Kapan Makmum Mengikuti Gerakan Imam? dan Apakah Batal, Bila Makmum Mendahului Imamnya?

Alhamdulillah

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

••

 1.Imam Shalat Terburu-buru, Apakah Shalat Di Rumah Saja Berjamaah Bersama Saudara Perempuannya?

2.Telat Mengikuti Gerakan Imam

3.Apa Hukum Mengikuti Imam Dalam Ijtihadiyyah? |

4.Jikalau Bacaan Makmum Belum Selesai |

5.Mendahului Imam Membatalkan Shalat

6.Hukum Mendahului Gerakan Imam Dalam Shalat –

7.Jika Imam Qunut Subuh Apakah Makmum Harus Ikut Qunut

•••

Larangan Mendahului Imam Saat Shalat Berjama’ah-Syaikh ‘Abdurrazzaq bin Abdil Muhsin Al-Badr

Cara Mengikuti Imam-Ust M.Abduh Tuasikal

Kesalahan Makmum Mendahului atau Menyamai Gerkan Imam-Ust Abu Ihsan Al Atsary

Makmum Tidak Boleh Salam Sebelum ImamSelesai Salam-KonsultasiSyariah

••

Ebook

File Name: Koreksi Atas Kekeliruan Ibadah Sholat( : al-Qaulul Mubin fi Akhtha il Mushallin)Penulis : Mansyur bin Hasan bin Mahmud binSalman PDF 615 Halaman

Sifat Shalat Nabi Edisi Lengkap 3 Jilid Syaikh Al-Albani

  1. Jilid1:Jilid2Jilid3

Ebook Fiqh Bersuci dan Sholat Sesuai Tuntunan Nabi


==

Kapan Makmum Mengikuti Gerakan Imam? dan Apakah Batal, Bila Makmum Mendahului Imamnya?

Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada.Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:

Berikut pembahasan tentang, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat,

  • KAPAN MAKMUM MENGIKUTI GERAKAN IMAM?

Penulis melihat sebagian besar makmum, tergesa-gesa dalam mengikuti gerakan imamnya. Mereka sudah bergerak mengikuti imam, padahal imam belum selesai melakukan gerakannya.

Seperti ini jelas kurang afdhal , dan akan menjerumuskan makmum ke dalam tindakan mendahului gerakan imam, karena bisa jadi diabergerak setelah imam bergerak, tapi mendahului imam dalam menyelesaikan gerakannya.

Yang afdhal bagi seorang makmum adalah menunggu dahulu sampai imam menyelesaikan gerakannya, kemudian makmum baru memulai gerakannya untuk mengikuti imam. Hal ini ditunjukkan dalam banyak hadits, diantaranya sabda Nabi -shallallahu alaihiwasallam- berikut ini:

ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺟُﻌِﻞَ ﺍﻹِﻣَﺎﻡُ ﻟِﻴُﺆْﺗَﻢَّ ﺑِﻪِ، ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻛَﺒَّﺮَ ﻓَﻜَﺒِّﺮُﻭﺍ، ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺭَﻛَﻊَ ﻓَﺎﺭْﻛَﻌُﻮﺍ، ﻭَﺇِﺫَﺍﺭَﻓَﻊَ ﻓَﺎﺭْﻓَﻌُﻮﺍ، ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻗَﺎﻝَ: ﺳَﻤِﻊَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟِﻤَﻦْ ﺣَﻤِﺪَﻩُ، ﻓَﻘُﻮﻟُﻮﺍ: ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻭَﻟَﻚَﺍﻟﺤَﻤْﺪُ، ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺳَﺠَﺪَ ﻓَﺎﺳْﺠُﺪُﻭﺍ ‏[ ﺥ 805 ، ﻡ 411 ]

Sungguh tidaklah imam ditunjuk kecuali agar diikuti. Oleh karena itu, apabila dia telah bertakbir, maka bertakbirlah kalian. Apabila dia telah ruku’, maka ruku’lah kalian. Apabila dia telah mengangkat kepalanya, maka angkatlah kepala kalian. Apabila dia telah membaca ‘sami’allahu liman hamidah’, maka katakanlah ‘rabbana walakal hamd’. Apabila dia telah sujud, maka bersujudlah kalian”. [HR. Bukhari 805, dan Muslim 411].

