيه الإيمان، بالله وبرسوله، من امتثال أوامر الله، واجتناب نواهيه، وأن يكونوا ماشين، خلف أوامر الله، متبعين لسنة رسول الله ﷺ، في جميع أمورهم، و [أن] لا يتقدموا بين يدي الله ورسوله، ولا يقولوا، حتى يقول، ولا يأمروا، حتى يأمر، فإن هذا، حقيقة الأدب الواجب، مع الله ورسوله، وهو عنوان سعادة العبد وفلاحه، وبفواته، تفوته السعادة الأبدية، والنعيم السرمدي، وفي هذا، النهي [الشديد] عن تقديم قول غير الرسول صلى الله عليه وسلم، على قوله، فإنه متى استبانت سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم، وجب اتباعها، وتقديمها على غيرها، كائنا ما كان

“Ayat ini mengandung adab terhadap Allah ﷻ dan terhadap Rasulullah ﷺ, pengagungan, penghormatan, dan pemuliaan terhadapnya. Maka, Allah ﷻ memerintahkan kepada hamba-Nya yang mukmin dengan sesuatu yang dituntut oleh keimanan terhadap Allah dan Rasul-Nya berupa:

1.    mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya;

2.    agar mereka berjalan di belakang perintah-perintah Allah dan mengikuti (ittibaa’) terhadap sunnah Rasulullah ﷺ dalam semua urusan mereka;

3.    agar mereka tidak mendahului Allah dan Rasul-Nya dimana ia tidak berkata (tentang agama) hingga beliau ﷺ berkata, tidak memerintahkan sesuatu hingga beliau ﷺ memerintahkannya.

Inilah hakekat adab wajib (bagi setiap muslim) kepada Allah dan Rasul-Nya, yang merupakan tanda kebahagiaan dan keberuntungan seorang hamba. Jika hal ini hilang, maka akan hilang pula kebahagiaan abadi dan kenikmatan yang abadi. Dalam ayat ini juga terdapat larangan yang keras untuk mendahulukan perkataan selain Rasulullah ﷺ atas perkataan perkataan beliau ﷺ. Karena, ketika telah jelas sunnah Rasulullah ﷺ, maka wajib bagi kita untuk mengikutinya, mendahulukannya daripada selainnya, siapapun dia” [Taisiirul-Kariimir-Rahmaan, hal. 943; Daarus-Salaam].

➡Setelah kita memahami inti kandungan makna dari ayat di atas, berikut akan saya contohkan beberapa aplikasi yang ada di kalangan salaf rahimahumullah.

✅1.    ‘Abdullah bin ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa

أَخْبَرَنَا صَدَقَةُ بْنُ الْفَضْلِ، حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: ” أَمَا تَخَافُونَ أَنْ تُعَذَّبُوا، أَوْ يُخْسَفَ بِكُمْ أَنْ تَقُولُوا: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ، وَقَالَ فُلَانٌ؟

Telah mengkhabarkan kepada kami Shadaqah bin Al-Fadhl : Telah menceritakan kepada kami Mu’tamir, dari ayahnya, ia berkata : “Tidakkah kalian takut Allah ﷻ timpakan kepada kalian adzab atau menjungkir-balikkan (bumi) kepada kalian[1] ketika kalian mengatakan : ‘Telah berkata Rasulullah ﷺ dan telah berkata Fulaan?” [Diriwayatkan Ad-Daarimiy hal. 401 no. 445].

Sanad riwayat ini lemah karena keterputusan antara Sulaimaan bin Tharkhaan (ayah Mu’tamir) dengan Ibnu ‘Abbaas radliyalaahu ‘anhumaa [It-haaful-Maharah, 7/232-233 no. 60]. Riwayat ini dikuatkan beberapa riwayat lain yang semakna :

حَدَّثَنَا عَفَّانُ، حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ، حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنِ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ، قَالَ: قَالَ عُرْوَة، لِابْنِ عَبَّاسٍ حَتَّى مَتَى تُضِلُّ النَّاسَ يَا ابْنَ عَبَّاسٍ؟ ! قَالَ: مَا ذَاكَ يَا عُرَيَّةُ ؟ قَالَ: ” تَأْمُرُنَا بِالْعُمْرَةِ فِي أَشْهُرِ الْحَجِّ، وَقَدْ نَهَى أَبُو بَكْرٍ، وَعُمَرُ ! فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: قَدْ فَعَلَهَا رَسُولُ اللَّهِ ﷺ فَقَالَ عُرْوَةُ: هما كَانَا هُمَا أَتْبَعَ لِرَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَأَعْلَمَ بِهِ مِنْكَ ”

