Rawatlah Keamanan Negeri Indonesia & Jangan Merusaknya dengan People Power ?

Alhamdulillah
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

==

3 Penyebab Kesengsaraan-Ustadz Dr.Syafiq Basalamah.webm
https://app.box.com/s/0js2aw6478qx6c6qeu8xur71t56cbmcl
7 Keutamaan Sahur Ramadhan-Ustadz Johan Saputra Salim.webm
https://app.box.com/s/ommfjujmhx9sxmy4h4n0xw7alvhcm6f1
Cara Tahu Allah Inginkan Kebaikan Untukmu-Ust.Anas Burhanuddin dan Muflih Safitra.webm
https://app.box.com/s/ywnktvsksgqmc7l8bv5ene2264dymbrl
Fiqih Puasa Kontemporer-Ustadz DR.Erwandi Tarmizi.mp3
https://app.box.com/s/jrnwcm2hw566mr8wmfiabmzoyvdh1qit
Ini Saatnya Umat Islam Berdo’a-Ust.Dr.Syafiq
Basalamah.webm
https://app.box.com/s/tbllqfkkyk7ygbqets92wpdkbwhb5qd6
Masa Mudamu Kau Habiskan Untuk Apa-Ust.Abdurrahman Thayyib.webm
https://app.box.com/s/hm0f9rbriao1c98100crfxazynpfnb3a
Nikmat Negeri Aman – Ustadz Harits Abu Naufal.mp3
https://app.box.com/s/v9jud7ruo40wdtkh0jigo03it1l66asm
Qadha Sholat _ Dr. Musyaffa Ad Dariny_ MA.mp3
https://app.box.com/s/mw9n8314m7541xwkya3zk0v3j8og0o4e
Serial Ramadhan (Adab Membaca Al-Qur’an)-Ustadz Ahmad Firdaus.webm
https://app.box.com/s/68r3zdlrx289e2l8o7xe1u88dw3kxqfo
Tata Cara Sholat yang Benar Sesuai Sunnah LENGKAP-Batasan Thumaninah Dalam Sujud.mp4
https://app.box.com/s/kwdq1jdcb9a4f19vt8qewmi91jyeri4d
Tata Cara Sholat yang Benar Sesuai Sunnah LENGKAP-Cara Duduk Diantara Dua Sujud Yang Benar.mp4
https://app.box.com/s/y9pjvza5qysuc13twxe5rk1c4sj91fdv 

==
Rawatlah Keamanan Negeri Indonesia & Jangan Merusaknya dengan People Power ?
Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada.Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:

Berikut pembahasan tentang, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat,

kunjungi blog di https://bit.ly/2L0zNlR

Ebook Islam https://bit.ly/2vjhBt1

Mp3 Kajian: https://bit.ly/2Vg2wqJ

Ebook Islam 2: https://bit.ly/2UBykBM

mp3 kajian sunnah 2: https://bit.ly/2DDAn2x

Gabung Grup Kajian Sunnah dan Bimbingan Islam: https://bit.ly/2IAuxmR

***

Rawatlah Keamanan Negeri Indonesia & Jangan Merusaknya dengan People Power ?

Abu Ubaidah As Sidawi

  • ➡ 1. Keutamaan Puasa

✅ Rasulullah pernah memberi kabar gembira kepada para sahabatnya dengan tibanya bulan Ramadhan. Dari Abu Hurairoh bahwasanya Nabi bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Alloh mewajibkan puasa atas kalian di dalamnya. Pada bulan ini dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu setan-setan. Di dalam bulan ini ada sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tercegah dari kebaikannya, maka sungguh dia tercegah untuk mendapatkannya. (HR.Ahmad 12/59, Nasai 4/129. Syaikh al-Albani berkata: “Hadits Shahih Lighairih”. Lihat Shahih at-Targhib 1/490, Tamamul Minnah hal.395 keduanya oleh al-Albani).

Mari kita manfaatkan kesempatan ini sebaiknya untuk memperbanyak amal shalih sebagai bekal akherat kita.

  • ➡ 2. Hakekat Puasa

Puasa bagi kebanyakan orang tak lebih dari sekedar menahan diri dari makan dan minum semata. Inilah puasa orang level awam.

Namun bagi orang yang level tinggi, puasa yg sesungguhnya lebih dari itu, yaitu menahan seluruh anggota tubuh dari dosa dan kemaksiatan.

