Pandangan Syariat tentang Ibadah di sisi Kubur
.

Alhamdulillah
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in
.••

Larangan Keras Beribadah kepada Allah diKuburan Shalihin-Ust.Sofyan Chalid RurayBag1Bag2


Ghuluw terhadap Kuburan Shalihin Menjadikan Berhala yang Disembah Ust.Sofyan Chalid Ruray


Perhatian Rasulullah terhadap Dakwah Tauhid dan Menutup Semua Pintu Kesyirikan Ust.Sofyan Chalid Ruray


Larangan Membangun Masjid Di Atas Kuburanoleh Al-Ustadz Abu Nasim Mukhtar


Larangan Membangun Masjid Di Atas Kuburanoleh Al-Ustadz Dzulqarnain M.Sunusi


16 Audio Bulughul Maram Bab Masjid-masjid-Ustadz Dzulqarnain M. Sunusi –


Larangan Keras Beribadah di Kuburan Ust Sofyan Chalid Ruray


Bahaya Ghuluw Terhadap Kuburan OrangShalih-Ust Sofyan Chalid Ruray


=…
Menyembah Kuburan Orang Shalih-Ust Firanda Andirja 11Mb
https://app.box.com/s/cfbato5pfd8k94b1j95jojb5zrjgr0c1
Ustadz Mizan Qudsiyah_Lc. – Fitnah Gulluw dan Kuburan 18Mb
https://app.box.com/s/6jpu6mco26qfp17i0f8229aqs6j2i4rv
Larangan Ibadah Di Kuburan Orang Shaleh-Ust Firanda Andirja 10Mb
https://app.box.com/s/20dfppry4ks83czz781ocue6ug121feo
Hukum Membangun Masjid Diatas Kuburan-Ust.Harits Abu Naufal.mp3
https://app.box.com/s/cbjls4sl2wl4e68atvnh9nly48vzhqjr
Berlebih-lebihan Terhadap Kuburan-Ust Harits Abu Naufal.mp3
https://app.box.com/s/s36az474vo77toovqtbpkv5sqbwjh8io
Pendapat Ulama Tentang Membaca Al-Quran di Kuburan-Ust Harits Abu Naufal.mp3
https://app.box.com/s/9d3vbelg94fpdwwxx18tg5kkymhj3pyz
Hukum Mengusap dan Mencium Kuburan-Ust Harits Abu Naufal.mp3
https://app.box.com/s/wb01ex61p51byhsg4zcv6fpnne894qwg
Fenomena Wisata Religi Ke Makam Wali-Ust Harits Abu Naufal.mp3
Bag1:https://app.box.com/s/8s63swpohgf3nv0c1e41unac0p9zteeq
Bag2:https://app.box.com/s/gmnuavgkey59v65yga6jur8eonmi1smw
Fitnah Kuburan-Ust Mizan Qudsiyah 11Mb
https://drive.google.com/file/d/1O5IndD8UQyyp0kx7aIIQDC91O5wFA0xo/view?usp=drivesdk
Kuburan yang Tidak Di Sukai Nabi-Ust Mizan Qudsiyah
https://drive.google.com/file/d/1I21lnTpZC2cTOhiqrui1m4NFl4Eb4bsy/view?usp=drivesd
Patutkah Kuburan Tempat Meminta-Ust.Mizan Qudsiyah
https://drive.google.com/file/d/10FmXkz6JTtqBF9ug42xt24m-GBYJMSM2/view?usp=drivesdk
Syirik Itu Sebesar2 Dosa-Ust Maududi Abdullah

=…


Hal hal yang diharamkan dilakukan di kuburanUstadz Qomar Suaidi


Kuburan Bukan Tempat Ibadah-Ust Badrusalam


Cari Aku di Kuburan [Ustadz Hasanal-Jaizy]


Larangan Beribadah kepada Allah di Sisi Kuburan Orang Shalih – Kitab Tauhid (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)


Penyimpangan-Penyimpangan seputarKubur – (Ustadz Arman Amri,Lc.)Bag1:Bag2


==
Ebook


Peringatan Penting Menggunakan Kuburan Sebagai Mesjid (Tahdzirus Sajid) Muhammad Nashiruddin Al-Albani 95Halaman