Telah menceritakan kepada kami ‘Affaan : Telah menceritakan kepada kami Wuhaib : Telah menceritakan kepada kami Ayyuub, dari Ibnu Abi Mulaikah, ia berkata : ‘Urwah pernah berkata kepada Ibnu ‘Abbaas : “Hingga kapan engkau menyesatkan manusia wahai Ibnu ‘Abbaas ?”. Ibnu ‘Abbaas berkata : “Ada apa wahai ‘Urayyah. ‘Urwah berkata : “Engkau menyuruh kami melakukan ‘umrah di bulan haji, padahal Abu Bakr dan ‘Umar melarangnya !”. Ibnu ‘Abbaas berkata : “Sungguh, hal tersebut (‘umrah di bulan-bulan haji) dilakukan oleh Rasulullah ﷺ”. ‘Urwah berkata : “Mereka berdua (Abu Bakr dan ‘Umar) lebih ber-ittiba’ kepada Rasululah ﷺ dan lebih memahaminya daripada engkau” [Diriwayatkan oleh Ahmad 1/252; sanadnya shahih].

Penisbatan larangan ‘umrah pada bulan-bulan haji oleh ‘Urwah kepada Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa perlu diteliti kembali, karena dalam (banyak) riwayat lain yang dimaksudkan adalah larangan melakukan haji tamattu’ :

حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ، حَدَّثَنَا شَرِيكٌ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنِ الْفُضَيْلِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: أُرَاهُ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ ” تَمَتَّعَ النَّبِيُّ ﷺ “. فَقَالَ: عُرْوَةُ بْنُ الزُّبَيْرِ نَهَى أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ عَنِ الْمُتْعَةِ، فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: مَا يَقُولُ عُرَيَّةُ؟ قَالَ: يَقُولُ: نَهَى أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ عَنِ الْمُتْعَةِ. فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: أُرَاهُمْ سَيَهْلِكُونَ ! أَقُولُ: قَالَ النَّبِيُّ ﷺ وَيَقُولُ: نَهَى أَبُو بَكْرٍ وَعُمَر

Telah menceritakan kepada kami Al-Hajjaaj : Telah menceritakan kepada kami Syariik, dari Al-A’masy, dari Al-Fudlail bin ‘Amru. (Al-A’masy) berkata : Aku berpandangan (Al-Fudlail) dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : “Nabi ﷺ pernah melakukan haji tamattu’”. ‘Urwah bin Az-Zubair berkata : “Abu Bakr dan ‘Umar melarang haji tamattu’”. Ibnu ‘Abbaas berkata : “Apa yang dikatakan ‘Urayyah[2]?”. Dijawab : “Ia (‘Urwah) mengatakan : ‘Abu Bakr dan ‘Umar’ melarang haji tamattu’”. Maka Ibnu ‘Abbaas berkata : “Aku berpendapat mereka akan binasa. Aku katakan : ‘Telah bersabda Nabi ﷺ’, namun ia berkata : ‘Abu Bakr dan ‘Umar telah melarangnya” [Diriwayatkan oleh Ahmad 1/337; sanadnya lemah karena faktor Syariik[3]]. 

قَالَ إِسْحَاقُ: أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ، عَنْ حَمَّادٍ بْن زيد، عَنْ أَيُّوبَ، عَنِ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ، قَالَ: قَالَ عُرْوَةُ لابْنِ عَبَّاسٍ: وَيْحَكَ، أَضْلَلْتَ ! تَأْمُرُ بِالْعُمْرَةِ فِي الْعَشْرِ، وَلَيْسَ فِيهِنَّ عُمْرَةٌ؟ فَقَالَ: يَا عَرِيُّ، فَسَلْ أُمَّكَ. قَالَ: إِنَّ أَبَا بَكْرٍ، وَعُمَرَ لَمْ يَقُولا ذَلِكَ، وكانا أَعْلَمُ بِرَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَأَتْبِعُ لَهُ مِنْكَ، فَقَالَ: مِنْ هَهُنَا تُرْمَوْنَ، نَجِيئُكُمْ بِرَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَتَجِيئُونَ بِأَبِي بَكْرٍ، وَعُمَرَ 

Telah berkata Ishaaq : Telah mengkhabarkan kepada kami Sulaimaan bin Harb, dari Hammaad bin Zaid, dari Ayyuub, dari Ibnu Abi Mulaikah, ia berkata : ‘Urwah berkata kepada Ibnu ‘Abbaas : “Celaka engkau, engkau telah sesat. Engkau memerintahkan ‘umrah pada 10 hari awal bulan Dzulhijjah, padahal tidak ada syari’at ‘umrah di waktu tersebut”. Ibnu ‘Abbaas berkata : “Wahai ‘Ariy, bertanyalah kepada ibumu”. ‘Urwah berkata : “Sesungguhnya Abu Bakr dan ‘Umar tidak mengatakan demikian, dan mereka berdua lebih mengetahui (sunnah) Rasulullah ﷺ dan lebih ber-ittibaa’ kepadanya daripada engkau”. Maka Ibnu ‘Abbaas berkata : “Dari sinilah kalian akan dihukum. Aku datangkan dalil dari Rasulullah ﷺ kepada kalian, akan tetapi kalian datangkan (sanggahannya) dari perkataan Abu Bakr dan ‘Umar” [Dibawakan Ibnu Hajar dalam Al-Mathaalibul-‘Aaliyyah no. 1287; dan Ibnu Hajar berkata : “Sanadnya shahih”].

