Tragedi Akhir Zaman 

Alhamdulillah

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

••

fenomena_wisata_religi_ke_makam_wali_ustadz_harist_ abu_naufal.mp3
Part1:https://app.box.com/s/8s63swpohgf3nv0c1e41unac0p9zteeq
Part2:https://app.box.com/s/gmnuavgkey59v65yga6jur8eonmi1smw
Hukum_mengusap_dan_mencium_kuburan_Menurut_Ulama_Islam_Ustadz_Harist_Abu_Naufal.mp3
https://app.box.com/s/wb01ex61p51byhsg4zcv6fpnne894qwg
pandangan_para_ulama_islam_hukum_safar_ke_makam_wali_ustadz_harist_abu_naufal.mp3
https://app.box.com/s/h2csoxxetncwnte8ssu2xvgayo01n96b
pendapat_para_ulama_hukum_mengazankan_mayit_saat_di_kuburkan_ustadz_harist_abu_naufal.mp3
https://app.box.com/s/s5d5pjkzojtq0gpvs2xbf2fe5g1ce3om
13 Kemungkaran Hari Raya-Ust.Sofyan Chalid Ruray.webm
https://app.box.com/s/jgmp577fni3cn8vhx12b4jj6zqkz12cm
Bersihkah Hatiku Selepas Ramadhan-Ust SyafiqBasalamah.mp3
https://app.box.com/s/i4v6x79s0inwao6606vk1yqe8lv8o4r2
Jangan Tumpahkan Darah Kalian dan Darah Kaum Muslimin(Nasehat Imam Ahmad Bin Hambal-Ust.Sofyan ChalidRuray.webm
https://app.box.com/s/qzcgoqjr4bentmzh5wwliofvztyqspzv
Malam Lailatul Qadar-Ust.Ade Agustian.mp3
https://app.box.com/s/7i0ofuuoeuv9waivcy1tc8gerzdq189i
Serial Ramadhan Perintah Mencari Lailatul Qadar-Ust.AhmadFirdaus.mp3
https://app.box.com/s/z2a97mj90udrrpk2l6gqavrlr4p34v87
Serial Ramadhan Taubat Disisa Bulan Ramadhan-Ust.AhmadFirdaus.mp3
https://app.box.com/s/9cstqcgtwy68c6kqtue398q7835fuy8b
Tamasya ke Surga-Ust Ariful Bahri.mp3
https://app.box.com/s/4b3qqxe7kyo4rmob5uckfga9d5lxa3sg
 
••

Tanda-Tanda Kiamat Besar

Hari Kiamat Semakin Dekat 27Hlm

Kedahsyatan Setelah Kematian-Dr. Abu Hafizhah Irfan,MSI 50Hlm

Misteri Setelah Kematian-Dr. Abu Hafizhah Irfan,MSI 33Hlm

Dahsyatnya Hari Kiamat-Dr. Abu Hafizhah Irfan,MSI 60Hlm

Sebelum Datangnya PenyesalanYaitu Kematian-Dr. Abu Hafizhah Irfan,MSI 25Hlm

Iman Kepada Hari Akhir-Dr. Abu Hafizhah Irfan,MSI 77Hlm

Tragedi Akhir Zaman-22Hlm

Hari Kiamat Semakin Dekat

Al-Mahdi Akhir Zaman-12Hlm

Misteri Setelah Kematian-33Hlm

Fitnah Dajjal-21Hlm

Fitnah Akhir Zaman-22Hlm

Tanda-Tanda Kiamat

Bekal Terbaik Demi Menyongsong Kehidupan Akhirat-Hakam Bin Adil Zamo An Nuwairy 89Hlm

Harta Simpanan Berharga-Nashir bin Abdullah bin Dakhil Al Fuhaid-59Hlm

Beriman Kepada Hari Akhir dan Pengaruhnya Kepada Seorang Muslim-Abdullah bin Hamid 27Hlm