✅ Dalam riwayat lain yang shahih, redaksinya seperti berikut ini:

ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺟُﻌِﻞَ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﻟِﻴُﺆْﺗَﻢَّ ﺑِﻪِ. ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻛَﺒَّﺮَ ﻓَﻜَﺒِّﺮُﻭﺍ، ﻭَﻟَﺎ ﺗُﻜَﺒِّﺮُﻭﺍ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﻜَﺒِّﺮَ.ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺭَﻛَﻊَ ﻓَﺎﺭْﻛَﻌُﻮﺍ، ﻭَﻟَﺎ ﺗَﺮْﻛَﻌُﻮﺍ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﺮْﻛَﻊَ، ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻗَﺎﻝَ: ﺳَﻤِﻊَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟِﻤَﻦْﺣَﻤِﺪَﻩُ، ﻓَﻘُﻮﻟُﻮﺍ : ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻭَﻟَﻚَ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ. ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺳَﺠَﺪَ ﻓَﺎﺳْﺠُﺪُﻭﺍ ﻭَﻟَﺎﺗَﺴْﺠُﺪُﻭﺍ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﺴْﺠُﺪَ

Sungguh tidaklah imam ditunjuk kecuali agar diikuti. Oleh karena itu, apabila dia telah bertakbir, maka bertakbirlah kalian! Jangan sampai kalian bertakbir, sampai dia bertakbir! Apabila dia telah ruku’, maka ruku’lah kalian! Jangan sampai kalian ruku’ sampai dia ruku’! Apabila dia telah membaca ‘sami’allahu liman hamidah’, maka katakanlah ‘rabbana walakal hamd’. Apabila dia telah sujud, maka bersujudlah kalian! Jangan sampai kalian bersujud sampai dia bersujud”. [HR. Bukhari 805, dan Muslim 411].

Sisi pengambilan dalilnya: bahwa Nabi -shallallahu alaihi wasallam- memerintahkan untuk mengikuti gerakan setelah imam sudah sempurna dalam melakukan gerakannya, baru kita mengikutinya.

✅ Imam Nawawi -rahimahullah- mengatakan ketika mensyarah hadits di atas:

ﻓﻴﻪ ﻭﺟﻮﺏ ﻣﺘﺎﺑﻌﺔ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﻹﻣﺎﻣﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﻭﺍﻟﻘﻴﺎﻡ ﻭﺍﻟﻘﻌﻮﺩﻭﺍﻟﺮﻛﻮﻉ ﻭﺍﻟﺴﺠﻮﺩ، ﻭﺃﻧﻪ ﻳﻔﻌﻠﻬﺎ ﺑﻌﺪ ﺍﻹﻣﺎﻡ. ﻓﻴﻜﺒﺮ ﺗﻜﺒﻴﺮﺓ ﺍﻹﺣﺮﺍﻡﺑﻌﺪ ﻓﺮﺍﻍ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻣﻨﻬﺎ، ﻓﺈﻥ ﺷﺮﻉ ﻓﻴﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﻓﺮﺍﻍ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻣﻨﻬﺎ ﻟﻢﺗﻨﻌﻘﺪ ﺻﻼﺗﻪ. ﻭﻳﺮﻛﻊ ﺑﻌﺪ ﺷﺮﻭﻉ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ ﻭﻗﺒﻞ ﺭﻓﻌﻪﻣﻨﻪ، ﻓﺈﻥ ﻗﺎﺭﻧﻪ ﺃﻭ ﺳﺒﻘﻪ ﻓﻘﺪ ﺃﺳﺎﺀ … ﻭﻛﺬﺍ ﺍﻟﺴﺠﻮﺩ. ﻭﻳﺴﻠﻢ ﺑﻌﺪﻓﺮﺍﻍ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻼﻡ، ﻓﺈﻥ ﺳﻠﻢ ﻗﺒﻠﻪ ﺑﻄﻠﺖ ﺻﻼﺗﻪ … ﻭﺇﻥ ﺳﻠﻢﻣﻌﻪ ﻻ ﻗﺒﻠﻪ ﻭﻻ ﺑﻌﺪﻩ ﻓﻘﺪ ﺃﺳﺎﺀ. ‏[ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻋﻠﻰ ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ4/132]

