Kaidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Dalam Mengambil & Menggunakan Dalil (Bag.2)

Alhamdulillah

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

•••••

1. Selayang Pandang Tentang Qiyas

2. Qiyas Ala Iblis

3. Apakah Qiyas Termasuk Sumber Selain Al-Qur’an Dan As Sunnah

4. Dalil ‘Aqli (Akal ) Yang Benar Akan Sesuai Dengan Dalil Nash Shahihah

5. Ketika Akal Bertentangan dengan Dalil Syar’i |

6. Mendudukkan Akal pada Tempatnya

7. Al-Qonun Al-Kully (Undang-Undang Universal Mendahulukan Akal daripada Dalil)

8. Cara Mendakwahi Keluarga Yang Berbuat Syirik |

Dalil Prinsip Landasan Akidah-Ust Ahmad Zainuddin

Dalil Diutusnya Rasul Untuk Diikuti-Ust Ahmad Zainuddin

Perkara Al Wala Wal Bara-Ust Ahmad Zainuddin

Pembagian Tauhid-Ust Ahmad Zainuddin

Larangan Terbesar Allah Yaitu Syirik-Ust Ahmad Zainuddin

Pentingnya Manhaj dalam Beragama (Anas Burhanuddin, MA)

Skala Prioritas dalam Menuntut Ilmu Agama (Anas Burhanuddin, MA)

Pentingnya Ilmu dalam Agama (DR. Firanda Andirja, MA)

Manhaj.Ahlussunnah dalam.Tauhid Asma Wa Sifat”Oleh Ustadz Ali Ahmad

Kaidah-kaidah Mendasar Agama Islam yang Wajib di Ketahui Setiap Kaum Muslimin” Oleh Ustadz Aris Munandar

Sesi1 

Sesi2

Untukmu Yang Telah Bersyahadat” (4 Kaidah Mengenal Kesyirikan) Oleh Ustadz Hermawan Lc

Lima Kaidah Universal Sebagai Pilar Keamanan dan Ketentraman-Ust Dzulqarnain


Kumpulan Ebook.

Pembahasan Seputar Aqidah

Berserah diri kepada Allah

Siapakah yang dimaksud Ulama

Sejarah Tafsir dan Perkembangannya

Sahabat Nabi dalam Perspektif Jalaluddin Rakhmat

Bingkisan Istimewa Menuju Keluarga Sakinah

Aku Bahagia, Agamaku Adalah Islam

Jalan Menuju Surga

Cara Mendakwahi Orang Kafir Agar Mau Masuk Islam

Mengikuti Syari’at Allah Tiang Keimanan

Wajibnya Ittiba

Berbakti Kepada Orang Tua

Kami Tidak Menyembahnya

==

PEMATERI: FADHILATUL USTADZ YAZID BIN ‘ABDUL QADIR JAWAS -hafizhahullaah-

MATERI: BUKU “SYARAH ‘AQIDAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH” (hlm. 47-48), karya Ustadz Yazid, cet. ke-15, Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

  • BAB II: KAIDAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH DALAM MENGAMBIL DAN MENGGUNAKAN DALIL

Bab ini penting dalam kita mengambil dan menggunakan dalil, dan dengannya akan terlihat perbedaan antara Ahlus Sunnah Wal Jama’ah dengan kelompok-kelompok sesat.

  • ➡[5]- Berserah diri (taslim), patuh, dan taat hanya kepada Allah dan Rasul-Nya secara lahir dan bathin. 


Tidak menolak sesuatu dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang shahih, (baik menolaknya itu) dengan qiyas (analogi), perasaan, kasyf (iluminasi atau penyingkapan tabir rahasia sesuatu yang ghaib), ucapan seorang syaikh, ataupun pendapat imam-imam dan lainnya.

✅ Allah -Subhaanahu Wa Ta’aalaa- berfirman
فَلا وَرَبِّكَ لا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Maka demi Rabb-mu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.” (QS. An-Nisaa’: 65)



✅ Juga firman Allah -Subhaanahu Wa Ta’aalaa-:
…وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
“…Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah; dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya.” (QS. Al-Hasyr: 7)\



Maka di sini ada beberapa pembahasan:

  • ➡#PERTAMA: Tidak ada Qiyas dalam masalah ‘Aqidah.