Hari Akhir-36Hlm

•••

Tragedi Akhir Zaman

Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada.Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:

Berikut pembahasan tentang, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat,

***

  • TRAGEDI AKHIR ZAMAN

Oleh : Abu Ghozie As Sundawie

Diantara bentuk mu’jizat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam adalah terjadinya beberapa peristiwa akhir zaman yang beliau kabarkan. Peristiwa tersebut ada yang sudah berlalu , ada yang sedang terjadi dan ada yang belum terjadi.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam telah mengabarkan tanda-tanda datangnya hari kiamat berupa munculnya berbagi macam tragedi atau fitnah besar, yang dengannya menjadi tersamarkan antara kebenaran dan kebatilan, sehingga iman menjadi goyah, keadaan seseorang beriman di pagi hari lalu berubah menjadi kafir pada di sore harinya, keadaan beriman pada sore hari lalu menjadi kafir pada pagi harinya. Senantiasa Fitnah-fitnah itu muncul dan datang silih berganti sampai datangnya hari kiamat.

✅ Dari Abu Musa Al Asy’ari radhiyallahu anhu ia berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :

إِنَّ بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ. يُصْبِحُ الرَّجُلُ فِيهَا مُؤْمِنًا وَيُمْسِي كَافِرًا، وَيُمْسِي مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا. الْقَاعِدُ فِيهَا خَيْرٌ مِنَ الْقَائِمِ، وَالْقَائِمُ فِيهَا خَيْرٌ مِنَ الْمَاشِي، وَالْمَاشِي فِيهَا خَيْرٌ مِنَ السَّاعِي. فَاكْسِرُوا قِسِيَّكُمْ، وَقَطِّعُوا أَوْتَارَكُمْ، وَاضْرِبُوا بِسُيُوفِكُمُ الْحِجَارَةَ، فَإِنْ دُخِلَ عَلَى أَحَدِكُمْ بَيْتَهُ، فَلْيَكُنْ كَخَيْرِ ابْنَيْ آدَمَ

Sesungguhnya menjelang datangnya hari Kiamat akan muncul banyak fitnah besar bagaikan malam yang gelap gulita, pada pagi hari seseorang dalam keadaan beriman, dan sorenya menjadi kafir, di sore hari seseorang dalam keadaan beriman, dan menjadi kafir di pagi harinya. Orang yang duduk saat itu lebih baik dari pada orang yang berdiri, orang yang berdiri saat itu lebih baik daripada yang berjalan, orang yang berjalan saat itu lebih baik daripada yang berlari. Maka patahkanlah busur busur kalian, putuskanlah tali tali busur kalian dan pukulkanlah pedang pedang kalian ke batu. Jika salah seorang kalian dimasukinya (fitnah), maka jadilah seperti salah seorang anak adam yang paling baik (habil)” (HR Ahmad : 19730, Abu Dawud : 4259).

Hikmah dengan adanya fitnah ini adalah sebagai bentuk ujian bagi para hamba Allah, siapa diantara mereka yang benar benar beriman dan siapa yang dusta imannya.

✅ Allah Ta’ala berfirman :

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا ءَامَنَّا وَهُمْ لاَ يُفْتَنُونَ وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

Alif laam miim. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : ‘Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi?. Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta”. (QS. Al-Ankabut : 1-3)

Diantara peristiwa peristiwa akhir zaman yang dikabarkan oleh Nabi a didalam hadits haditsnya adalah :

  • ➡ [1] Munculnya berbagai macam kesyirikan, kebid’ahan dan aliran sesat.