Diriwayatkan juga oleh Ibnu Hazm dalam Hajjatul-Wadaa’ hal. 353 no. 392 dari jalan Ayyuub[4], dengan jawaban Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa:

وَاللَّهِ مَا أَرَاكُمْ مُنْتَهِينَ حَتَّى يُعَذِّبَكُمُ اللَّهُ، أُحَدِّثُكُمْ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَتُحَدِّثُونَنَا عَنْ أَبِي بَكْرٍ، وَعُمَرَ، فَقَالَ عُرْوَةُ هُمَا أَعْلَمُ بِسُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَأَتْبَعُ لَهَا مِنْكَ

Demi Allah, tidaklah aku melihat kalian berhenti hingga Allah mengadzab kalian. Aku mengatakan kepada kalian (hadits) dari Rasulullah ﷺ, lalu kalian mengatakan kepada kami (perkataan) dari Abu Bakr dan ‘Umar”. ‘Urwah berkata : “Keduanya lebih mengetahui sunnah Rasulullah ﷺ dan lebih ber-ittibaa’ kepadanya daripada engkau” [selesai].

Diriwayatkan oleh Al-Khathiib Al-Baghdaadiy dalam Al-Faqiih wal-Mutafaqqih 1/377-378 no. 380 dari jalan Ayyuub, dengan jawaban Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa:

هَذَا الَّذِي أَهْلَكَكُمْ، وَاللَّهِ مَا أَرَى إِلا سَيُعَذِّبُكُمْ، إِنِّي أُحَدِّثُكُمْ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ وَتَجِيئُونِي بِأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ. فَقَالَ عُرْوَةُ: هُمَا وَاللَّهِ كَانَا أَعْلَمَ بِسُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَاتْبَعَ لَهَا مِنْكَ،

Inilah yang membinasakan kalian. Demi Allah, tidaklah aku melihat kecuali kalian akan diadzab Allah (dengan sebab itu). Aku mengatakan kepada kalian (hadits) dari Nabi ﷺ, sementara kalian membawakan kepadaku (perkataan) Abu Bakr dan ‘Umar”. ‘Urwah berkata : “Keduanya – demi Allah – lebih mengetahui sunnah Rasulullah ﷺ dan lebih ber-ittibaa’ kepadanya daripada engkau” [selesai].

Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath 1/139 no. 21 dari jalan Ibraahiim bin Abi ‘Ablah dari Ibnu Abi Mulaikah, dengan jawaban Ibnu ‘Abbaas:

 أَهُمَا، وَيْحَكَ، آثَرُ عِنْدَكَ أَمْ مَا فِي كِتَابِ اللَّهِ، وَمَا سَنَّ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ فِي أَصْحَابِهِ وَفِي أُمَّتِهِ؟ ” فَقَالَ عُرْوَةُ: هُمَا كَانَا أَعْلَمَ بِكِتَابِ اللَّهِ، وَمَا سَنَّ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ مِنِّي وَمِنْكَ، قَالَ ابْنُ أَبِي مُلَيْكَةَ: فَخَصَمَهُ عُرْوَةُ،

Apakah mereka berdua – celaka engkau (wahai ‘Urwah) – lebih engkau utamakan, ataukah nash yang ada dalam Kitabullah dan apa yang disunnahkan Rasulullah ﷺ kepada para shahabatnya dan umatnya ?”. ‘Urwah menjawab : “Mereka berdua lebih mengetahui Kitabullah dan apa yang disunnahkan Rasulullah daripadaku dan dirimu”. Ibnu Abi Mulaikah berkomentar : “Maka ’Urwah tetap mendebatnya (Ibnu ‘Abbaas)” [selesai].

Al-Khathiib Al-Baghdaadiy rahimahullah setelah membawakan riwayat dialog antara ‘Urwah dan Ibnu ‘Abbaas berkomentar:

قُلْتُ: قَدْ كَانَ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ عَلَى مَا وَصَفَهُمَا بِهِ عُرْوَةُ، إِلا أَنَّهُ لا يَنْبَغِي أَنْ يُقَلَّدَ أَحَدٌ فِي تَرْكِ مَا ثَبَتَتْ بِهِ سُنَّةُ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ

“Aku katakan : Sungguh, Abu Bakr dan ‘Umar seperti apa yang disifatkan oleh ‘Urwah (yaitu lebih utama dan berilmu). Namun tidak selayaknya bertaqlid kepada seseorang dengan meninggalkan apa yang telah tetap/shahih dalam sunnah Rasulullah ﷺ” [Al-Faqiih wal-Mutafaqqih, 1/378].