عن أبي هريرة رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ليس الصيام من الأكل والشرب، إنما الصيام من اللغو والرفث.

✅ Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah bersabda: “Bukanlah puasa itu dari makan dan minum, tetapi puasa sesungguhnya adalah menahan diri dari ucapan kotor dan sia-sia”. (HR. Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan dishahihkan Al Hakim dan al Albani dalam Shahih Targhib wa Tarhib: 1082)

قَالَ جَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ : إِذَا صُمْتَ فَلْيَصُمْ سَمْعُكَ ، وَبَصَرُكَ ، وَلِسَانُكَ عَنِ الْكَذِبِ وَالْمَحَارِمِ ، وَدَعْ أَذَى الْخَادِمِ ، وَلْيَكُنْ عَلَيْكَ وَقَارٌ وَسَكِينَةٌ يَوْمَ صِيَامِكَ ، وَلَا تَجْعَلْ يَوْمَ فِطْرِكَ وَصَوْمِكَ سَوَاءً

Sahabat Jabir bin Abdillah berkata: “Jika engkau berpuasa, maka berpuasalah pendengaranmu dan pandanganmu serta lisanmu dari dusta dan dosa.Janganlah menyakiti pembantu. Hendaknya dirimu tenang dan berwibawa saat puasa. Dan jangan jadikan hari puasamu dan hari tidak puasamu sama saja”. (Al Mushonnaf kry Ibnu Abi Syaibah: 8973)

  • ➡ 3. Mahalnya Darah

Di bulan puasa ini kita diajarkan untuk ngegas dan ngerem. Ngegas dalam amal kebaikan dan Ngerem dari keharaman yang diantaranya adalah dari pertumpahan darah.

Imam Syathibi berkata dalam Al Muwafaqot 1/31: “Seluruh umat, bahkan semua agama bersepakat bahwa syari’at itu diletakkan guna menjaga lima kebutuhan pokok, yaitu agama, nyawa, kehormatan, harta dan nasab”.

فَإِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ وَأَعْرَاضَكُمْ حَرَامٌ عَلَيْكُمْ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا، فِي شَهْرِكُمْ هَذَا، فِي بَلَدِكُمْ هَذَا

Sesungguhnya darah-darah kalian, harta-harta kalian haram atas kalian seperti haramnya hari ini, di bulan ini, di negeri ini”. (HR. Muslim 3009)

Oleh karenanya, pembunuhan dalam Islam merupakan dosa besar bahkan paling besar setelah dosa syirik.

✅ Ingatlah sabda Nabi Muhammad :

لَزَوَالُ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا أَهْوَنُ عِنْدَ اللهِ مِنْ قَتْلِ الْمُسْلِمِ بِغَيْرِ حَقٍّ

Hilangnya dunia beserta isinya sungguh lebih ringan di sisi Allah daripada terbunuhnya seorang muslim dengan tidak benar”. (HR. Ibnu Majah (2668), Tirmidzi (1395), Nasai (3998) dengan sanad shohih).

Nabi pernah mengabarkan bahwa orang yg dibunuh nanti di hari kiamat akan membawa kepalanya dan kepala pembunuh sembari urat lehernya bersimbah darah, mengadu kepada pemilik arsy: ini adalah pembunuhku. Lalu Allah mengatakan kepada pembunuh: celaka dirimu dan menyeretnya ke neraka. (HR. Ath Thobroni dalam Al Kabir dan dishahihkan al Albani dalam As Shahihah: 2697)

Sahabat Utsman bin Affan tatkala dikepung oleh para pemberontak, Abu Hurairah mengatakan kepadanya: Apakah kita lawan mereka? . Beliau menjawab: “Sesungguhnya jika kamu membunuh satu nyawa mereka berarti kamu membunuh semua nyawa manusia”. (Diriwayatkan Said bin Manshur dan dishahihkan oleh Syeikh Shalih Al ‘Ushoimi dalam Al Ghurar Min Mauqufil Atsar)

Maka hendaknya semuanya untuk mengerem diri dari pertumpahan darah baik penguasa maupun rakyat, apalagi sekarang kita di bulan puasa.

  • ➡ 4. Nikmat Keamanan, Jangan merusaknya

Tidak ragu lagi bahwa keamanan merupakan kenikmatan besar dan kebutuhan primer bagi pribadi, masyarakat dan negara, bahkan keamanan bagi manusia lebih penting daripada kebutuhan pangan.