✅ Fenomena kesyrikan yang terjadi pada umat ini adalah merupakan tanda tanda kiamat, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam :

وَإِذَا وُضِعَ السَّيْفُ فِي أُمَّتِي لَمْ يُرْفَعْ عَنْهَا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَلْحَقَ قَبَائِلُ مِنْ أُمَّتِي بِالْمُشْرِكِينَ، وَحَتَّى تَعْبُدَ قَبَائِلُ مِنْ أُمَّتِي الْأَوْثَانَ

Dan jika pedang telah diletakan (mengalir darah) pada umatku, maka ia tidak akan pernah diangkat darinya sampai hari kiamat, dan tidak akan tiba hari kiamat hingga beberapa kabilah dari umatku mengikuti kaum Musyrikin, dan beberapa kabilah dari umatku MENYEMBAH BERHALA” (HR Abu Dawud : 4252)

✅ Sebagian besar munculnya berbagai fitnah yang menimpa kaum muslimin berupa penyimpangan dalam masalah agama seperti kebid’ahan adalah berasal dari arah timur dari arah keluarnya tanduk setan.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :

إِنَّ الْفِتْنَةَ تَجِيءُ مِنْ هَاهُنَا وَأَوْمَأَ بِيَدِهِ نَحْوَ الْمَشْرِقِ مِنْ حَيْثُ يَطْلُعُ قَرْنَا الشَّيْطَانِ وَأَنْتُمْ يَضْرِبُ بَعْضُكُمْ رِقَابَ بَعْضٍ

“Sesungguhnya fitnah (tragedy atau bencana) akan datang dari arah sini beliau menunjukkan tangannya ke arah timur di tempat munculnya dua tanduk syetan. Sedangkan kalian akan saling bunuh membunuh”. (HR Muslim : 2905)

✅ Ibnu Hajar -rahimahullah- berkata, “Fitnah yang pertama kali muncul sumbernya berasal dari arah timur, Fitnah itu sebagai sebab terjadinya perpecahan diantara kaum Muslimin, dan itulah diantara hal yang menyenangkan syaithan dan menjadikannya bergembira, demikian pula bid’ah bid’ah timbul dari arah itu” (Fathul Bari 13/47)

  • ➡ [2] Umat ini mengikuti prilaku umat sebelumnya.

Diantara fitnah besar yang menimpa umat ini adalah mereka mengikuti orang orang Yahudi dan Nasrani dalam gaya hidup mereka, berperangai dengan perangai mereka dan merasa kagum kepada mereka.

✅ Hal ini telah di kabarkan oleh Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- dalam sabdanya :

لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ دَخَلُوا فِي جُحْرِ ضَبٍّ لَاتَّبَعْتُمُوهُمْ قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ آلْيَهُودَ وَالنَّصَارَى قَالَ فَمَنْ

Sungguh kalian akan mengikuti orang orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta sehingga jika mereka masuk ke lobang biawak pun kalaian akan mengikutinya, kami bertanya Apakah yang dimaksud orang yahudi dan nasrani wahai Rasulullah ? beliau bersabda, “siapa lagi kalau bukan mereka” (HR Muslim : 2669)b

✅ Ibnu Bathal -rahimahullah- berkata, Nabi -shalallahu alaihi wasallam- memberitahukan bahwa umatnya akan mengikuti perkara perkara yang diada adakan (didalam agama), bid’ah bid’ah dan berbagai hawa nafsu, sebagaimana (perbuatan) itu terjadi pada umat umat sebelum mereka, dan beliau telah memberikan peringatan dalam banyak hadits bahwasanya manusia yang terakhir lebih jelek, dan kiamat tidak akan datang kecuali kepada orang orang yang jelek..” (Fatzhul Bari 13/301)

  • ➡ [3] Menyebarnya kebodohan dan dicabutnya ilmu agama.

Diantara tanda tanda kiamat, menyebarnya kebodohan dalam masalah agama.

✅ Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu ia berkata, ‘Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :

إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ: أَنْ يُرْفَعَ العِلْمُ وَيَثْبُتَ الجَهْلُ، وَيُشْرَبَ الخَمْرُ، وَيَظْهَرَ الزِّنَا

Sesungguhnya diantara tanda tanda kiamat adalah hilangnya ilmu dan tersebarnya kebodohan, meminum khamer dan terang terangan dalam berzina” (HR Bukhari : 80, Muslim : 2671).