Dalam hadits ini ada (petunjuk) wajibnya makmum mengikuti imam dalam takbir, berdiri, duduk, ruku’, dan sujud. Dan makmum melakukan itu setelah imamnya. Maka makmum melakukan takbiratul ihram setelah selesainya imam dari takbiratul ihram. Jika makmum memulai takbiratul ihram sebelum imam selesai darinya; shalatnya tidak sah.

Makmum juga (hendaknya) ruku’ setelah imam melakukan ruku’ dan sebelum imam mengangkat kepalanya dari ruku’, apabila makmum berbarengan atau mendahului imamnya; maka dia telah berbuat buruk … Begitu juga dalam sujud. Makmum juga (hendaknya) bersalam setelah selesainya imam dari salam. Jika dia salam sebelum salamnya imam; maka shalatnya batal … Bila dia salam bersama imamnya, tidak sebelum dan tidak setelahnya; maka dia telah berbuat buruk”. [Syarh Nawawi Ala Shahih Muslim4/132].

✅ Dan inilah yang sesuai dengan praktek para sahabat di zaman dulu, sebagaimana disampaikan oleh Sahabat Bara’ -radhiallahu anhu-:

ﺃَﻧَّﻬُﻢْ ﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻳُﺼَﻠُّﻮﻥَ ﻣَﻊَ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺭَﻛَﻊَﺭَﻛَﻌُﻮﺍ، ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺭَﻓَﻊَ ﺭَﺃْﺳَﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺮُّﻛُﻮﻉِ ﻓَﻘَﺎﻝَ: ﺳَﻤِﻊَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻟِﻤَﻦْ ﺣَﻤِﺪَﻩُ؛ ﻟَﻢْﻧَﺰَﻝْ ﻗِﻴَﺎﻣًﺎ، ﺣَﺘَّﻰ ﻧَﺮَﺍﻩُ ﻗَﺪْ ﻭَﺿَﻊَ ﻭَﺟْﻬَﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﺛُﻢَّ ﻧَﺘَّﺒِﻌُﻪُ ‏[ﻡ474]

Sungguh para sahabat dahulu biasa shalat bersama Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam-. Jika beliau ruku’, maka mereka pun ruku’. Jika beliau mengangkat kepala dari ruku’ dan beliau membaca ‘sami’allahu liman hamidah’, maka kami masih terus berdiri, hingga kami melihat beliau benar-benar telah meletakkan wajahnya di bumi, kemudian kami baru mengikuti beliau”. [HR. Muslim: 474].

Hadits ini sangat jelas menunjukkan bahwa para sahabat dahulu -radhiallahu anhum- tidaklah bergerak untuk mengikuti gerakan Nabi -shallallahu alahi wasallam- dalam shalatnya, kecuali setelah beliau sempurna dalam melakukan gerakannya. Dan itulah yang sebaiknya kita lakukan, sebagaimana dilakukan oleh para sahabat.

Kesimpulannya : apabila kita melihat imam ruku’, maka afdhalnya kita tetap berdiri sampai imam ruku’ dalam keadaan sempurna, lalu kita segera ruku’ setelah itu. Begitu pula bila kita melihat imam sujud, maka afdhalnya kita tetap berdiri sampai imam sujud dalam keadaan sempurna, lalu segera sujud setelah itu. Begitu pula dalam gerakan-gerakan shalat lainnya.

Wallahu a’lam.

Demikian artikel ini ditulis, semoga bermanfaat dan Allah berkahi, amin.

MUSYAFFA AD DARINY

== ••• Lanjut Ke Halaman 2 •••