✅ Oleh karenanya, Nabi Ibrahim dalam do’anya lebih mendahulukan keamanan daripada pangan.

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: “Ya Tuhanku, Jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian”. (QS. Al-Baqarah: 126)

✅ Nabi bersabda:

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِيْ سِرْبِهِ، مُعَافَى فِيْ جَسَدِهِ، عِنْدَهُ قُوْتُ يَوْمِهِ، فَكَأنَّمَا حِيْزَتْ لَهُ الدُّنْيَا

Barangsiapa yang hidup secara aman perjalanannya, sehat badannya, memiliki makanan setiap harinya, maka seakan-akan terkumpul padanya nikmat dunia”.

Perhatikanlah, bagaimana keamanan lebih didahulukan daripada kebutuhan pangan, sebab mungkinkah seorang akan merasakan lezatnya makanana bila dia diselimuti oleh ketakutan dan kecemasan?!!.

✅ Maka tidak halal bagi seorang untuk mengusik keamanan yang sudah berjalan. nabi bersabda:

لاَ يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يُرَوِّعَ مُسْلِمًا

Tidak halal bagi seorang muslim untuk menakuti saudara muslim lainnya”. (HR. Abu Dawud 5004 dan Ahmad 23064 dengan sanad shohih, dishahihkan al-Albani dalam Ghoyatul Marom 447).

✅ Nabi juga bersabda:

مَنْ أَشَارَ إِلَى أَخِيهِ بِحَدِيدَةٍ فَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ تَلْعَنُهُ حَتَّى وَإِنْ كَانَ أَخَاهُ لأَبِيهِ وَأُمِّه

Barangsiapa yang mengisyaratkan kepada saudaranya dengan besi maka Malaikat akan melaknatnya sehingga dia meninggalkannya, sekalipun saudara satu bapak dan ibunya. (HR. Muslim: 2616)

Aduhai, kalau mengisyaratkan dengan senjata saja tidak boleh, maka bagaimana kiranya dengan yg lbh besar dari itu?!! Fikirkanlah!

Doa adalah kunci semua kebaikan di dunia dan akherat, sebagaimana dikatakan oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Al Washiyyatul Shughro hlm. 42.

✅ Muthorrif bin Abdillah Asy Syikhir berkata:

Saya merenungi tentang sumber kebaikan, ternyata kebaikan itu banyak, ada sholat dan puasa, ternyata semuanya di tangan Allah, dan engkau tidak mungkin meraih apa yg di sisi Allah kecuali dg meminta kepadaNya. Dari situlah aku faham bahwa sumber kebaikan adalah doa”. (Az-Zuhud: 1330 kry Ahmad

Dan termasuk keberkahan bulan Romadhan, Alloh memuliakan kita semua dengan jaminan terkabulkannya doa.

Keadaan berpuasa merupakan saat-saat waktu terkabulkannya doa.

✅ Hal ini diisyaratkan oleh Allah dalam Al Quran ketika menjelaskan hukum2 puasa:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يرشدون

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. Al Baqoroh: 186)

✅ Imam Ibnu Katsir berkomentar mengenai ayat ini:

وفي ذكره تعالى هذه الآية الباعثة على الدعاء، متخللة بين أحكام الصيام، إرشاد إلى الإجتهاد في الدعاء عند إكمال العدة، بل وعند كل فطر،

Penyebutan ayat ini yang berisi anjuran berdoa di tengah2 hukum tentang puasa, memberikan petunjuk agar bersemangat berdoa usai puasa, bahkan setiap berbuka”.

✅ Lebih tegas lagi, Rosululloh bersabda:

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ لاَ تُرَدُّ : دَعْوَةُ الوَالِدِ وَ دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَ دَعْوَةُ الْمُسَافِرِ

Tiga do’a yang tidak tertolak; do’a orang tua, do’a orang yang puasa dan do’a orang musafir (bepergian). (HR. Al-Baihaqi 3/345 dll. Dicantumkan oleh oleh al-Albani dalam Ash-Shahihah no.1797)

Maka pergunakanlah kesempatan berharga ini untuk banyak doa dengan penuh menghadirkan hati dan kemantapan. Janganlah sia-siakan waktu istimewa ini dengan hal-hal yang tiada guna, lebih-lebih saat akan berbuka puasa.

Dan secara khusus saya menghimbau kepada semuanya mari kita banyak berdoa kepada Allah di hari2 ini agar Allah menjaga stabilitas keamanan negeri ini dari segala fitnah dan kekacauan.

