Hikmah Dibalik Problematika Rumah Tangga

.
Alhamdulillah
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in
.••

Hak dan Tanggung Jawab Suami Istri Dalam Membina Rumah Tangga – Ust. Yazid bin Abdul Qodir Jawas


Problematika Rumah Tangga-Ust.Jazid Jawas


Hak dan Kewajiban Suami Istri – Ust. Yazid bin Abdul Qodir Jawas


Masalah Dalam Rumah Tangga-Ust Yazid Jawas


Ustadz Nizar Sa’ad Jabal Membina Rumah Tangga Sakinah Mawaddah Warohmah.webm.


NASEHAT DALAM MEMBINA RUMAH TANGGA | USTADZ YAZID BIN ABDUL QODIR JAWAS


Inilah Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga-Ust.Zainul Arifin bag2


Rumah Tangga Rasulullah-Ust.Zainul Arifin.mp3


30 Audio SEHARI DI KEDIAMAN RASULULLAH-Ust Hasan Al Jaizy


40 NASIHAT MEMPERBAIKI RUMAH TANGGA (Sesi 1) – Ustadz Zaid Susanto, Lc


40 NASIHAT MEMPERBAIKI RUMAH TANGGA (Sesi 2) – Ustadz Zaid Susanto, Lc 36Mb


40 NASIHAT MEMPERBAIKI RUMAH TANGGA (Sesi 3) – Ustadz Zaid Susanto, Lc 28Mb


catatan: file webm diputar dengan app mx player
=
Ebook
36 Faidah Seputar Pernikahan dan Etikanya-Muhammad Shalih Al Munajjid 5 (63hlm)


Ensiklopedi Fiqih Islam Kitab Munakahat(PERNIKAHAN)-149Hlm


Manhajus Salikin (3): Kitab Waris, Kitab Nikah & Kitab Mahar (Matan & Terjemahan)


Rumah Tangga Bahagia dan Problematikanya


Kiat-Kiat Menuju Keluarga Sakinah 




➡ Hikmah Dibalik Problematika Rumah Tangga
.
Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada.Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:
Berikut pembahasan tentang, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat,
Open Donasi,Sedekah,Waqaf,Infaq: https://bit.ly/2JIhYq3
kunjungi blog di https://bit.ly/2L0zNlR
Ebook Islam https://bit.ly/2vjhBt1
Mp3 Kajian: https://bit.ly/2Vg2wqJ
Ebook Islam 2: https://bit.ly/2UBykBM
mp3 kajian sunnah 2: https://bit.ly/2DDAn2x
Gabung Grup Kajian Sunnah dan Bimbingan Islam: https://bit.ly/2IAuxmR
.==

  • Hikmah Dibalik Problematika Rumah Tangga

.
✅ Hikmah problematika rumah tangga, Rumah tangga ibarat bahtera. Berlayar selama kehidupan di dunia fana ini. Suatu saat akan berlabuh juga jika tiba saatnya. Bagaimana agar kita bisa mengambil hikmah agar bahtera tindak kandas ditengah perjalanan?, Sukur-sukur ada hikmah yang bisa membawa kita bersama-sama hingga ke surga. Berpadunya sepasang pria dan wanita dalam sebuah ikatan pernikahan merupakan salah satu tanda di antara tanda kekuasaan kekuasaan Allah Ta’ala.. 
‼ Dalam ikatan suci ini,  setiap suami dan istri memiliki peran penting dalam membangun bahtera rumah tangga dan mengambil hikmah. Perbedaan yang ada pada sepasang suami istri merupakan sebuah keniscayaan dan kewajaran maka dari itu kita harus mengambil hikmah dari hal tersebut. Sebab, keduanya memanglah berbeda.
.
Tak jarang perbedaan tersebut menyulut percikan konflik dan perselisihan yang tak dapat di hindarkan. Yang terpenting adalah bagaimana agar berbagai harapan tersebut tidak sekadar menjadi impian dan angan-angan. .
Peran suami, sebagai nahkoda bahtera rumah tangga, sangat penting menjaga kekompakan semua awak yang terlibat di dalamnya. Tidak sepantasnya seorang suami memposisikan diri sebagai kaisar, meskipun mempunyai hak yang besar. Begitu menikah, perwalian seorang wanita beralih kepada suaminya. Tapi yang tidak boleh dilupa seorang suami adalah bahwa orang tua sebagai wali mutlak saja tidak berhak memaksa putrinya dalam masalah pernikahan. Lantas pantaskah seorang suami memaksakan diri secara membabi buta kepada istrinya?
.