Maka, sekedar husnudhdhan berdasarkan pandangan umum bahwa Fulaan lebih berilmu daripada ‘Alaan (tanpa mengetahui dalil yang dibawakan Fulaan) tidak cukup untuk membantah hujjah orang yang menyampaikan dalil/nash. Oleh karena itu, Ibnu Hazm rahimahullah berkata:

وَنَحْنُ نَقُولُ لِعُرْوَةَ: ابْنُ عَبَّاسٍ أَعْلَمُ بِسُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَبِأَبِي بَكْرٍ وَبِعُمَرَ مِنْكَ، وَأَوْلَى بِهِمْ ثَلاثَتِهِمْ مِنْكَ، لا يَشُكُّ فِي ذَلِكَ مُسْلِمٌ،

“Dan kami katakan kepada ‘Urwah : ‘Ibnu ‘Abbaas lebih mengetahui sunnah Rasulullah ﷺ, Abu Bakr, dan ‘Umar daripadamu. Ia (Ibnu ‘Abbaas) lebih dikedepankan terhadap ketiganya daripadamu. Tidak ada keraguan tentang hal tersebut bagi seorang muslim[5]” [Hajjatul-Wadaa’, hal. 354].

Perkataan seseorang – siapapun dia – yang digunakan untuk menyaingi perkataan Nabi ﷺ merupakan serangan terhadap kedudukan beliau ﷺ. Mengedepankan perkataan seseorang selain Nabi ﷺ merupakan kedhaliman, karena kedhaliman adalah meletakkan sesuatu yang bukan pada tempat semestinya.

Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhu mengatakan bahwa mengutamakan perkataan seseorang daripada Allah dan Rasul-Nya ﷺ dapat mewariskan adzab. Ini sesuai dengan firman Allah ﷻ :

فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيم

”Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih” [QS. An-Nuur : 63].

✅2.    ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu.

عَنْ مَرْوَانَ بْنِ الْحَكَمِ، قَالَ: ” شَهِدْتُ عُثْمَانَ، وَعَلِيًّا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، وَعُثْمَانُ يَنْهَى عَنْ الْمُتْعَةِ وَأَنْ يُجْمَعَ بَيْنَهُمَا، فَلَمَّا رَأَى عَلِيٌّ أَهَلَّ بِهِمَا لَبَّيْكَ بِعُمْرَةٍ وَحَجَّةٍ، قَالَ: مَا كُنْتُ لِأَدَعَ سُنَّةَ النَّبِيِّ ﷺ لِقَوْلِ أَحَدٍ ”

Dari Marwaan bin Al-Hakam, ia berkata : Aku menyaksikan ‘Utsmaan dan ‘Aliy radliyallaahu ‘anhumaa. ‘Utsmaan melarang tamattu’ dan menggabung antara keduanya (haji dan ‘umrah). Ketika ‘Aliy melihatnya, maka ia berniat ihram untuk keduanya dengan mengucapkan : “Labbaika bi-‘umratin wa hajjatin”. Kemudian ia berkata : “Aku tidak akan meninggalkan sunnah Nabi ﷺ karena perkataan seseorang” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1562].

Tidak dipungkiri, ‘Utsmaan bin ‘Affaan lebih utama dibandingkan ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahumaa. Namun ketika tidak ada alasan kuat pelarangan tamattu’ berdasarkan sunnah dari Nabi ﷺ, maka ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu tidak bertaqlid kepada ‘Utsmaan dan meninggalkan sunnah Nabi ﷺ yang ia ketahui.

Faedah:

Al-Haafidh Ibnu Hajar rahimahullah berkata:

وَفِي قِصَّة عُثْمَان وَعَلِيّ مِنْ الْفَوَائِد إِشَاعَة الْعَالِم مَا عِنْده مِنْ الْعِلْم وَإِظْهَاره ، وَمُنَاظَرَة وُلَاة الْأُمُور وَغَيْرهمْ فِي تَحْقِيقه لِمَنْ قَوِيَ عَلَى ذَلِكَ لِقَصْدِ مُنَاصَحَة الْمُسْلِمِينَ ، وَالْبَيَان بِالْفِعْلِ مَعَ الْقَوْل ، وَجَوَاز الِاسْتِنْبَاط مِنْ النَّصّ لِأَنَّ عُثْمَان لَمْ يَخْفَ عَلَيْهِ أَنَّ التَّمَتُّع وَالْقِرَان جَائِزَانِ ، وَإِنَّمَا نَهَى عَنْهُمَا لِيُعْمَلَ بِالْأَفْضَلِ كَمَا وَقَعَ لِعُمَر ، لَكِنْ خَشِيَ عَلِيّ أَنْ يَحْمِل غَيْره النَّهْي عَلَى التَّحْرِيم فَأَشَاعَ جَوَاز ذَلِكَ ، وَكُلّ مِنْهُمَا مُجْتَهِد مَأْجُور