Dan tidak lupa mari kita berdoa kpd Allah agar memberikan kepada kita pemimpin yang amanah dan adil untuk negeri kita.

  • Optimislah dan jangan pesimis.

Orang yang yang merugi di bulan ini adalah adalah orang yang tidak yakin kalau doanya akan dikabulkan Allah dan tidak yakin dosanya akan diampuni Allah, karena sejatinya dia telah berburuk sangka kepada Allah

=

  • ➡ Tinggal tunggu komando ulama!”

… itulah salah satu frase yg akhir2 ini sering kita dengar. Selidik punya selidik ternyata bukan komando untuk mengantisipasi masjid2 di bulan Ramadhan yg semakin maju barisan shaf-nya tetapi komando untuk turun ke jalan menyikapi hasil pemilu yg dianggap tidak adil. Itulah jihad melawan kezaliman, begitu kata sebagian orang …

Sabar sobat! … sejak kapan jihad disyariatkan untuk memaksakan sebuah hasil coblosan pemilu? referensinya mana? Perhatikan sobat! Tawuran alias #PeoplePower akibat kisruh hasil pemilu itu lazim ditemukan di negara2 yg jauh dari nilai Islam. Kenya 2007: hasilnya lebih dari 2000 orang tewas dan ratusan ribu orang mengungsi menyusul ketidakpuasan pendukung Railia Odinga atas dugaan kecurangan petahana, Presiden Mwai Kibaki.

Terulang lagi Kenya 2017, meski tidak separah 2007 kali ini antara pendukung Odinga dan Presiden Uhuru Kenyatta. Ada lagi, di Rep. Demokratik Congo thn 2006 dan terulang lagi di thn 2018, di Zimbabwe 2018, Zambia 2008 dan lagi di 2016, Afrika Selatan 1994 dan 2014, Gabon 2016 … semua berbuah rusuh, tawuran, dan korban jiwa dan semuanya bukan negeri Islam. Jika demikian yg akan kita contoh, lalu dimana jihadnya?

Bagaimana dgn Aljazair? Baiklah … Aljazair memang mayoritas berpenduduk muslim, tapi buntut dari kisruh pemilu 1992 itu tetap saja kehancuran di pihak kaum muslimin, sehingga klaim atas jihad di Aljazair layak dipertanyakan. Lha iya, masak ada jihad yg tiada pertolongan Allah sehingga pengorbanan nyawa ratusan ribu kaum muslimin tak membawa perbaikan keadaan sampai hari ini?

Jadi, intinya inti adalah tak ada jihad dalam membela orang yg sedang berebut kekuasaan (urusan dunia) ….

-Katon Kurniawan-

=

  • PROKLAMASI DAN NIKMAT KEAMANAN NEGERI INI

Banyak di antara kita yang belum tahu, bahwa kemerdekaan kita diproklamirkan pada bulan Ramadhan, tepatnya pada tanggal 9 Ramadhan 1364 H.

Dari rumah di Jalan Pegangsaan yang dihibahkan oleh seorang saudagar keturunan Arab, Faradj Martak, Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta sebagai perwakilan bangsa kita mengumumkan kemerdekaan Indonesia dalam keadaan mereka berpuasa.

Nikmat kemerdekaan yang Allah ta’ala berikan kepada kita melalui perjuangan para pendahulu kita ini hendaknya kita syukuri dan kita jaga bersama.

Cukup sedih ketika mendengar seruan sebagian orang belakangan hari ini untuk mengadakan revolusi, people power atau yang semisalnya untuk secara inkonstitusional menggulingkan pemerintahan yang sah. Seakan-akan tidak sadar bahwa itu semua bisa memicu perpecahan, konflik, pertumpahan darah atau bahkan peperangan.

Belajarlah dari tragedi yang menimpa saudara-saudara kita di Timur Tengah. Hampir satu dasawarsa, perang dan konflik berdarah terjadi di negeri-negeri mereka karena revolusi.

Anak-anak menjadi yatim kehilangan orang tua mereka. Tempat tinggal mereka hancur. Mereka terusir, terpaksa tinggal di barak-barak pengungsian tanpa tahu kapan derita mereka akan berakhir.

Inginkah kita hal yang sama terjadi di negeri kita?

Indonesia adalah rumah kita bersama. Tegakah kita membakar dan menghancurkan rumah yang selama ini telah kita tinggali dengan penuh keamanan dan kedamaian?