✅ Demikianlah fitnah akan bermunculan apabila para ulama sudah tidak lagi dijadikan sebagai rujukan sebagaimana dalam hadits Abu Hurairah riwayat Ibnu Majah dan lain-lainnya,

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam bersabda :

سَيَأْتِيْ عَلَى النَّاسِ سَنَوَاتٌ خَدَّاعَاتٌ يُصَدَّقُ فِيْهَا الْكَاذِبُ وَيُكَذَّبُ فِيْهَا الصَّادِقُ وَيُؤْتَمَنُ فِيْهَا الْخَائِنُ وَيُخَوَّنُ فِيْهَا الْأَمِيْنُ وَيَنْطِقُ فِيْهَا الرُّوَيْبِضَةُ قِيْلَ وَمَا الرُّوَيْبِضَةُ قَالَ الرَّجُلُ التَّافِهُ يَتَكَلَّمُ فِيْ أَمْرِ الْعَامَّةِ

Akan datang kepada manusia tahun-tahun yang menipu, akan dipercaya/dibenarkan padanya orang yang berdusta dan dianggap dusta orang yang jujur, orang yang berkhianat dianggap amanah dan orang yang amanah dianggap berkhianat dan akan berbicara Ar-Ruwaibidhoh.Ditanyakan : “Siapakah Ar-Ruwaibidhoh itu ?”. Beliau berkata : “Orang yang bodoh berbicara dalam perkara umum”. (HR Ibnu Majah : 4036, As Shahihah : 1887 dan 2253, Shahihul Jaami’ : 3650).

✅ Sebab utamanya adalah karena banyak para ulama yang wafat, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- :

إِنَّ اللَّهَ لَا يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنْ الْعِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ حَتَّى إِذَا لَمْ يُبْقِ عَالِمًا اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالًا فَسُئِلُوا فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا

Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu secara langsung begitu saja dari para hamba, akan tetapi mencabut ilmu itu dengan cara mewafatkan para ulama, sehingga apabila tidak ada lagi orang alim, manusia menjadikan orang orang bodoh sebagai tokoh (panutan), lalu mereka ditanya, maka merekapun berfatwa tanpa ilmu, akhirnya sesat dan menyesatkan” (HR Bukhari : 100 dan Muslim : 2673)

Kemudian diantara tanda tanda dekatnya kiamat dan sebagai fitnah akhir zaman diantaranya :

  • ➡ [4] Banyak terjadi pembunuhan.

✅ Betapa murahnya nyawa seseorang diakhir zaman, berita kasus pembunuhan hampir terdengar setiap harinya, maka benarlah apa yang disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah -radhiyallahu anhu- , Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- bersabda :

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا تَذْهَبُ الدُّنْيَا حَتَّى يَأْتِيَ عَلَى النَّاسِ يَوْمٌ لَا يَدْرِي الْقَاتِلُ فِيمَ قَتَلَ وَلَا الْمَقْتُولُ فِيمَ قُتِلَ فَقِيلَ كَيْفَ يَكُونُ ذَلِكَ قَالَ الْهَرْجُ الْقَاتِلُ وَالْمَقْتُولُ فِي النَّارِ.

Demi Dzat yang jiwaku di Tangan-Nya, dunia ini tidak akan binasa kecuali setelah manusia mengalami suatu masa di mana pelaku pembunuhan tidak mengerti apa sebabnya ia membunuh dan orang yang terbunuh juga tidak mengerti apa sebabnya ia dibunuh.’ Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, “Bagaimana hal itu bisa terjadi ya Rasulullah?” Rasulullah menjawab, “Itulah pembunuhan, di mana orang yang membunuh dan orang yang di bunuh akan masuk neraka” (HR Muslim : 2908)

✅ Hal ini juga sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah -radhiyallahu anhu- , Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- bersabda :

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا تَذْهَبُ الدُّنْيَا حَتَّى يَأْتِيَ عَلَى النَّاسِ يَوْمٌ لَا يَدْرِي الْقَاتِلُ فِيمَ قَتَلَ وَلَا الْمَقْتُولُ فِيمَ قُتِلَ فَقِيلَ كَيْفَ يَكُونُ ذَلِكَ قَالَ الْهَرْجُ الْقَاتِلُ وَالْمَقْتُولُ فِي النَّارِ.