“Dalam kisah ‘Utsmaan dan ‘Aliy terdapat beberapa faedah, yaitu : (a) bolehnya seorang ‘aalim menyebarkan ilmu yang ia miliki dan menampakkannya; (b) bolehnya perdebatan/diskusi dengan penguasa dan selainnya untuk mewujudkannya bagi orang yang mampu melakukkanya dengan tujuan menasihati kaum muslimin, serta penjelasan (satu permasalahan) melalui perkataan dan perbuatan sekaligus; (c) bolehnya beristinbaath dari nash karena tidak samar bagi ‘Utsmaan bahwa haji tamattu’ dan qiraan diperbolehkan dalam syari’at, namun dirinya hanyalah melarang untuk melakukan yang lebih utama sebagaimana dilakukan juga oleh ‘Umat. ‘Aliy khawatir pelarangan tersebut dipahami orang lain sebagai pengharaman, sehingga ia (‘Aliy) menyiarkan (kepada khalayak) tentang kebolehannya. Dan keduanya (‘Utsmaan dan ‘Aliy) adalah mujtahid yang diberikan pahala (dengan ijtihadnya)[6]” [Fathul-Baariy, 3/425].

✅3.    ‘Abdullah bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa

عَنْ سَالِم بْن عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ يَقُولُ: ” لَا تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ، إِذَا اسْتَأْذَنَّكُمْ إِلَيْهَا “، قَالَ: فَقَالَ بِلَالُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ: وَاللَّهِ لَنَمْنَعُهُنَّ، قَالَ: فَأَقْبَلَ عَلَيْهِ عَبْدُ اللَّهِ، فَسَبَّهُ سَبًّا سَيِّئًا، مَا سَمِعْتُهُ سَبَّهُ مِثْلَهُ قَطُّ، وَقَالَ: أُخْبِرُكَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَتَقُولُ: وَاللَّهِ لَنَمْنَعُهُنَّ

Dari Saalim bin ‘Abdillah : Bahwasannya ‘Abdullah bin ‘Umar berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda : “Janganlah kalian melarang wanita-wanita kalian untuk pergi ke masjid-masjid apabila mereka meminta izin kalian pergi ke sana”. Saalim berkata : “Bilaal bin ‘Abdillah berkata : ‘Demi Allah, kami akan melarang mereka (pergi ke masjid)”. Saalim berkata : “Maka ‘Abdullah menghadap kepadanya, lalu mencacinya dengan cacian yang jelek yang belum pernah aku mendengarnya seperti itu sedikitpun. Ia (Ibnu ‘Umar) berkata : ‘Aku mengkhabarkan kepadamu dari Rasulullah ﷺ, sedangkan engkau mengatakan ‘demi Allah, sungguh kami akan melarangnya’!!” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 442].

Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa mengingkari anaknya (Bilaal) dengan pengingkaran yang sangat keras karena perkataannya yang sangat cepat dalam menyanggah/menentang sabda Nabi ﷺ yang disampaikannya dengan ra’yu/pendapatnya. Padahal alasan Bilaal bisa dikatakan ‘masuk akal’, sebagaimana riwayat Muslim yang lain:

لَا نَدَعُهُنَّ يَخْرُجْنَ فَيَتَّخِذْنَهُ دَغَلًا

Kami tidak akan membiarkan mereka keluar, sehingga kesempatan itu mereka pergunakan untuk melakukan dosa[7]” [selesai].

Al-‘Adhiim Al-Aabaadiy rahimahullah menjelaskan:

وَإِنَّمَا أَنْكَرَ عَلَيْهِ اِبْن عُمَر لِتَصْرِيحِهِ بِمُخَالَفَةِ الْحَدِيث . وَأُخِذَ مِنْ إِنْكَار عَبْد اللَّه عَلَى وَلَده تَأْدِيب الْمُعْتَرِض عَلَى السُّنَن بِرَأْيِهِ وَعَلَى الْعَالِم بِهَوَاهُ ، وَتَأْدِيب الرَّجُل وَلَده ، وَإِنْ كَانَ كَبِيرًا إِذَا تَكَلَّمَ بِمَا لَا يَنْبَغِي لَهُ ، وَجَوَاز التَّأْدِيب بِالْهِجْرَانِ