Wira Mandiri Bachrun.

=

  • DAMAILAH Indonesiaku

Abu Ubaidah As Sidawi

➡ 1. Topik ini adalah kepentingan semua pihak baik miskin atau kaya, pria atau wanita, rakyat atau penguasa.

Seminar2 digelar, dialog2 kebangsaan diadakan demi mencari solusi problematika negeri.

➡ 2. Keamanan, kedamaian dan ketentraman adalah kebutuhan primer, bahkan lebih penting daripada makanan dan minuman.

➡ 3. Indonesia adalah negeri yg banyak mendapat nikmat Allah. Maka kita harus merawat keamanan, karena itu adalah kewajiban semuanya, bukan hanya penguasa. Siapapun yg ingin merusak keamanan dia harus dihukum dg keras.

➡ 4. Keamanan adalah anugerah Allah. Tidak ada cara untuk meraih keamanan kecuali dg cara yg dijelaskan oleh Allah dan rasulNya, bkn sekedar personil tentara dan alat canggih lainnya.

➡ 5. Setidaknya ada 10 point penting untuk menjaga stabilitas keamanan negara, yaitu:

1. Mengokohkan iman

2. Fokus ibadah kepada Allah

3. Doa

4. Menyerahkan urusan kpd Ulama tatkala fitnah melanda

5. Taat kepada pemimpin dan tidak memberontak mereka

6. Menyebarkan ilmu agama dan Sunnah

7. Memperkuat persaudaraan sesama umat Islam

8. Tidak menyakiti atau merusak

9. Bersyukur kpd Allah

10. Menegakkan hukum secara adil tanpa pilih kasih

=

  • People Power ?

Dimasa Al-Imam Ahmad saja yang nyaris seimbang kekuatan rakyat dengan pasukan penguasa dari sisi kuda, pedang, panah, tombak, perisai nya sama. Namun beliau tetap mengkhawatirkan tertumpahnya darah bagi kaum muslimin disaat kaum muslimin meminta pendapat kepada beliau untuk melakukan people power.

Saat ini tentu persenjataan aparat jauh dibandingkan dengan apa yang ada pada rakyat. Maka tumpahnya darah jauh lebih besar potensinya dibandingkan dengan masa beliau saat itu. Maka bersabar adalah kebaikan bahkan berbuah pahala serta dihapuskannya dosa kata para ulama kita.

Segala macam kedzaliman, maupun tidak ditegakkannya hukum Allah adalah tanggung jawab yang sangat besar mereka kelak disisi Allah. Kita mengingkarinya sebagai wujud keimanan kita, namun sebatas itu saja

-Abu Hanifah Jandriadi Yasin-

==

  • Tidak Adil, Faktor Kekacauan Negara

Abu Ubaidah As Sidawi

Ketika hukum tidak ditegakkan dengan adil, maka ini adalah faktor kehancuran bangsa dan negara.

✅ Rasulullah pernah bersabda:

فَإِنَّمَا أَهْلَكَ الَّذِينَ من قَبْلِكُمْ أَنَّهُمْ كَانُوْا إِذَا سَرَقَ فِيهِمْ الشَّرِيْفُ تَرَكُوْهُ وَإِذَا سَرَقَ فِيهِمْ الضَّعِيفُ أَقَامُوْا عَلَيْهِ الْحَدَّ. وَإِنِّي وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَوْ أَنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ مُحَمَّدٍ سَرَقَتْ لَقَطَعْتُ يَدَهَا.

Sesungguhnya faktor penyebab kehancuran orang-orang sebelum kalian adalah apabila orang yang bangsawan di antara mereka mencuri maka mereka dibiarkan (tidak dihukum), namun apabila yang mencuri adalah rakyat kecil (miskin) maka mereka langsung dihukum.Demi Dzat yang jiwaku di tanganNya (Allah), seandainya Fathimah putri Muhammad mencuri niscaya saya akan memotong tangannya. (Bukhori Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa jika pemerintah melakukan seperti ini yaitu tidak menegakkan hukum secara adil maka ini adalah faktor kehancuran negara dan bangsanya, sebagaimana Bani Israil hancur karena hal tersebut.(At Ta’liq Ala Siyasah Syariyyah karya Syeikh Ibnu Utsaimin).

==

Sifat Fitnah#

✅ 1. Ia terlihat indah di awalnya.

