Hadits Arbain #08: Mengajak Bersyahadat, Shalat, Terpeliharanya Darah dan Harta Seorang Muslim 

Alhamdulillah

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

••

1.Haramnya Darah, Harta, dan Kehormatan Seorang Muslim

2. Terpeliharanya Darah Seorang Muslim –

3. Syarat-Syarat Diterimanya Dua Kalimat Syahadat

4. Hak Sesama Muslim

5.Mari Berdakwah Tauhid

6.Jangan Jadikan Terkenal Sebagai Cita-Cita

7. Tidak Menjalankan Agama Dengan Alasan “Saya Masih Lemah”

Hadits Arbain #08-Ust Firanda Andirja

Ust. Rof’i S-Pembahasan Hadist Arbain Hadist Ke 8

Haramnya Darah Seorang Muslim” Oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas

Hadits 8-Meninggalkan Shalat dan.Zakat(M. Abduh Tuasikal)

Hak Seorang Muslim Hadist 8-Ust Abu Ubaidah

Hak Seorang Muslim-Ust Aris Munandar

Janganlah Kalian Memakan Harta Sesama Kalian dengan Cara yang Bathil-Abdurrazaq Abdul Muhsin al-’Ibbad Al-Badr

Dakwah kepada Syahadat La Ilaha Illallah” -Syaikh Abdurrazaq bin Abdil Muhsin Al-Abbad Al-Badr

Syarah Hadist Arbain An-Nawawi Ke-8(Mizan Qudsiyah) sesi2

Kumpulan ebook

Hadist Arbain An-Nawawi.

40 Hadist Arbain An Nawawi

Arba’in Nawawi

Hak Seorang Muslim Atas Muslim Lainnya

Menghormati Orang Lain

a. Hadits Arba’in & terjemah

b. Tsalatsatul Ushul & terjemah

c. Kaidah Dasar Islam

Sakitmu, Ladang Pahala

Nilai-Nilai al-Quran dan as-Sunnah terkait Inflasi (Kenaikan Harga)

Janganlah melupakan kebaikan di antara kalian

Ketetapan Allah adalah Yang Terbaik

20 Tips Bersabar

Bertutur katalah yang baik

Ibadah, Antara Ditampakkan dan Dirahasiakan

Bagaimana Allah Memuliakan Manusia

Kiat-Kiat Agar Bisa Qana’ah

Pedoman-Pedoman Tauhid

20 Kaidah Paham Riba

Fikih Ringkas Zakat Properti

Dasar-Dasar Akidah dan Fikih untuk Anak

Berinteraksi dengan Perintah Allah

Prinsip-Prinsip Penting dalam Kehidupan

Kewajiban Menuntut Ilmu Agama

==

  • Hadits Arbain #08: Mengajak Bersyahadat, Shalat, Terpeliharanya Darah dan Harta Seorang Muslim

Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada.Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:

Berikut pembahasan tentang Hadits Arbain,semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat, Allahumma aamin .

===

  • Terpeliharanya Darah dan Harta Seorang Muslim

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ، فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا  مِنِّي دِمَاءَهُمْ وَأَمْوَالَـهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ [رواه البخاري ومسلم ]

Dari Ibnu Umar radhiallahuanhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga mereka bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan, mendirikan shalat dan menunaikan zakat. Jika mereka melakukan hal itu, maka darah dan harta mereka akan dilindungi kecuali dengan hak Islam dan hisab mereka diserahkan kepada Allah Azza wa Jalla.”   (HR. Bukhari dan Muslim)

  • ➡ Kandungan hadits:

1.     Syarat dihukumi sebagai seorang muslim adalah mengucapkan dua kalimat syahadat.

2.     Tidak dihentikan peperangan dengan orang-orang musyrik kecuali jika diucapkan keduanya (dua kalimat syahadat). Adapun Ahli Kitab, maka mereka diperangi sampai memilih di antara dua pilihan terakhir; masuk Islam atau membayar jizyah (pajak) karena nash-nash menunjukkan demikian.

3.     Diperanginya orang yang meninggalkan shalat dan zakat.

4.     (Dengan) Islam terjaga darah dan harta, demikian pula kehormatan.

5.     Hukum-hukum diberlakukan sesuai zhahirnya, dan Allah Subhaanahu wa Ta’aala yang mengurus terhadap hal yang rahasia.

6.     Keutamaan jihad dan memerangi orang-orang kafir. Dan bahwa jihad terbagi dua; jihad thalab (menuntut masuk Islam) dan jihad difa’ (membela diri).