Ibnu ‘Umar hanyalah mengingkarinya (Bilaal) karena perkataannya yang terang-terangan menyelisihi hadits. Diambil faedah dari pengingkaran ‘Abdullah terhadap anaknya tersebut : (a) (disyari’atkannya) pemberian pengajaran/adab terhadap orang yang menolak/menentang sunnah dengan ra’yu/pendapatnya semata dan (yang menentang) seorang ‘aalim dengan hawa nafsunya; (b) pengajaran/adab seseorang kepada anaknya, meskipun anaknya tersebut telah dewasa jika ia berbicara dengan sesuatu yang tidak seharusnya (tidak sopan/beradab); serta (c) bolehnya pengajaran/adab (terhadap seseorang) dengan cara hajr (boikot)” [‘Aunul-Ma’buud, 2/193].

NB : Bilaal bin ‘Abdillah bin ‘Umar adalah salah seorang ulama dan fuqahaa’ yang tsiqah generasi taabi’iin. Ia dimasukkan Yahyaa Al-Qaththaan diantara fuqahaa’ penduduk Madiinah [Tahdziibut-Tahdziib, 1/504].

✅4.    ‘Imraan bin Hushain radliyallaahu ‘anhu

عَنْ أَبِي السَّوَّارِ الْعَدَوِيِّ، قَالَ: سَمِعْتُ عِمْرَانَ بْنَ حُصَيْنٍ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: ” الْحَيَاءُ لَا يَأْتِي إِلَّا بِخَيْرٍ ” فَقَالَ بُشَيْرُ بْنُ كَعْبٍ: مَكْتُوبٌ فِي الْحِكْمَةِ إِنَّ مِنَ الْحَيَاءِ وَقَارًا وَإِنَّ مِنَ الْحَيَاءِ سَكِينَةً، فَقَالَ لَهُ عِمْرَانُ: أُحَدِّثُكَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَتُحَدِّثُنِي عَنْ صَحِيفَتِكَ

Dari Abis-Sawwaar Al-‘Adawiy, ia berkata : Aku mendengar ‘Imraan bin Hushain berkata : Telah bersabda Nabi ﷺ : “Malu tidak mendatangkan kecuali kebaikan”. (Mendengar itu), lalu Busyair bin Ka’b berkata : “Tertulis di dalam lembaran ahli hikmah : ‘Sesungguhnya sebagian dari malu adalah kewibaan dan sebagian dari malu adalah ketenangan”. ‘Imraan berkata kepadanya : “Aku mengatakan kepadamu hadits dari Rasulullah ﷺ, namun engkau malah mengatakan kepadaku dari lembaranmu” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6117].

Ketika ‘Imraan bin Hushain menyebutkan hadits Nabi ﷺ tentang keutamaan sifat malu, Busyair bin Ka’b hanya menyebutkan keutamaan lain tambahan dari sifat malu dari lembaran hikmah yang ia baca. Tidak ada yang salah darinya, dan bahkan perkataan hikmah tersebut baik. Namun bagaimana sikap ‘Imraan ?.

Al-Haafidh Ibnu Hajar rahimahullah menjelaskan:

وَقَالَ الْقُرْطُبِيّ : …. وَإِنَّمَا أَنْكَرَهُ عَلَيْهِ مِنْ حَيْثُ إنَّهُ سَاقَهُ فِي مَعْرِض مَنْ يُعَارِض كَلَام الرَّسُول بِكَلَامِ غَيْره ، وَقِيلَ إِنَّمَا أَنْكَرَ عَلَيْهِ كَوْنه خَافَ أَنْ يَخْلِط السُّنَّة بِغَيْرِهَا

“Al-Qurthubiy berkata : ‘…. Perkataan tersebut hanyalah diingkari ketika ia dibawakan pada waktu orang menentang perkataan Rasulullah ﷺ dengan perkataan selainnya. Dan dikatakan : Perkataan tersebut diingkari karena dikhawatirkan tercampurnya sunnah dengan selainnya” [Fathul-Baariy, 10/522].

Dan bagaimana pula seandainya perkataan selain dari Nabi ﷺ itu nyata-nyata berlawanan dengan hadits Nabi ﷺ ?