Sufyan bin Uyainah berkata dari Kholaf bin Hausyab: Dahulu mereka suka membawakan sya’ir ini di saat terjadi fitnah:

الحرب أول ما تكون فتية

perang (revolusi) itu di awalnya bagaikan gadis

تسعى بزينتها لكل جهول

yang memperlihatkan kecantikannya bagi orang yang bodoh

حتى إذا استعلت وشب ضرامها

Sehingga ketika fitnah telah menyala dan menjadi besar

ولت عجوزا غير ذات حليل

Ia berubah menjadi janda yang tua

شمطاء ينكر لونها وتغيرت

Rambutnya memutih dan warna kulitnya berubah

مكروهة للشم والتقبيل

baunya tak enak dan tidak enak dicium.

(Shahih Bukhari)

Fitnah di awalnya terlihat indah dan cantik, menggunakan nama nama yang indah atas nama amar ma’ruf nahi munkar atau lainnya. Sehingga orang orang yang tak berilmu tertipu dengannya.

  • ✅ 2. Fitnah menghilangkan akal lelaki yang cerdas.

Abdullah bin Mas’ud berkata: “Aku mengkhawatirkan fitnah atas kalian bagaikan asap. hati seseorang mati padanya sebagaimana mati badannya. (Kitab Fitan karya Nu’aim bin Hammad no 117)

Karena fitnah itu diberikan slogan slogan yang mentereng sehingga akalpun hilang dan yang berbicara adalah perasaan dan emosi.

  • ✅ 3. Ia amat cepat menjadi besar sehingga sulit dipadamkan.

Syaikhul Islam ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:

Fitnah apabila telah menyala membuat lemah orang orang yang berakal untuk mencegah orang orang yang lemah akalnya. (Minhajussunnah 4/343)

Maka berhati hatilah saudaraku dari fitnah..

Terutama bagi orang yang menyerukan revolusi dan pemberontakan..Jangan dahulukan perasaan dan emosi..Tanyalah para ulama kibaar sebelum bersikap..Lihatlah dengan hati yang bening dan ilmu yang dalam..Jangan korbankan darah kaum muslimin.. Salaf terdahulu berkata, “Penguasa yang zalim lebih baik dari kekacauan yang tak berujung.”

-Badrusalam-

==

  • Sikap salaf dizaman fitnah ~

➡ 1. Dahulu tatkala Sahabat Abu Musa al-‘Asy’ariy radhiyallahu ‘anhu menjumpai orang-orang berbuat bid’ah dzikir berjama’ah di kufah, beliau tidak langsung mengingkari mereka dengan lisannya, tapi beliau melaporkan apa yang beliau temui kepada sahabat Abdullah bin Mas’ud hingga sahabat Abdullah bin Mas’ud yang mengingkari mereka dengan lisan beliau.

➡ 2. Dahulu ketika pecah fitnah khawarij dizaman sahabt ‘Ali bin Abi Thalib, tidak semua sahabat langsung turun berdebat dengan khawarij, tetapi ‘Ali mengutus sahabat Ibnu Abbas untuk berdebat dengan khawarij hingga sebagian besar khawarij itu ruju’.

➡ 3. Dahulu ketika pecah fitnah perang shiffin, banyak sahabat terbunuh dalam fitnah itu, yang diutus berdiplomasi untuk mencari solusi hanya dua orang sahabat saja, yakni sahabat Amr bin al-‘Ash dari pihak Mu’awiyah bin Abi Sufyan, dan sahabat Abu Musa al-‘Asy’ariy dari pihak ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu.

➡ 4. Ketika pecah fitnah dizaman Imam Ahmad rahimahullah, tidak semua orang mengingkari kebid’ahan ahli bid’ah yang mengatakan alquran itu makhluq yang berada dibelakang khalifah, tetapi hanya Imaam Ahmad saja yang muncul kepermukaan, bahkan ada diantara ulama’ yang hidup dimasa itu menghindari fitnah dengan bertauriyah.

Adapun kita di zaman ini, tatkala muncul fitnah, kebanyakan diantara kita tampil berbantahan, tampil berijtihad, dan tampil terdepan terjun kedalam fitnah itu, akhirnya menjadi futur, dan keadaan semakin bertambah panas.

Kalaulah kita benar-benar mau meneladani sikap para salaf, pastilah kita lebih memilih banyak diam, dan menyerahkan urusan terkait fitnah itu pada ahlinya saja.