Imam Al-Barbahari -rahimahullaah- berkata:
وَاعْلَمْ -رَحِـمَكَ اللهُ- أَنَّهُ لَيْسَ فِـي السُّـنَّـةِ قِـيَاسٌ، وَلَا تُـضْرَبُ لَـهَا الْأَمْثَالُ، وَلَا تُــتَّبَعُ فِـيْهَا الْأَهْوَاءُ، وَهُوَ التَّصْدِيْـقُ بِآثَارِ رَسُوْلُ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-، بِلَا كَيْفٍ وَلَا شَرْحٍ، وَلَا يُقَالُ لِـمَ وَلَا كَيْفَ؟
Ketahuilah -semoga Allah merahmatimu-: bahwa tidak ada qiyas dalam As-Sunnah (‘Aqidah). Tidak boleh menjadikan membuat-buat permisalan bagi As-Sunnah (dengan tujuan untuk mengingkari-pent), dan tidak boleh mengikuti keinginan (hawa nafsu) di dalamnya. (Yang harus dilakukan terhadap As-Sunnah adalah) pembenaran terhadap hadits-hadits Rasulullah -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- tanpa diiringi perkataan bagaimana dan menjelaskan (dengan takwil yang bathil). Tidak juga ditanyakan di dalamnya dengan pertanyaan mengapa dan bagaimana.”

[“Syarhus Sunnah” (no. 9)]

Yang pertama kali membuat qiyas (yang bathil) adalah Iblis:

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ
Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?” Menjawab iblis: “Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah”.” (QS. Al-A’raaf: 12)

  • ➡#KEDUA: Al-Qur’an & As-Sunnah Tidak Ditolak Dengan Perasaan.


Tidak boleh menolak dengan alasan: saya belum siap, atau tidak cocok untuk zaman sekarang, dst.

  • ➡#KETIGA: Dan Tidak Boleh Menolak Al-Qur’an & As-Sunnah Dengan Alasan Mengikuti “Kasyf”/penyingkapan (istilah yang dibuat oleh thoriqat Sufi)

Yaitu: anggapan bahwa syaikhnya langsung bertemu dengan Nabi, atau syaikhnya langsung mengambil dari Allah. Sehingga mereka menolak dalil karena sudah mencapai derajat hakikat dan ma’rifat, maka tidak perlu lagi untuk melaksanakan ibadah-ibadah. Menurut mereka: yang harus beribadah adalah orang-orang awam (seperti kita) karena masih tingkat syari’at. Padahal Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- Allah perintahkan untuk beribadah sampai datangnya kematian:
وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِيُ
Dan beribadahlah kepada Rabb-mu sampai datang keyakinan (ajal) kepadamu.” (QS. Al-Hijr: 99)



Membeda-bedakan antara kaum muslimin dengan istilah: syari’at, ma’rifat, dan hakikat; adalah sebuah bentuk penyesatan, dan hal ini bisa mengeluarkan pelakunya dari agama Islam, karena mereka (yang sudah tingkat hakikkat atau ma’rifat); tidak mau melaksanakan agama Islam.

[Lihat penjelasannya dalam buku “Syarah ‘Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah” (hlm.423-427-cet. ke-15)]

  • ➡#KEEMPAT: Dan Juga Tidak Boleh Menolak Al-Qur’an & As-Sunnah Dengan Perkataan Seorang Syaikh, Ulama, Atau Imam.


Yang dijadikan sebagai dalil adalah: Al-Qur’an, As-Sunnah dengan pemahaman Salafush Shalih.

Para Imam telah melarang untuk mengambil pendapat mereka yang tidak sesuai dengan dalil:

✅ (1)- Imam Abu Hanifah -rahimahullaah– berkata: “Tidak halal bagi seseorang untuk mengambil perkataan kami selama ia belum mengetahui dari mana kami mengambilnya.” Beliau -rahimahullaah- juga berkata: “Apabila suatu hadits itu shahih, itulah madzhabku.”
✅ (2)- Imam Malik bin Anas -rahimahullaah- berkata: “Sesungguhnya aku hanya manusia biasa, terkadang aku benar dan terkadang aku salah; maka lihatlah pendapatku, setiap pendapatku yang sesuai dengan Al-Kitab dan As-Sunnah, maka ambillah. Dan setiap yang tidak sesuai dengan Al-Kitab dan As-Sunnah, maka tinggalkanlah.
✅ (3)- Imam As-Syafi’i -rahimahullaah- berkata: “Setiap orang pasti terlewat dan luput darinya salah satu dari Sunnah Rasulullah -shallallaahu ‘alaihi wa sallam-. Apa pun pendapat yang aku katakan atau prinsip yang yang aku tetapkan, kemudian ada hadits dari Rasulullah -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- yang ternyata bertentangan dengan pendapatku, maka apa yang disabdakan Rasulullah -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- itulah yang diambil. Dan itulah pendapatku.”
✅ Beliau juga mengatakan: “Setiap yang aku ucapkan, namun ada hadits dari Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- yang shahih menyelisihi pendapatku, maka hadits Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- itulah yang lebih patut diikuti. Maka janganlah kalian taqlid kepadaku.”
✅ (4)- Imam Ahmad bin Hanbal -rahimahullaah- berkata: “Kalian tidak boleh taqlid kepada Malik, As-Syafi’i, Al-Auza’i, dan Ats-Tsauri, tetapi ambillah dari mana mereka mengambil (Al-Qur’an & As-Sunnah).”

[Lihat: “Mulia Manhaj Salaf” (hlm. 304-305- cet. ke-12)]

(Lanjut ke halaman2)