7.     Diberlakukan hukuman kepada orang yang mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan shalat dan menunaikan zakat dengan hak-hak Islam berupa qishas, had, menanggung barang yang rusak, dsb.

Bersambung…

Wallahu a’lam, wa shallallahu ‘alaa nabiyyinaa Muhammad wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.

Marwan bin Musa

===

  • Pentingnya syahadat, shalat, dan zakat ditandai dengan hendak diperangi jika tidak melakukan tiga hal tersebut.

ﺍﻟﺤَﺪِﻳْﺚُ ﺍﻟﺜَّﺎﻣِﻦُﻋَﻦْ ﺍﺑْﻦِ ﻋُﻤَﺮَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : ﺃُﻣِﺮْﺕُ ﺃَﻥْ ﺃُﻗَﺎﺗِﻞَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﺸْﻬَﺪُﻭﺍ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُﻭَﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪﺍً ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻭَﻳُﻘِﻴْﻤُﻮﺍ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓَ ﻭَﻳُﺆْﺗُﻮﺍ ﺍﻟﺰَّﻛﺎَﺓَ، ﻓَﺈِﺫَﺍﻓَﻌَﻠُﻮﺍ ﺫَﻟِﻚَ ﻋَﺼَﻤُﻮﺍ ﻣِﻨِّﻲ ﺩِﻣَﺎﺀَﻫُﻢْ ﻭَﺃَﻣْﻮَﺍﻟَـﻬُﻢْ ﺇِﻻَّ ﺑِﺤَﻖِّ ﺍﻹِﺳْﻼَﻡِﻭَﺣِﺴَﺎﺑُﻬُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟﻰَﺭَﻭَﺍﻩُ ﺍﻟﺒُﺨَﺎﺭِﻱُّ ﻭَﻣُﺴْﻠِﻢٌ .

➡ Hadits Kedelapan

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga merekanbersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berkah untuk diibadahi kecuali Allah, dan Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka telah melakukan hal itu, akan terjagalah darah-darah dan harta-harta mereka dariku, kecuali dengan hak Islam, sedangkan perhitungan mereka diserahkan kepada Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 25 dan Muslim, no.21]

➡ Penjelasan Hadits:

“Aku diperintahkan ”, maksudnya adalah, bahwa Allahlah yang telah memerintah beliau, beliau tidak menyebutkan subyeknya, karena hal itu telah dimaklumi, karena yang memerintahkan dan yang melarang beliau hanyalah Allah.

Memerangi manusia hingga mereka bersaksi”, bukan yang dimaksud adalah membunuh non-muslim. Karena kita diperintahkan untuk berbuat baik kepada ahli dzimmah dan memberikan jaminan keamanan kepada mereka.

Hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yangnberkah untuk diibadahi kecuali Allah” , ini cukup mengakui mengenalnya. Persaksian yang dimaksud cukup persaksian pada lisan, sedangkan urusan hati hanyalah diketahui oleh Allah.

  • Faedah Hadits:

Pertama : Yang dimaksud bersyahadat adalah mengakui dua kalimat syahadat bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah utusan Allah. Bukan yang dimaksud membangun keimanan dari penelitian dan keraguan terlebih dahulu. Sehingga imannya orang yang sekedar taklid tetap sah

Kedua: Harus meyakini dua kalimat syahadat dengan yakin, tidak cukup dengan keragu-raguan.

✅ Ketiga: Hadits ini menunjukkan agungnya shalat karena shalat merupakan rukun pokok dari rukun Islam yang ada. Begitu juga hadits ini menunjukkan agungnya zakat.

Keempat: Imam Ahmad berpandangan dengan hadits ini bahwa meninggalkan shalat itu kafir, hal ini berbeda dengan pendapat jumhur (kebanyakan) ulama.

Para sahabat dan tabi’in menganggap meninggalkan shalat amat berbahaya bahkan mereka mengatakan orang yang tidak shalat bukanlah muslim.

Ibnu Zanjawaih mengatakan, ” ’Amr bin Ar Robi’ telah menceritakan pada kami, (dia berkata) Yahya bin Ayyub telah menceritakan kepada kami, (dia berkata) dari Yunus, (dia berkata) dari Ibnu Syihab, beliau berkata,” ’Ubaid bin Abdillah bin ‘Utbah (berkata) bahwa Abdullah bin Abbas mengabarkannya, ”Dia mendatangi Umar bin Al Khoththob ketika beliau ditikam (dibunuh) di masjid. Lalu Ibnu Abbas berkata, ”Aku dan beberapa orang di masjid membawanya (Umar) ke rumahnya.”