قال المزي رحمه الله:

ولو سكت من لا يدري لاستراح وأراح، وقل الخطأ، وكثر الصواب.

التهذيبب٣٦٢/٤

Berkata al-Mizzi rahimahullah:

Dan seandainya orang yang tidak tahu itu diam, pastilah ia telah beristirahat dan santai, dan sedikitlah kesalahan, dan banyaklah kebenaran.“[at-Tahdzib 4/362]

✅ Berkata as-Syaikh Shaalih al-Fauzaan hafizhahullah:

الفتن لا يتكلّم فيها إلاّ أهل العلم والبصيرة..إذا تكلّم الجُهّال في الفتن زادت الفتن…

Fitnah-fitnah itu tidaklah berbicara tentangnya kecuali ahli ilmu dan ahli bashirah (orang yang memiliki ketajaman mata hati dalam menimbang alhaq) saja, jika orang-orang jahil yang berbicara tentang fitnah, niscaya bertambahlah fitnah-fitnah”.

Sebetulnya ulama’ salaf kita telah menuntun kita untuk banyak diam dizaman-zaman fitnah, dan cukup ahli ilmu yang berbicara. Namun kasihan manusia di zaman kita ini, keilmuan mereka belumlah setara salaf yang kita sebutkan diatas namun tidak sedikit diantara mereka yang berani tampil dan muncul kepermukaan tatkala fitnah berkecamuk, akhirnya kemunculan mereka tidak memberi solusi, justeru semakin bertambah panas keadaan, karena ucapan demi ucapan yang terucapkan oleh mereka telah memancing pihak-pihak lawan diskusi mereka untuk emosi dan terprovokasi.

~ Salafiy sejati akan memilih banyak diam dari berbicara fitnah dizaman-zaman fitnah, dan mereka akan sibuk dengan ilmu dan menyerahkan rudud terkait fitnah pada ahlinya.

✅ ~ Berkata Umar bin ‘Abdil Aziz rahimahullah:

” رحم الله امرأ عرف قدر نفسه

Semoga Allah merahmati orang yang mengetahui kadar dirinya”.

~ Semoga Allah selamatkan ahlussunnah dizaman-zaman fitnah

-Hanafi Abu Abdillah Ahmad-

==

  • Aroma surga, Jihad 22 Mei 2019 (PEOPLE POWER)

Syakhuna Abul Hasan Al-Ma’ribi حفظه الله suatu hari pernah berkata di hadapan pelajar:

Jangan malas mendatangi majelis ilmu ( Masuk belajar ), karena mereka para penuntut ilmu yang terkena pemikiran khawarij disebabkan malas mendatangi majelis ilmu para ulama ( banyak bolos masuk belajar) “. ( Nasehat 1 tahun silam dI Daarul Hadist_Yaman )

✅ Akhi..

Ilmu adalah benteng segala kerusakan dan kesesatan, ia cahaya di atas cayahaya..

Hiduplah bersama ahli ilmu dan yang mencintainya. Setidaknya,saat engkau melangkah satu langkahan menuju penyimpangan,mereka tidak akan tinggal diam, namun akan menarik tanganmu dengan penuh cinta. Meski terkadang dengan cara yang engkau tidak menyukainya. Maka bersabarlah..

*Berhati-hati

Dari pemikira Syi’ah Rafidhah

dan Pemikiran Khawarij

Dua kelompok di atas, dalam goresan sejarahnya menggambarkan,seringkali haus darah manusia dengan nama ibadah kepada Allah.

Dua kelompok di atas menumpahkan darah kaum muslimin atas nama agama, di setiap darah yang mereka cucurkan dalam rangka taqarrub ilallah, dan itu yang dilakukan tokoh khawarij bernama Abdullah bin Muljam pembunuh sahabat mulia Ali bin Abi Thallib.Mereka memiliki semangat yang tinggi dalam beramal,namun malas belajar dan berpaling dari ulama.

✅ Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللَّهَ حَجَبَ التَّوْبَةَ عَنْ كُلِّ صَاحِبِ بِدْعَةٍ حَتَّى يَدَعَ بِدْعَتَهُ

Sesungguhnya Allah menutup taubat dari seorang pelaku bid’ah sampai ia meninggalkan bid’ahnya.” [HR. Ath-Thabrani dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, Shahihut Targhib: 54]

✅ Sungguh indah ucapan seorang tabiin..