  • Bagaimanakah memperlakukan istri?

.
‼ Pada hakekatnya, Islam mengarahkan para suami untuk memperlakukan istri dengan sebaik mungkin. Bahkan sekalipun pada saat para suami mendapatkan hal-hal yang mereka tidak sukai  dari para istri.
.
✅ Allah ta’ala berfirman :
.
وَ عَا شِرُ و ھُنَّ بِا لْمَعْرَ و فِ فَإِن كَرِ ھْتُمُو ھُنَّ فَعَسَي أَن تَكْرَ ھُواشَئا وَ يَجْعَلَ ا للّٰهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا
.

Dan pergaulilah mereka (istri-istri) dengan baik. Bilamana kalian membenci mereka, boleh jadi kalian membenci sesuatu Dan Allah menjadikan padanya banyak kebaikan.
(QS. an-Nisâ: 4/19)
.

✅ Syaikh as-Sa’di rohimahullah menyatakan, ini mencakup pergaulan dalam hal tutur kata Dan perbuatan. Seorang suami wajib mempergauli istrinya dengan baik, menjalin hubungan Yang indah, tidak menyakitinya, mengupayakan pemberian Yang baik serta pergaulan Yang menentramkan baginya. Termasuk diantaranya adalah pemenuhan nafkah dan pakaian. Kekerasan, pemaksaan, dan kesewenang-wenangan bukanlah langkah yang patut di kedepankan.
.
✅ Rosulullah  ﷺ sendiri menggambarkan wanita seperti tulang rusuk, bengkok tapi keras. Kalau dipaksa lurus jelas patahnya, tapi kalau di biarkan saja tetap dalam kebengkokannya. Karena itu seorang suami sebagai lelaki sejati dituntut untuk mengasah rasa seninya dalam menghadapi istri. Renungan berikut bisa menjadi salah satu bahan untuk muhasabah dan mengambil hikmah. Bagaimana kita, kaum pria, menjalankan bahtera rumah tangga bersama istri selama ini.
.

  • Wahai Sang Suami…

.
Apakah menjadi beban untuk tersenyum di hadapan istrimu dikala engkau masuk bertemu istri tercinta? Sungguh ada pahala dari allah ta’ala untuk sepotong senyummu.
.
✅ Apakah begitu sulit menampakkan wajah berseri saat menatap anak dan istrimu?
.
✅ Apakah akan membuatmu celaka jika engkau, wahai hamba allah, untuk sekadar merangkul istrimu, mengecup pipinya dan mencumbu saat engkau menghampirinya?
.
✅ Apakah memberatkanmu untuk mengangkat sesuap nasi kemudian memasukan ke dalam mulut sang istri? Apakah engkau lupa hal itu berbalas pahala dari-Nya?
.
✅ Apakah menyusahkanmu, jika engkau masuk rumah disertai ucapan salam : Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh? Bukankah engkau dijanjikan akan meraih 30 kebaikan karenanya?
.
✅ Apa yang membebanimu, jika engkau menuturkan untaian kata-kata yang baik, yang disenangi kekasihmu? Cobalah dulu walaupun terbalut terpaksa dan kebohongan yang di bolehkan?