✅ Ibnu Abbas berkata, ”Lalu Abdurrahman bin ‘Auf diperintahkan untuk mengimami para jama’ah.”

Kemudian beliau berkata lagi, ”Tatkala kami menemui Umar di rumahnya, maut hampir menghampirinya. Beliau tetap dalam keadaan tidak sadar hingga semakin parah. Lalu (tiba-tiba) beliau sadar dan mengatakan, ”Apakah orang-orang sudah melaksanakan shalat?”

✅ Ibnu Abbas berkata, ”Kami menjawab, iya sudah.”

Lalu Umar mengatakan,

ﻻَ ﺇِﺳْﻼَﻡَ ﻟِﻤَﻦْ ﺗَﺮَﻙَ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓَ

Orang yang meninggalkan shalat bukanlah muslim.”

✅ Dari jalan yang lain, Umar berkata,

ﻭﻻَﺣَﻆَّ ﻓِﻲ ﺍﻻِﺳْﻼَﻡِ ﻟِﻤَﻦْ ﺗَﺮَﻙَ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓَ

Tidak ada bagian dalam Islam bagi orang yang meninggalkan shalat.” Lalu Umar meminta air wudhu, kemudian beliau berwudhu dan shalat. (Riwayat ini disebutkan oleh Ibnul Qayyim dalam Ash-Shalah, hlm. 41-42. Dikeluarkan oleh Malik, begitu juga diriwayatkan oleh Sa’ad dalam Ath-Thobaqot, Ibnu Abi.Syaibah dalam Al-Iman. Diriwayatkan pula oleh Ad-Daruquthniydalam sunannya, juga Ibnu ’Asakir. Hadits ini shahih,sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwa’ulGholil, no. 209)

Umar berkata seperti itu ketika banyak sahabat Nabi yang hadir. Mereka semua tidak mengingkari apa yang dikatakan oleh beliau.

Yahya bin Ma’in mengatakan, ”Dikatakan kepada Abdullah bin Al Mubarok, ’Orang-orang mengatakan: Barangsiapa tidak berpuasa (Ramadhan) dan tidak menunaikan shalat setelah mengakui (kewajibannya), maka dia adalah mu’min yang sempurna imannya.’ Lalu Abdullah bin Al Mubarok mengatakan, ’Kami tidaklah mengatakan seperti yang mereka katakan. Barangsiapa meninggalkan shalat dengan sengaja tanpa alasan sampai dia memasukkan satu waktu ke waktu lainnya, maka dia kafir’.
✅ Abu Abdillah Muhammad bin Nashr mengatakan, ”Aku mendengar Ishaq bin Rahawaih berkata, ’Telah shahih dari Nabi 
shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa meninggalkan shalat adalah kafir.” (Lihat Ash–Shalah wa Hukmu Tarikiha, hlm. 57)

Kelima:Dalam hadits ini disebut rukun Islam yang tiga yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan shalat, dan memunaikan zakat. Karena ketiga hal ini mesti ditunaikan segera mungkin. Sedangkan puasa jadi wajib ketika berjumpa bulan Ramadhan, begitu pula haji jadi wajib ketika bertemu dengan bulan haji dan ketika sudah mampu. Karena alasan inilah menurut Syaikh Sa’ad bin Nashir Asy-Syatsri penyebutan mengenai puasa dan haji masih bisa ditunda.

Keenam: Jika ada jama’ah yang menghalangi dari menunaikan shalat dan membayar zakat, maka imam boleh memeranginya..Ini cuma berlaku untuk imam (pemimpin), tidak berlaku pada rakyat.

Ketujuh: Siapa yang mengerjakan tiga perkara yang disebutkan dalam hadits di atas (syahadatain, shalat, dan zakat), maka tidak keluar dari agama Islam kecuali karena hak Islam seperti membunuh muslim lainnya tanpa jalan yang benar, begitu pula yang memberontak dari pemerintahan yang sah, juga yang sudah menikah lantas melakukan zina.

Kedelapan : Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah hamba karena beliau juga terkena perintah.

✅ Kesembilan: Perintah memerangi di sini dihukumi wajib sampai amalan yang disebutkan dalam hadits dilakukan. Hukumnya tidak mungkin sunnah karena masalah ini telah membolehkan sesuatu yang diharamkan. Sebab membolehkan sesuatu yang diharamkan, maka hukum tersebut menjadi wajib.

