Siapa Bilang Semua Wanita Hanya Suka Madu dan Tidak Suka di Madu“dan Ketika Suamiku Diam-Diam Menikah Lagi

Alhamdulillah

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

••

Agar Hati Ikhlas Menerima Syariat Poligami-Ust.Rizal Yuliar Putrananda.mp3
Tanya Jawab – Polemik Poligami – Ustadz Abdullah Taslim 2Mb
Tanya Jawab_ Poligami – Ustadz Dr Firanda Andirja 1Mb
Syari_at Poligami-Ust Ahmad Zainuddin 1Mb
Ebook

Agar Suami Tak Berpoligami-Abu Azzam Abdillah
Taadud (Poligami)
Poligami Problem Atau Solusi?
Poligami Dihujat(Jawaban Rasional Bagi Para Penghujat Syariat dan Sunnah Poligami-Abu Salma al-Atsari
===

Pandangan Ulama Islam Tentang Sufi Tasawuf Part 4-Ustadz Harist Abu Naufal.mp3
https://app.box.com/s/ud9vejbanx6dytwdxcldy627ueogjcdz
Istiqomah Setelah Ramadhan-Ustadz Abdullah Taslim.mp3
https://app.box.com/s/yfsqozh5h2x4xkneb1kg6tti1rmkrcgo
Adab Di Hari Raya-Ust Ali Nur.mp3
https://app.box.com/s/pjtrji57zbygehlsixnt9268mlkcvqyz
Allah Al Halim Ustadz Firanda Andirja.mp3
https://app.box.com/s/f2ukyl3o7rixlf2rfqjj3kzrvhp2olc1
Bekal Ilmu Dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri-Ust.Muhammad Rofii.mp3
https://app.box.com/s/hgtttlc2yh7feqpk18cjr056j8hksri6
Renungan di Akhir Bulan Ramadhan-Ust.Ali Nur.mp3
https://app.box.com/s/2mqb6kxfuel6pwnqi2ggqofdea6v6n84
Serial Ramadhan Adab Shalat Idhul Fitri-Ust.Ahmad Firdaus.mp3
https://app.box.com/s/kq5lf0rlkrco7qmsh8kffhtxm256ett8
Serial Ramadhan Amalan Setelah Ramadhan-Ust.Ahmad Firdaus.mp3
https://app.box.com/s/od4yufm27n8p7f5p1q94xvbjzzcwqh0d
Ustadz Abdurrahman al Atsary-Beberapa Kesalahan Seputar 2 Hari Raya.mp3
https://app.box.com/s/38m43z32j7ip78gloc5zmcw3n3vdgjrj
Ustadz Abdurrahman al Atsary-Fiqih Seputar Hari Raya.mp3
https://app.box.com/s/3qstk37hbcgze7klkimrlewd0gtoz2l5  
===

➡ ”Siapa Bilang Semua Wanita Hanya Suka Madu dan Tidak Suka di Madu“

Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada.Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:

Berikut pembahasan tentang, semoga Allah.menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat,

Open Donasi,Sedekah,Waqaf,Infaq: https://bit.ly/2JIhYq3

kunjungi blog di https://bit.ly/2L0zNlR

Ebook Islam https://bit.ly/2vjhBt1

Mp3 Kajian: https://bit.ly/2Vg2wqJ

Ebook Islam 2: https://bit.ly/2UBykBM

mp3 kajian sunnah 2: https://bit.ly/2DDAn2x

Gabung Grup Kajian Sunnah dan Bimbingan Islam: https://bit.ly/2IAuxmR

===

  • ➡ ”Siapa Bilang Semua Wanita Hanya Suka Madu dan Tidak Suka di Madu

Pembicaraan tentang tema poligami adalah sebuah pembahasan yang sangat menarik, diantaranya pembicaraan tentang sebagian wanita yang siap, ridha bahkan mendukung suaminya untuk poligami. Yang jika kita mendengar sebagian dari kisah mereka menimbulkan kekaguman dari sikap yang mulia yang mereka perlihatkan. Jadi keliru kalau ada orang yang mengatakan “ mana ada wanita yang mau dimadu “, ternyata tidak sedikit wanita yang ridha, siap bahkan ada yang mendukung dan mencarikan suaminya istri lagi. Mungkin ada diantara kita yang bertanya-tanya masa sih ada wanita yang siap untuk di madu…?! alasan mereka kira-kira apa yah?

Insya Allah sebagian kisah-kisah dibawah ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan anda.