Pengakuan Mantan Pemuja Kubur-Abdul Mu’nim Al Jaddawi 44Hlm


Syubhat Para Pengkultus Kubur


Peringatan Keras Bagi Para Penyembah Kubur 


Menggunakan Kubur Sebagai Masjid


Antara Berhala dan Kuburan Wali


===  

  • Pandangan Syariat tentang Ibadah di sisi Kubur

.
Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada.Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:
Berikut pembahasan tentang, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat,
Open Donasi,Sedekah,Waqaf,Infaq: https://bit.ly/2JIhYq3
kunjungi blog di https://bit.ly/2L0zNlR
Ebook Islam https://bit.ly/2vjhBt1
Mp3 Kajian: https://bit.ly/2Vg2wqJ
Ebook Islam 2: https://bit.ly/2UBykBM
mp3 kajian sunnah 2: https://bit.ly/2DDAn2x
Gabung Grup Kajian Sunnah dan Bimbingan Islam: https://bit.ly/2IAuxmR
.==

  • Pandangan Syariat tentang Ibadah di sisi Kubur

.
Oleh : Ustadz Abdul Qodir Abu Fa’izah, Lc. _hafizhahullah_
.
✅ Beribadah kepada Allah merupakan perkara yang amat penting dan memiliki kedudukan tinggi.
.
‼ Karenanya, Allah dan Rasul-Nya menetapkan bahwa ibadah yang sah dan mendapatkan pahala adalah ibadah yang didasari oleh dua syarat : ikhlash dan mutaba’ah (mengikuti petunjuk Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam-).
.
✅ Jadi, ibadah bukanlah permainan atau sesuatu yang tak memiliki aturan!! Ibadah tidak hanya butuh keikhlasan niat dalam menunaikannya, tapi juga harus mutaba’ah (mengikuti sunnah atau petunjuk Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam-)!
.
Banyak orang yang ikhlas dalam beribadah kepada Allah, tapi caranya yang salah dan tidak mengikuti sunnah (petunjuk) Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam-, sehingga disana-sini sering kita menemukan praktek ibadah yang aneh dan asal-asalan.
.
✅ Mereka mengerjakannya dengan niat ikhlas, karena menginginkan pahala dan ridho Allah.

.
Tapi mereka kerjakan asal-asalan, dan keluar dari rel syariat Allah _tabaroka wa ta’ala_.
.
✅ Praktek ibadah asal-asalan ini banyak kita temukan di lapangan. Mereka rajin sholat, mengaji, berdizikir, dan lainnya. Hanya saja mereka salah dalam mengerjakan.