Contoh lainnya khitan pada laki-laki. Khitan berarti memotong sesuatu dari manusia. Padahal asalnya tidak boleh memotong sesuatu dari anggota tubuh manusia. Hal ini hanya dibolehkan untuk hukum wajib. Kesimpulannya, khitan dihukumi wajib

Kesepuluh: Jihad dihukumi fardhu kifayah, kadang dihukumi juga fardhu ‘ain. Namun tidak semua jihad itu dihukumi fardhu ‘ain mengingat firman Allah Ta’ala ,

ﻭَﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨُﻮﻥَ ﻟِﻴَﻨْﻔِﺮُﻭﺍ ﻛَﺎﻓَّﺔً ﻓَﻠَﻮْﻟَﺎ ﻧَﻔَﺮَ ﻣِﻦْ ﻛُﻞِّ ﻓِﺮْﻗَﺔٍ ﻣِﻨْﻬُﻢْﻃَﺎﺋِﻔَﺔٌ ﻟِﻴَﺘَﻔَﻘَّﻬُﻮﺍ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪِّﻳﻦِ ﻭَﻟِﻴُﻨْﺬِﺭُﻭﺍ ﻗَﻮْﻣَﻬُﻢْ ﺇِﺫَﺍ ﺭَﺟَﻌُﻮﺍ ﺇِﻟَﻴْﻬِﻢْﻟَﻌَﻠَّﻬُﻢْ ﻳَﺤْﺬَﺭُﻭﻥَ

Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara.mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan.mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya .” (QS. At-Taubah: 122)

Kesebelas: Wajib bersyahadat dengan hati dan lisan. Jika ia menampakkan dengan lisannya, dan kita tidak mengetahui isi hatinya, maka cukup dihukumi secara lahiriyah. Adapun rahasiahatinya diserahkan kepada Allah. Wajib kita menahan dirisampai ia menyelisihi apa yang nampak.

Keduabelas: Tidak cukup seseorang beribadah kepada Allah semata sampai ia menafikan pula segala sesembahan selain Allah. Karena dalam kalimat laa ilaha illallah terdapat nafi (penafian) dan itsbat (penetapan), yaitu menafikan segala sesembahan selain Allah dan hanya menetapkan Allah sebagai satu-satunya yang disembah.

✅ Ketigabelas: Syahadat Muhammad adalah utusan Allah punya konsekuensi seperti yang dinyatakan oleh Syaikh Muhammad.bin ‘Abdul Wahhab rahimahullah dalam kitabnya Tsalatsatul Ushul,

ﻃَﺎﻋَﺘُﻪُ ﻓِﻴﻤَﺎ ﺃَﻣَﺮَ

ﻭَﺗَﺼْﺪِﻳﻘُﻪُ ﻓِﻴﻤَﺎ ﺃَﺧْﺒَﺮَ

ﻭﺍﺟْﺘِﻨَﺎﺏُ ﻣَﺎ ﻧَﻬَﻰ ﻋَﻨْﻪُ ﻭَﺯَﺟَﺮَ

ﻭﺃَﻻ ﻳُﻌْﺒَﺪَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺇِﻻ ﺑِﻤَﺎ ﺷَﺮَﻉَ

(1) mentaati perintahnya, (2) membenarkan setiap berita darinbeliau, (3) menjauhi segala yang dilarang, (4) menyembah Allah hanya boleh dengan syari’at beliau.

Keempatbelas: Hisab makhluk diserahkan kepada Allah. Tugas Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya menyampaikan.

Wallahu waliyyut taufiq. Hanya Allah yang memberi hidayah

➡ Referensi:

1. Ash-Shalah wa Hukmu Tarikiha. Cetakan pertama, tahun1426 H. Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Penerbit Dar Al-ImamAhmad.

2. Syarh Al-Arba’in An-Nawawiyyah Al-Mukhtashar .Cetakan pertama, Tahun 1431 H. Syaikh Dr. Sa’ad bin NashirAsy-Syatsri. Penerbit Dar Kunuz Isybiliya.

3. Syarh Al-Arba’in An-Nawawiyah Al-Mukhtashar . Cetakanketiga, Tahun 1425 H. Syaikh Muhammad bin ShalihAl-‘Utsaimin. Penerbit Dar Ats-Tsuraya.

Rumaysho.com

==(lanjut ke Halaman 2)