✅ Alangkah baiknya kita awali dengan sebuah kisah tentang istri Nabi Ibrahim Alaihis Sallam yang bernama Sarah yang ridha suaminya menikah lagi. ketika Sarah merasakan apa yang berkecamuk dihati Nabi Ibrahim yang menginginkan anak, karena setelah lama menikah dengannya mereka belum dikaruniakan anak. Akhirnya menikahlah Nabi Ibrahim dengan Hajar dan dari pernikahan itu lahirlah seorang anak yang bernama Ismail. Lihatlah bagaimana keridhaan Sarah yang menerima kehadiran  istri yang lain disamping suaminya.

✅ Lalu mari kita beranjak pada sebuah kisah tentang istri-istri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Salah seorang istri Rasulullah yang bernamaUmmu Habibah Binti Abi Sufyan Radhiyallahu ‘anha berkata : “Wahai Rasulullah, nikahilah saudaraku, putri Abu Sufyan.” Nabi bersabda : “Haah…, apakah engkau senang dengan hal itu?” Ummu Habibah berkata, “Ya, (agar) aku tidak bersendirian dengan dirimu. Sesungguhnya orang yang paling aku sukai untuk menemaniku dalam berbuat kebaikan adalah saudariku.” Nabi bersabda : “ Sesungguhnya yang demikian itu tidaklah halal bagiku…”(HR. Bukhari)

✅ Lihatlah wahai saudaraku, Istrinya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam Ummu Habibah  menawarkan Rasulullah untuk menikah lagi, yaitu dengan saudaranya agar saudaranya mendapatkan kebaikkan. Bahkan Ummu Habibah senang akan hal itu. Akan tetapi Rasulullah menjelaskan termasuk pernikahan yang dilarang adalah mengabungkan dua wanita saudara sekaligus.

✅ Dan lihatlah kisah istri-istri Rasulullah yang lainya yang ridha ketika Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menikah lagi, setelah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menikah lagi dengan wanita yang lain (istri yang baru saja dinikahi) para istri yang lama mendoakan keberkahan atas pernikahan tersebut.

Atau sebuah kisah salah seorang suami yang bertanya kepada istrinya,

Wahai istriku, apa yang membuat kamu mau untuk dipoligami.”

Istrinya menjawab, Karena Aku mencintai Allah, kemudian aku mencintai mas, aku ingin mas bahagia. Dan aku mencintai saudari-saudari  muslimah yang belum pada menikah.

Sang suamipun tertegun mendengar jawaban sang istri. Yang tidak dia sangka akan menjawab dengan jawaban seperti itu.

➡ Atau sebuah kisah salah seorang ummahat yang tinggal didaerah jakarta, lagi asyik bebicara dengan salah seorang ummahat yang lain tentang tema poligami, sampai pada perkataannya, Iya nih Umm ana juga kemarin berusaha mencarikan untuk suami ana, dan sudah ada yang mau, awalnya akhwat ini mau  tapi terakhir di menggagallkannya karena alasan mai’syah (kerjaan). Padahal kami niatnya mau nolong akhwat (janda) tersebut.

Lihatlah wahai saudaraku bagaimana sikap mereka yang siap, ridha bahkan ada yang mendukung dan mencarikan untuk suaminya teman madu baginya. Dan dari kisah-kisah tersebut dan kisah-kisah yang lainnya kita bisa ambil pelajaran diantara sebab sebagian wanita menerima, siap dan ridha untuk dipoligami bahkan ada yang mendukung suaminya menikah lagi, diantaranya adalah :

  • ➡ 1. Ketundukkan mereka yang sempurna terhadap syariat Allah.

Kecintaan mereka kepada Allah yang membuat mereka menerima seluruh syari’at Allah, termasuk syari’at poligami.

Allah Ta’ala berfirman

فَانكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلاثَ وَرُبَاعَ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَة

Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja. “ (Qs. An Nisa’ : 3)

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالًا مُبِينًا

Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. dan Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya Maka sungguhlah Dia telah sesat, sesat yang nyata.”(Qs. al-Ahdzab : 36)

  • ➡ 2.Mencintai suami dan mengingnkan kebahagiannya.

✅ Sebagian istri tahu terhadap kebutuhan sang suami, baik itu yang berkaitan dengan dirinya, atau karena faktor istrinya, atau bukan karena faktor keduanya hanya saja agar suaminya lebih terjaga dari fitnah syahwat yang luar biasa dahsyatnya, dari kesadaran inilah sebagian wanita yang karena mencintai suaminya, ingin suaminya bahagia, tidak ingin suaminya jatuh keperbuatan maksiat yang membuat dirinya siap, ridha bahkan mendukung suaminya untuk poligami.