Demi Dzat yang jiwaku di Tangan-Nya, dunia ini tidak akan binasa kecuali setelah manusia mengalami suatu masa di mana pelaku pembunuhan tidak mengerti apa sebabnya ia membunuh dan orang yang terbunuh juga tidak mengerti apa sebabnya ia dibunuh.’ Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, “Bagaimana hal itu bisa terjadi ya Rasulullah?” Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- menjawab, “Itulah pembunuhan, di mana orang yang membunuh dan orang yang di bunuh akan masuk neraka” (HR Muslim : 2908)

✅ Dari Abu Musa Al Asy’ari -radhiyallahu anhu- Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- bersabda :

إِنَّ بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ الْهَرْجَ “. قَالُوا: وَمَا الْهَرْجُ؟ قَالَ: ” الْقَتْلُ “. قَالُوا: أَكْثَرُ مِمَّا نَقْتُلُ، إِنَّا لَنَقْتُلُ كُلَّ عَامٍ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ أَلْفًا، قَالَ: ” إِنَّهُ لَيْسَ بِقَتْلِكُمُ الْمُشْرِكِينَ، وَلَكِنْ قَتْلُ بَعْضِكُمْ بَعْضًا “، قَالُوا: وَمَعَنَا عُقُولُنَا يَوْمَئِذٍ؟ قَالَ: ” إِنَّهُ لَتُنْزَعُ عُقُولُ أَهْلِ ذَلِكَ الزَّمَانِ، وَيُخَلَّفُ لَهُ هَبَاءٌ مِنَ النَّاسِ، يَحْسِبُ أَكْثَرُهُمْ أَنَّهُمْ عَلَى شَيْءٍ، وَلَيْسُوا عَلَى شَيْءٍ

Sesungguhnya menjelang datangnya kiamat akan ada Al harj, Para Sahabat bertanya apakah Al harj itu ? Beliau menjawab, Pembunuhan. Mereka berkata, “lebih banyak daripada pembunuhan yang kita lakukan, sesungguhnya kita membunuh lebih dari 7000 dalam setahun”. Beliau bersabda, “hal itu bukanlah pembunuhan yang kalian lakukan terhadap kaum Musyrikinakan tetapi pembunuhan sebagian kalian dengan yang lainnya”. Mereka berkata, “Bukankah Kami memiliki akal saat itu?”. Beliau menjawab, “Sesungguhnya akan dicabut akal akal penduduk zaman itu dan digantikan dengan manusia manusia yang tidak berarti. Kebanyakan dari mereka mengira Bahwa mereka berada diatas kebenaran padahal mereka tidak berada diatas kebenaran” (HR Ahmad : 19492, Shahih Jaami’us Shaghir 2/193 No. 2043)

  • ➡ [5] Munculnya berbagai macam fitnah yang dipicu akibat dari merajalelanya kemaksiatan.

Bentuk bentuk kema’siatan yang disebutkan oleh Nabi -shalallahu alaihi wasallam- sebagai tanda tanda kiamat diantaranya, wanita berpakaian akan tetapi telanjang, merebaknya perzinaan, merajalelalnya alat alat musik, banyaknya peminum khamer, riba merajalela, kedzaliman para penguasa, mudah menyampaikan berita tanpa mau memastikan kebenarannya, serta diantara bentuk tanda tanda kiamat bermegah megah dan berlomba menghias masjid.

Adapun tanda tanda kiamat ditinjau dari segi penomena alam diantaranya, banyaknya jumlah wanita dibanding kaum laki laki, berdekatannya pasar, waktu terasa cepat, banyak hujan dan sedikit tumbuh tumbuhan.