قال وسمعت يحيى بن يمان يقول سمعت سفيان يقول : البدعة أحب إلى إبليس من المعصية المعصية يتاب منها والبدعة لا يتاب منها

Ali bin Ja’d mengatakan bahwa dia mendengar Yahya bin Yaman berkata bahwa dia mendengar Sufyan (ats Tsauri) berkata, “Bid’ah itu lebih disukai Iblis dibandingkan dengan maksiat biasa. Karena pelaku maksiat itu lebih mudah bertaubat. Sedangkan pelaku bid’ah itu sulit bertaubat” (Diriwayatkan oleh Ibnu Ja’d dalam Musnadnya no 1809 dan Ibnul Jauzi dalam Talbis Iblis hal 22)

Bersyukurlah karena Allah memberi hidayah kepada kita di atas Jalan Ahlussunnah. Kalau bukan karena hidayah Allah tentu kita dalam jalan kesesatan. Maka,jangan pernah bosan mendatangi majelis ilmu,karena ia benteng bagi diri dan keluarga kita.

Baarakallah fiikum..

✅ Catatan:

Kita tidak boleh bermudah-mudahan menuduh fulan adalah Khawarij. Karena menfonis seseorang kafir,ahlul bid’ah ataw khawarij tugas ahli ilmu,Membutuhkan ilmu Yang mendalam.

_______________

Abu Naayif

=

Harapan & Uneg-Uneg

Mengenai Kondisi Politik Kini

Bismillah. Melihat situasi politik akhir-akhir ini, izinkanlah kami menuangkan uneg-uneg kami yang menginginkan keamanan dan kedamaian negeri ini.

➡ 1. Kepada para penyelenggara Pemilu, hendaknya kalian takut kepada Allah, dan berani untuk jujur, adil dan amanah, jangan sekali-kali berbuat curang dan berkhianat, karena ketidakjujuran adalah sumber kerusakan & kekacauan.

Takutlah kepada Allah & jangan takut kepada selainNya. Ingatlah bahwa kalian semua akan berdiri dalam pengadilan Allah di akherat. Ingatlah bahwa dunia ini hanyalah sesaat.

➡ 2. Kepada pemerintah, aparat kepolisian, dan tentara Indonesia, hendaknya melaksanakan tugasnya untuk menjaga stabilitas keamanan negeri ini dan mengayomi rakyat dg penuh keikhlasan dan kesabaran.

Janganlah kalian menyalahgunakan wewenang yang dipikulkan di pundak kalian, sehingga ada satu nyawa yang hilang sia sia.

Ingatlah senjata yang dititipkan kepada kalian akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah.

Ingatlah bahwa Jabatan dan tahta dunia hanyalah sementara sedangkan akherat lah yang kekal nan abadi.

➡ 3. Kepada rakyat indonesia semuanya, hendaknya kita mengerem diri dari emosi dan tidak terpancing provokasi.

Janganlah gegabah dalam bertindak sehingga terjadi hal-hal yang akan kita tangisi dan sesali di kemudian hari.

Ingatlah bahwa kita sekarang di bulan suci yang mengajarkan kita untuk pandai mengendalikan diri. Sungguh, bersabar atas kedzaliman pemimpin jauh lebih baik daripada hilangnya nyawa dan tertumpahnya darah.

➡ 4. Untuk para elit, para tokoh, para ulama dan kyai, mari kita sejukkan suasana negeri dan jangan menyalakan api provokasi.

Marilah kita merangkul pemerintah, penyelenggara dan oposisi untuk duduk bersama menjaga kedamaian negeri.

➡ 5. Marilah kita sibukkan diri kita semua dengan banyak ibadah di bulan suci ini terutama doa. Marilah kita semua banyak berdoa kepada Allah agar menjaga negeri ini dari segala fitnah dan kerusakan, sebagaimana kita berdoa kepada Allah agar memilihkan pemimpin yang terbaik untuk kita.

Intinya, harapan saya kepada para pemerintah dan penyelenggara untuk menegakkan keadilan dan kejujuran dan kepada rakyat untuk bersabar dan tidak terprovokasi. Semua itu demi keamanan di negeri ini.

Ini hanyalah coretan dan goresan yang keluar dari hati tulus seorang hamba yang menginginkan kebaikan untuk negeri ini.

Abaikan tulisan ini jika anda tidak setuju dan share jika anda menyetujuinya.

** ~~~•~~~ (Lanjut ke Halaman 2) ~~~•~~~