.
‼ Tengok saja kepada sebagian kaum muslimin yang jahil, ada diantara mereka khusyu’ sholat, dan mengaji, tapi cara dan prakteknya salah.
.
✅ Mereka sholat dan mengaji dengan penuh ketekunan di atas pusara dan kuburan orang-orang yang mereka anggap sebagai wali Allah atau orang shol
ih.
.
‼ Bahkan ada diantara mereka yang melakukan tirakatan (i’tikaf) dengan berdiam diri dan bermalam di kuburan Wali Songo.
.
✅ Anggaplah mereka ikhlas, tapi mereka salah dalam menunaikan ibadah!! Sebab mereka menyalahi Sunnah dalam hal kaifiah dan tata cara mengerjakanny
a.
.
‼ Di dalam Sunnah dijelaskan bahwa ibadah, seperti sholat, membaca Al-Qur’an, dzikir, nadzar, dan lainnya bukan dikerjakan di kuburan.
.
✅ Mereka datang kesana beribadah karena mereka meyakini bahwa mengharapkan berkah tempat atau pusara tersebut.
.
‼ Kebiasaan salah seperti ini amat laris di kalangan orang-orang yang jahil tentang agamanya.
.
Mereka meyakini  bahwa segala yang ada di sekitar tanah kuburan para nabi, wali atau orang sholih yang mereka datangi adalah tempat yang diberkahi, bahwa beribadah disitu tak sama nilainya dengan beribadah di tempat lainnya, walaupun itu di masjid!!
.
‼ Sungguh ini adalah kesalahan yang fatal!!!
.
Bukankah kita telah dilarang oleh Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- beribadah di kuburan, karena beliau mengkhawatirkan terjadinya pengkultusan dan penuhanan terhadap makhluk??! [Lihat At-Tamhid li Syarh Kitab At-Tauhid (hal. 252-253)]
.
➡ Perkara itu telah dilarang dan dikecam oleh Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- dan para sahabatnya
.
✅ Di dalam sebuah hadits, dari Ummul Mu’minin, A’isyah -radhiyallahu anha-, beliau berkata,
.
أَنَّ أُمَّ سَلَمَةَ ذَكَرَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَنِيسَةً رَأَتْهَا بِأَرْضِ الْحَبَشَةِ يُقَالُ لَهَا مَارِيَةُ فَذَكَرَتْ لَهُ مَا رَأَتْ فِيهَا مِنْ الصُّوَرِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُولَئِكَ قَوْمٌ إِذَا مَاتَ فِيهِمْ الْعَبْدُ الصَّالِحُ أَوْ الرَّجُلُ الصَّالِحُ بَنَوْا عَلَى قَبْرِهِ مَسْجِدًا وَصَوَّرُوا فِيهِ تِلْكَ الصُّوَرَ أُولَئِكَ شِرَارُ الْخَلْقِ عِنْدَ اللَّهِ
.
✅ “Ummu Salamah pernah menyebutkan kepada Rasulullah -Shallallahu alaihi wa sallam- tentang sebuah gereja yang ia lihat di negeri Habasyah. Gereja itu disebut dengan Gereja Mariyah.
.

✅ Kemudian Ummu Salamah menyebutkan kepada beliau sesuatu yang ia lihat di dalam gereja itu berupa gambar-gambar.
.
✅ Lantaran itu, Rasulullah -Shallallahu alaihi wa sallam- bersabda,
Mereka adalah kaum yang apabila ada hamba sholih atau orang sholih telah meninggal diantara mereka, maka mereka pun membangun di atas kuburannya suatu masjid, dan membuat gambar-gambarnya (lukisan atau foto) di dalam masjid tersebut. Mereka itulah seburuk-buruk makhluk di sisi Allah”. [HR. Al-Bukhoriy di dalam Shohih-nya (no. 427, 434, 1341 dan 3878) dan Muslim dalam Shohih-nya (no. 528)]

.
‼ Orang-orang Nashoro (Kristen) sungguh telah mengumpulkan dua keburukan : keburukan yang timbul karena mengagungkan kubur, dan keburukan mengkultuskan gambar orang-orang sholih.
.
✅ Al-Imam Al-Qurthubiy -rahimahullah- berkata,
.
“وإنما صور أوائلهم الصور ليتأسوا بها، ويتذكروا أفعالهم الصالحة، فيجتهدون كاجتهادهم، ويعبدون الله عند قبورهم، ثم خلفهم قوم جهلوا مرادهم، ووسوس لهم الشيطان أن أسلافكم كانوا يعبدون هذه الصور ويعظمونها، فحذر النبي صلى الله عليه وسلم عن مثل ذلك سدًّا للذريعة المؤدية إلى ذلك.” اهـ من تيسير العزيز الحميد في شرح كتاب التوحيد الذى هو حق الله على العبيد (ص: 268)
.
✅ “Para pendahulu kaum Nashoro (Kristen) hanyalah membuat gambar-gambar itu agar mereka dapat berteladan kepada orang-orang sholih itu, dan mengingat jasa-jasa baik mereka.
.

‼ Lantaran itu, mereka dapat bersungguh-sungguh seperti kesungguhan orang-orang sholih tersebut.
.
Mereka (kaum Nashoro) dulu menyembah Allah di sisi kubur orang-orang sholih.
.
Kemudian mereka diganti oleh generasi yang tidak lagi mengetahui tujuan mereka (dalam beribadah kepada Allah di sisi kubur itu).