✅ Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- bersabda :

بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ يَظْهَرُ الرِّبَا، وَالزِّنَا، وَالْخَمْرُ

Menjelang hari kiamat riba, zina dan homer (minuman keras) akan merajalela” (HR At Thabrani , Al Ausath no. 7695, dishahihkan syaikh Al Albani didalam As Shahihah : 3415)

✅ Dari Anas -radhiyallahu anhu- , Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- bersabda :

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَتَبَاهَى النَّاسُ فِي الْمَسَاجِدِ

.

Tidak akan terjadi kiamat sehingga manusia berbangga bangga dengan masjid” (HR Abu Dawud : 449, Shahihul Jami’ no. 5771).

Umar bin Al Khoththob -radhiyallahu anhu- pernah melarang menghiasi masjid karena hal itu bisa menghilangkan konsentrasi bagi orang yang melakukan shalat.

✅ Abu Sa’id -radhiyallahu anhu- berkata :

كَانَ سَقْفُ المَسْجِدِ مِنْ جَرِيدِ النَّخْلِ وَأَمَرَ عُمَرُ بِبِنَاءِ المَسْجِدِ وَقَالَ: أَكِنَّ النَّاسَ مِنَ المَطَرِ، وَإِيَّاكَ أَنْ تُحَمِّرَ أَوْ تُصَفِّرَ فَتَفْتِنَ النَّاسَ

Dahulu atap masjid terbuat dari pelepah kurma, lalu Umar y memerintahkan untuk membangun masjid dan berkata, “Lindungilah orang orang dari air hujan, dan janganlah kalian menghiasinya dengan warna merah atau warna kuning, sehingga orang orang terganggu dengannya”

✅ Anas bin Malik -radhiyallahu anhu- berkata :

يَتَبَاهَوْنَ بِهَا ثُمَّ لاَ يَعْمُرُونَهَا إِلَّا قَلِيلًا

Mereka saling bermegah megah denagan menghiasi Masjid, lalu tidak ada yang memakmurkannya kecuali sedikit”

✅ Ibnu ‘Abbas -radhiyallahu anhuma- berkata :

لَتُزَخْرِفُنَّهَا كَمَا زَخْرَفَتِ اليَهُودُ وَالنَّصَارَى

Niscaya kalian akan menghiasi Masjid kalian sebagaimana orang orang yahudi dan Nasrani melakukannya” (HR Bukhori : 446)

✅ Dari Abu ad-Darda -radhiyallahu anhuma – dia berkata :

إِذَا زَوَّقْتُمْ مَسَاجِدَكُمْ، وَحَلَّيْتُمْ مَصَاحِفَكُمْ، فَالدِّمَارُ عَلَيْكُمْ

Jika kalian menghiasi masjid masjid dan Mushaf kalian maka kehancuranlah yang akan menimpa kalian” (Shahih Jami’us Shaghir 1/220 no. 599, Syaikh Al Albani mengatakan Sanadnya hasan).

✅ Didalam kitab Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah disebutkan :

كَمَا يُكْرَهُ أَنْ يُكْتَبَ فِي الْقِبْلَةِ شَيْءٌ، أَوْ يُعَلَّقَ فِيهَا شَيْءٌ، لِأَنَّهُ يَشْغَل الْمُصَلِّيَ. وَيُكْرَهُ أَيْضًا تَزْوِيقُ الْمَسْجِدِ. قَال الإْمَامُ أَحْمَدُ: كَانُوا يَكْرَهُونَ أَنْ يَجْعَلُوا فِي الْقِبْلَةِ شَيْئًا، قَال الْبُهُوتِيُّ: حَتَّى الْمُصْحَفَ. قَال الْمَالِكِيَّةُ: يُكْرَهُ أَنْ يَتَعَمَّدَ جَعْل الْمُصْحَفِ فِي قِبْلَتِهِ لِيُصَلِّيَ إِلَيْهِ، أَمَّا إِذَا كَانَ هَذَا مَكَانُهُ الَّذِي يُعَلَّقُ فِيهِ فَإِنَّهُ لاَ يُكْرَهُ