Hadits ini juga dapat diambil faedah bahwa satu hukum apabila telah shahih dan jelas maksud/maknanya dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah, maka asalnya tidak membutuhkan selain keduanya karena telah mencukupi.[8]

✅5.    ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، يَقُولُ: لَأَنْ أُصْبِحَ مُطَّلِيًا بِقَطِرَانٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أُصْبِحَ مُحْرِمًا أَنْضَخُ طِيبًا، قَالَ: فَدَخَلْتُ عَلَى عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، فَأَخْبَرْتُهَا بِقَوْلِهِ، فَقَالَتْ: ” طَيَّبْتُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ فَطَافَ فِي نِسَائِهِ، ثُمَّ أَصْبَحَ مُحْرِمًا ”

Dari Muhammad bin Al-Muntasyir, ia berkata : Aku mendengar Ibnu ‘Umar berkata : “Sungguh, aku berlumuran dengan ter lebih aku sukai daripada aku berihram dalam keadaan dengan memakai wewangian”. Muhammad bin Muntasyir berkata : Lalu aku menemui ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, kemudian aku memberitahukannya tentang perkataan Ibnu ‘Umar tersebut. ‘Aaisyah berkata : “Aku pernah memakaikan wewangian kepada Rasulullah ﷺ, lalu beliau menemui istri-istrinya, dan kemudian setelah itu pada pagi harinya beliau berihram” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1192].

Dalam riwayat lain disebutkan lafadh jawaban ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa:

يَرْحَمُ اللَّهُ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ، كُنْتُ أُطَيِّبُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ فَيَطُوفُ عَلَى نِسَائِهِ، ثُمَّ يُصْبِحُ مُحْرِمًا يَنْضَخُ طِيبًا

Semoga Allah merahmati Abu ‘Abdirrahmaan. Dulu aku pernah memakaikan wewangian kepada Rasulullah ﷺ, lalu beliau menemui istri-istrinya. Kemudian di pagi harinya beliau dalam keadaan berihram dengan memerciki wewangian (di tubuhnya)” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 267, Ahmad 6/175, dan Ibnu Khuzaimah no. 2588]

Dalam riwayat lain ditambahkan lafadh:

فَسَكَتَ ابْنُ عُمَرَ

Maka Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa pun terdiam” [Diriwayatkan oleh Al-Humaidiy 1/264 no. 218 dan Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 2/132 no. 3613; shahih].

Dulu, ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu pernah melarang orang yang berihram memakai wewangian sebelum niat ihram dan sebelum thawaf ifadlah setelah melempar jumrah. Belum sampai kepada ‘Umar hadits ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhumaa sebagaimana di atas yang menjelaskan bahwa ‘Aaisyah pernah memberikan wewangian kepada Rasulullah ﷺ sebelum berihram untuk ihram beliau dan sebelum thawaf ifadlah[9]. Dan begitu juga hal itu belum diketahui oleh ‘Abdullah bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa. Ketika sampai khabar bahwa keduanya melarangnya, maka ‘Aaisyah menjelaskan haditsnya. Dan dalam riwayat lain, ia merespon dengan jawaban:

أَنَا طَيَّبْتُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ وَسُنَّةُ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ أَحَقُّ أَنْ تُتَّبَعَ

“Aku memakaikan wewangian kepada Rasulullah ﷺ, dan sunnah Rasulullah ﷺ lebih berhak untuk diikuti” [Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah no. 2938; shahih].

فَسُنَّةُ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ أَحَقُّ أَنْ يُؤْخَذَ بِهَا مِنْ سُنَّةِ عُمَر

Maka sunnah Rasulullah ﷺ lebih berhak untuk diambil daripada sunnah ‘Umar radliyallaahu ‘anhu” [Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aani;-Aatsaar, 2/231 no. 4044; shahih]

Perkataan ini selaras dengan firman Allah ﷻ :

قُلْ هَلْ مِنْ شُرَكَائِكُمْ مَنْ يَهْدِي إِلَى الْحَقِّ قُلِ اللَّهُ يَهْدِي لِلْحَقِّ أَفَمَنْ يَهْدِي إِلَى الْحَقِّ أَحَقُّ أَنْ يُتَّبَعَ أَمْ مَنْ لا يَهِدِّي إِلا أَنْ يُهْدَى فَمَا لَكُمْ كَيْفَ تَحْكُمُونَ

“Katakanlah: “Apakah di antara sekutu-sekutumu ada yang menunjuki kepada kebenaran?” Katakanlah: “Allah-lah yang menunjuki kepada kebenaran”. Maka apakah orang-orang yang menunjuki kepada kebenaran itu lebih berhak diikuti ataukah orang yang tidak dapat memberi petunjuk kecuali (bila) diberi petunjuk? Mengapa kamu (berbuat demikian)? Bagaimanakah kamu mengambil keputusan?” [QS. Yuunus : 35]

Tidak ada seorang pun setelah Rasulullah ﷺ yang terkumpul padanya semua pengetahuan tentang sunnah-sunnah Rasulullah ﷺ. Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullah berkata:

وليس أحد بعد رسول الله ﷺ إلاّ وقد خفيت عليه بعض سُنة رسول الله من الصحابة فمن بعدهم

Tidak ada seorang pun sepeninggal Rasulullah ﷺ dari kalangan shahabat dan orang-orang setelah mereka, kecuali pasti akan tersembunyi padanya sebagian sunnah Rasulullah ﷺ”.