.
✅ Setan pun membisikkan kepada mereka bahwa para pendahulu mereka yang lalu telah menyembah dan mengagungkan gambar-gambar itu.
.
‼ Karenanya, Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- mengingatkan bahaya perbuatan seperti ini demi menutup jalan yang mengantarkan kepada hal itu”
.
[Lihat Taisir Al-Aziz Al-Hamid (hal. 256) karya Syaikh Al-Qodhi Sulaiman bin Abdillah An-Najdiy, dengan tahqiq Abu Ya’laa Muhammad Aiman bin Abdillah As-Salafiy, cet. Alam Al-Kutub, 1419 H
]
.
Kenapa Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- melarang kita beribadah di sisi kuburan, bahkan beliau melaknat orang yang sholat di sisi kubur?
.

‼ Jawaban dan alasannya, karena beliau khawatir setan akan menggelincirkan manusia kepada penyembahan makhluk, baik dalam waktu yang cepat atau lambat.
.
➡ Itulah kesyirikan yang diharamkan!
!
.
✅ Syaikhul Islam Abul Abbas Ibnu Taimiyyah -rahimahullah- berkata,
.
“وهذه العلة التي لأجلها نهى الشارع هي أوقعت كثيرا من الأمم، إما في الشرك الأكبر، أو فيما دونه من الشرك، فإن النفوس قد أشركت بتماثيل القوم الصالحين، وبتماثيل يزعمون أنها طلاسم للكواكب ونحو ذلك.
فإن يشرك بقبر الرجل الذي يعتقد نبوته أو صلاحه، أعظم من أن يشرك بخشبة أو حجر على تمثاله. ولهذا نجد أقواما كثيرين يتضرعون عندها، ويخشعون ويعبدون بقلوبهم عبادة لا يفعلونها في المسجد، بل ولا في السحر، ومنهم من يسجد لها، وأكثرهم يرجون من بركة الصلاة عندها والدعاء ما لا يرجونه في المساجد التي تشد إليها الرحال.
فهذه المفسدة -التي هي مفسدة الشرك، كبيره وصغيره- هي التي حسم النبي صلى الله عليه وسلم مادتها، حتى نهى عن الصلاة في المقبرة مطلقا، وإن لم يقصد____المصلي بركة البقعة بصلاته كما يقصد بصلاته بركة المساجد الثلاثة، ونحو ذلك كما نهى عن الصلاة وقت طلوع الشمس واستوائها وغروبها؛ لأنها الأوقات التي يقصد المشركون بركة الصلاة للشمس فيها فينهى المسلم عن الصلاة حينئذ – وإن لم يقصد ذلك – سدا للذريعة.” اهـ من اقتضاء الصراط المستقيم لمخالفة أصحاب الجحيم (2/ 192_193) بتحقيق : ناصر بن عبد الكريم العقل، ط. دار عالم الكتب، سنة 1419 هـ
.
✅ “Alasan inilah yang karenanya Penetap Syariat (Nabi) -Shallallahu alaihi wa sallam- melarang untuk membuat masjid di atas kubur. Karena itulah yang menjerumuskan kebanyakan umat manusia, entah ke dalam syirik besar atau syirik kecil.
.
‼ Sebab jiwa manusia sungguh telah melakukan kesyirikan pada gambar atau arca, dan juga pada gambar/arca yang mereka sangka bahwa itu adalah simbol bagi benda-benda langit dan sejenisnya.
.
✅ Karena berbuat syirik pada kubur orang sholih yang diyakini kesholihannya adalah lebih melengket di jiwa dibandingkan kesyirikan pada kayu atau bebatuan.
.
‼ Karena inilah, anda akan menemukan pelaku kesyirikan lebih fokus di sisi kubur orang sholih, dan lebih khusyu’, tunduk, dan beribadah dengan jiwa mereka dengan suatu ibadah yang mereka tak pernah lakukan di rumah-rumah Allah, dan tak pula di waktu sahur.
.
✅ Diantara mereka ada yang bersujud menghadap kepadanya. Kebanyakan diantara mereka mengharapkan berkah sholat dan doanya di sisi kubur, sementara mereka tak pernah mengharapkan hal itu di masjid-masjid.
.

~•~•~•~|lanjut ke halaman 2 | ~•~•~•~•~•

Iklan