Sebagaimana dibenci untuk menulisi sesuatu diarah Kiblat, atau digantungkan sesuatu padanya, karena hal itu akan mengganggu orang yang shalat, dan dibenci juga menghiasi Masjid. Imam Ahmad -rahimahullah-mereka (salafus shalih) membenci meletakan sesuatu di arah kiblat. Al Buhuti v berkata, “bahkan mushaf sekalipun. Madzhab Malikiyah berkata tentang masalah ini, dibenci untuk berpegang dengan menjadikan mushaf diarah kiblatnya untuk shalat menghadap kepadanya, adapaun kalau ini adalah tempatnya yang dikaitkan didalamnya maka sesungguhnya ia tidak dibenci”. (Mausu’ah Al Fiqhiyyah 27/113)

Diantara tanda tanda kecil kiamat lainnya yang disebutkan didalam hadits hadits yang shahih adalah :

  • ➡ [6] Banyak terjadi gempa bumi.

✅ Diriwayatkan dari Abu Hurairah -radhiyallahuyanhu- , Rasulullah a bersabda

:

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكْثُرَ الزَّلَازِلُ

Tidak akan tiba hari kiamat sehingga banyak terjadi gempa bumi” (HR Bukhari : 989, Ahmad : 10875).

  • ➡ [7] Banyak wanita berpakaian tapi telanjang.

✅ Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: [1] Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan [2] para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128)

  • ➡ [8] Orang orang hina diangkat sebagai pemimpin.

✅ Dari Hudzaifah Ibnul Yaman , Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- bersabda :

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَكُونَ أَسْعَدَ النَّاسِ بِالدُّنْيَا لُكَعُ ابْنُ لُكَعٍ

Tidak terjadi kiamat sehingga orang yang paling bahagia didunia adalah luka’ bin luka’ (orang orang pandir)”. (HR Ahmad 7/389)

✅ Dari Umar bin Al Khoththob -radhiyallahu anhu-Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- bersabda :

مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُغْلَبَ عَلَى الدُّنْيَا لُكَعُ بْنُ لُكَعٍ، فَخَيْرُ النَّاسِ يَوْمَئِذٍ مُؤْمِنٌ بَيْنَ كَرِيمَيْنِ

Diantara tanda tanda kiamat adalah orang orang bodoh menguasai dunia, maka manusia yang paling baik ketika itu adalah seorang mukmin diantara dua orang mulia”. (HR Thabrani , Al Ausat No 7316)

  • ➡ [9] Banyaknya berita hoax.

✅ Dai Ibnu Mas’ud -radhiyallahu anhu- ia berkata :

إِنَّ الشَّيْطَانَ لِيَتَمَثَّلُ فِي صُورَةِ الرَّجُلِ، فَيَأْتِي الْقَوْمَ، فَيُحَدِّثُهُمْ بِالْحَدِيثِ مِنَ الْكَذِبِ، فَيَتَفَرَّقُونَ، فَيَقُولُ الرَّجُلُ مِنْهُمْ: سَمِعْتُ رَجُلًا أَعْرِفُ وَجْهَهُ، وَلَا أَدْرِي مَا اسْمُهُ يُحَدِّثُ

Sesungguhnya syaithan menjelma dalam rupa seseorang, lalu dia mendatangi suatu kaum, dan menceritakan sebuah berita bohong, akhirnya mereka berselisih. Lalu sesorang dari mereka , Aku mendengar seseorang bercerita, Aku mengetahui wajahnya akan tetapi tidak mengetahui namanya” (Muqaddimah shahih Muslim 1/78, syarah An Nawawi)

Demikianlah diantara peristiwa diakhir zaman yang dikabarkan Nabi -shalallahu alaihi wasallam- .

••~~•• (LanJut ke Halaman 2) ••~~••