✅ Apakah akan membuatmu lelah wahai hamba allah, jika engkau berdoa, “Wahai Allah perbaikilah istriku dan berkatilah daku pada dirinya.”
.
‼ Ungkapan yang baik adalah sedekah.
.
‼ Wajah yang berseri dihadapan istri adalah sedekah.
.
‼ Senyuman manispun termasuk sedekah.
.
‼ Mengucapkan salam mengandung beberapa kebaikan.
.
‼ Berjabat tabgan menggugurkan dosa.
.
‼ Berhubungan badan mendapatkan pahala.
.

  • Istri adalah ratu rumah tangga.

.
Setelah sang suami ia bertanggung jawab terhadap rumah tangganya. Saat itulah politik dalam negeri penuh dalam genggamannya. Sebuah posisi yang penting dan strategis.
.
‼ Sebagai orang nomor dua dalam rumah tangga tentu harus tetap memberikan ketaatan pada orang nomor satu, sang suami. Sang istri pun menjadi labuhan tempat melepas lelah setelah seharian beraktivitas darinyalah, seorang suami mendapat gagasan dan ide. Karenanyalah, seorang suami menjadi gembira hilang luka dan lara.

.
➡ Wahai para istri …..

.               
Akankah membahayakan dirimu, sekiranya anda menemui sang suami dengan wajah berseri, dihiasi senyuman manis saat menyambutnya pulang?
.
✅ Akankah memberatkanmu, apabila anda coba menghapus debu dari wajah, kepala, dan bajunya disertai kecupan di pipinya?
.
✅ Akankah terasa sulit dan capek, jika menunggu sejenak saat dia memasuki rumah sementara anda tetap berdiri sampai dia duduk?
.
✅ Mudah bukan jika anda menyambut dengan untaian kata bermakna?

“Alhamdulillah kanda selamat selalu, kami sangat rindu kedatanganmu, selamat datang duhai kekasih hatiku!
.
✅ Persembahkan dandananmu untuk suami, di dalamnya ada pahala dari Allah Dzat yang indah dan cinta keindahan, kenakanlah parfum terbaikmu, perelok dengan balutan busana terindah untuk menyambutnya.
.
✅ Kenapa harus selalu tampak sedih dan gelisah, bukankah dengan doa Allah akan melindungimu dari rasa gelisah,sedih malas dan lemah ?
.
✅ Ajaklah suami anda bersama untuk berbakti kepada ibu bapaknya ! sadari kini bahwa ibu nya adalah ibu mu juga demikian pula ayahnya.
.
✅ Bangunkan suami untuk melaksanakan shalat malam,doronglah untuk puasa sunat, ingatkan tentang keutamaan sedekah,dan janganlah anda menghalanginya untuk menjalin hubungan siraturrahim dengan karib kerabatnya.
.
✅ Perbanyaklah minta ampunanNya, untuk dirimu, suami,kedua orang tua, dan seluruh kaum muslimin. Berdoalah kepada allah, agar dianugerahkan keturunan yang baik,niat yang baik serta kebaikan dunia dan akhirat.sungguh Rabbmu maha mendengar doa dan mencitai orang yang tak putus-putus meminta. Allah berfirman,  “dan Rabbmu berkata, ‘serulah aku niscaya aku penuhi doa mu.” (al-ghafir:60)
.

➡ Banyak hikmah di balik problematika rumah tangga,  antara lain
.

  • ➡ 1 Adakalanya hal itu merupakan peringatan dari allah atas maksiat yang kita lakukan.

.
✅ Allah ta’ala berfirman,
.
و ما أ صا بكم من مصيبة فبما كسبت أ يد يكم و يعفو عن كثير
.

Artinya : “musibah apapun yang menimpa kalian adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri dan allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu)”. QS. Asy-syura (42):30.

Musibah tersebut bisa jadi menimpa kita atau orang- orang terdekat kita. Sebagaimana dikatan oleh seorang ulama salaf, “sungguh aku bisa merasakan akibat perbuatan maksiat, dari perilaku istri dan hewan tungganganku”.
.

“••“`•• Lanjut ke Halaman 2 “•••“`