Kemudian Ibnul-Qayyim rahimahullah mengomentarinya sebagai berikut:

وصدق أبو عمر رضي الله عنه ؛ فإن مَجموع سُنة رسول الله مِن أقواله وأفعاله وإقراره لا يوجد عند رجل واحد أبدا ، ولو كان أعلم أهل الأرض

“Dan benarlah Abu ‘Umar (yaitu : Ibnu ‘Abdil-Barr – Abul-Jauzaa’) radliyallaahu ‘anhu, karena seluruh sunnah Rasulullah ﷺ berupa perkataan, perbuatan, dan iqraar (pengakuan) tidak akan didapatkan pada satu orang selamanya, meskipun dirinya orang yang paling ‘alim dari penduduk bumi” [Ash-Shawaa’iqul-Mursalah, 2/553].

Dengan demikain, sangat mungkin satu sunnah tidak diketahui/luput dari seorang ulama namun didapatkan pada selain dirinya.

Contoh : Terluput dari Asy-Syaafi’iy rahimahullah hadits sutrah Nabi ﷺ dengan binatang. Ketika membahas perkataan Asy-Syaafi’iy : ‘tidak boleh bersutrah dengan wanita dan binatang’, maka An-Nawawiy rahimahullah berkata:

وأما الدابة ففى الصحيحين عن ابن عمر رضي الله عنهما أن النبي ﷺ كان يعرض راحلته فيصلي إليها ” زاد البخاري في روايته ” وكان ابن عمر يفعله ” ولعل الشافعي رحمه الله لم يبلغه هذا الحديث وهو حديث صحيح لا معارض له فيتعين العمل به لاسيما وقد أوصانا الشافعي رحمه الله بأنه إذا صح الحديث فهو مذهبه

Adapun binatang, maka dalam Shahiihain dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa : ‘Bahwasannya Nabi ﷺ melintangkan hewan kendaraannya di hadapannya dan kemudian shalat menghadapnya’. Al-Bukhaariy menambahkan dalam riwayatnya : ‘’Ibnu ‘Umar juga pernah melakukannya’. Kemungkinan belum sampai hadits tersebut kepada Asy-Syaafi’iy, dan hadits tersebut adalah hadits shahih yang tidak pertentangan padanya sehingga mesti diamalkan. Terlebih lagi, Asy-Syaafi’iy rahimahulah pernah berwasiat kepada kita bahwa apabila telah shahih sebuah hadits, maka itu adalah madzhabnya” [Al-Majmuu’, 3/248].

Terluput dari Maalik bin Anas rahimahullah hadits larangan minum minum langsung dari siqaa’/qirbah[10], sebagaimana disitir oleh Al-Haafidh Ibnu Hajar rahimahullah:

فَقَدْ نَقَلَ اِبْن التِّين وَغَيْره عَنْ مَالِك أَنَّهُ أَجَازَ الشُّرْب مِنْ أَفْوَاه الْقِرَب وَقَالَ : لَمْ يَبْلُغنِي فِيهِ نَهْي

Ibnut-Tiin dan yang lainnya menukil dari Maalik bahwa ia membolehkan minum dari mulut qirbah seraya berkata : ‘Belum sampai larangan padaku dalam permasalahan itu” [Fathul-Baariy, 10/91].

✅6.    ‘Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz rahimahullah

أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ بِشْرٍ، حَدَّثَنَا الْمُعَافَى، عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ، قَالَ: كَتَبَ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ رَحِمَهُ الله تَعالَيَ: ” إِنَّهُ لَا رَأْيَ لِأَحَدٍ فِي كِتَابِ اللَّهِ، وَإِنَّمَا رَأْيُ الْأَئِمَّةِ فِيمَا لَمْ يَنْزِلْ فِيهِ كِتَابٌ، وَلَمْ تَمْضِ بِهِ سُنَّةٌ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ وَلَا رَأْيَ لِأَحَدٍ فِي سُنَّةٍ سَنَّهَا رَسُولُ اللَّهِ ﷺ ”

Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Bisyr : Telah menceritakan kepada kami Al-Mu’aafaa, dari Al-Auzaa’iy, ia berkata : ‘Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz rahimahullah ta’ala pernah menulis : ‘Tidak boleh ada pendapat seseorang tentang perkara yang telah ditetapkan dalam Kitabullah. Pendapat para imam hanyalah pada perkara yang tidak ada ketetapannya dalam Kitabullah dan sunnah Rasulullah ﷺ. Dan tidak ada pendapat seorang pun dalam perkara yang telah ditetapkan dalam sunnah yang telah disunnahkan oleh Rasullah ﷺ” [Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy hal. 401 no. 446; sanadnya hasan].

  • (Lanjut ke hal…2)