  • ➡ 3. Menginginkan saudarinya mendapatkan kebaikkan dari suaminya sehingga  dirinya siap, ridha dan mendukung untuk suaminya menikah lagi.

Agar temannya atau sahabatnya mendapatkan kebaikan sebagaiama yang ia dapatkan, dengan mempunyai suami, hidup bahagia bersama suami yang baik, dan dari  kebaikkan-kebaikkan yang lainnya.

  • ➡ 4. Kepedulian dan rasa tanggung jawab sebagian wanita, cintanya terhadap saudari-saudarinya yang belum pada menikah atau telat menikah atau terancam tidak pernah merasakan  indahnya pernikahan, atau kepada para janda yang  membuat dirinya tergerak untuk ridha, siap bahkan mendukung dan menganjurkan suaminya untuk poligami.
  • ➡ 6. Dikarenakan sebagian wanita ingin mencari solusi dari problema rumah tangganya, oleh karena itulah sebagian wanita ridha dan siap untuk dipoligami karena dia tahu poligami adalah solusi yang tebaik untuk problema rumah tangganya.

Dikrenakan misalnya istri tertimpa penyakit sehingga tidak bisa melayani suaminya  dengan baik, atau terkena penyakit kanker rahim sehingga diangkat rahimnya menyebabkan ia tidak bisa punya anak atau problema lainnya.

  • ➡ 7. Dikarenakan Sebagian wanita ingin ikut andil memperjuangkan agama Allah, diantaranya syariat poligami yang mulia ini, membuat mereka siap dan ridha bahkan mendukung dan membantu untuk mencarikan calon istri ke 2,3 dan ke 4 untuk suaminya.

Itu diantara hal-hal yang membuat sebagian wanita menerima, siap dan ridha kalau dirinya dimadu (dipoligami). Semoga Allah memperbanyak wanita shalihah yang tunduk terhadap syari’at Rabbnya termasuk syari’at poligami. Dan mengaruniakan kita istri shalihah.

.***

  • Ketika Suamiku Diam-Diam Menikah Lagi

Memang bukan menjadi syarat sang suami menikah lagi harus seijin istri, namun diantara bentuk muamalah yang baik sudah seyogyanya suami membicarakan tentang keinginannya untuk menikah lagi.  Disamping itu karena sebagian besar istri kaum muslimin tidak memahami syariat ini dengan baik sehingga tidak menutup kemungkinan melakukan tindakan yang akan membuat masalah ketika dirinya menikah lagi, seorang suami yang cerdik tentu akan memperhatikan segala sesuatu yang memungkinkan akan menjadi masalah dikemudian hari ketika dirinya berpoligami.

✅  “Lajnah Da’imah pernah ditanya dengan sebuah pertanyaan

مما لا شك به أن الإسلام أباح تعدد الزوجات، فهل على الزوج أن يطلب رضا زوجته الأولى قبل الزواج بالثانية؟.

Sesuatu yang tidak diragukan bahwa agama islam membolehkan laki-laki untuk menikah dengan poligami, apakah wajib bagi suami untuk meminta keridhaan istri pertamanya sebelum menikah untuk yang kedua?

➡ Maka di jawab:

ليس بفرض على الزوج إذا أراد أن يتزوج ثانية أن يرضي زوجته الأولى، لكن من مكارم الأخلاق وحسن العشرة أن يطيب خاطرها بما يخفف عنها الآلام التي هي من طبيعة النساء في مثل هذا الأمر، وذلك بالبشاشة وحسن اللقاء وجميل القول، وبما تيسر من المال إن احتاج الرضا إلى ذلك.

Bukan suatu kewajiban atas suami yang ingin menikah lagi untuk yang kedua, istri pertamanya harus ridha, tetapi diantara kebaikkan akhlak dan baiknya mua’malah dengan menghibur istrinya dengan apa yang dapat meringankan kesedihan darinya. Yang merupakan tabiat para wanita sedih dalam permasalahan seperti ini. Hal itu dilakukan dengan menampakan wajah yang beseri, pertemuaan yang menyenangkan, ucapan yang baik dan dengan apa yang yang dimudahakan dari harta jika dibutuhkan untuk mendapatkan ridhanya.”

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

(Fatwa Lajnah Da’imah, diketuai oleh Syaikh Ibnu Baaz:18/402)

•••~~~••• (Lanjut ke Halaman 2) •••~~~•••

Iklan