10 Penghalang Hidayah
.

Alhamdulillah
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in
.••

Ust.Khanif Muslim-Menggapai HidayahMu

Penjelasan Dua Macam Hidayah Oleh Ustadz Abu Salma Muhammad
Bag1: https://radiomuslim.com/download/7831/
Bag2: https://radiomuslim.com/download/7513/
Kiat-Kiat Menggapai Hidayah Syaikh Abdul hadi Al-Umairy
https://drive.google.com/file/d/1juACK59TmXNgPBw1a-mtSjv7KMqd9hX2/view?usp=sharing
AKHLAK MULIA TIDAK CUKUP TANPA HIDAYAH SUNNAH-Ust.Harist Abu Naufal
https://bit.ly/2MhJStl (20 mb)
Bukti Hidayah di Tangan Allah – Ustadz Lalu Ahmad Yani, Lc.15Mb
https://app.box.com/s/bhvu85nv2de4vkq53v03kyss58rfbtg6
Ketika Hidayah Menyapa – Ustadz Zainal Abidin bin Syamsuddin,Lc 24Mb
https://app.box.com/s/7vfhat22p9f6cylvlczrdtrkipuji3ug
Mahalnya Hidayah – Ustadz Dr. Firanda Andirja, Lc, M.A..webm
https://app.box.com/s/0ikfuqziqyjl16gqslob8y5u6wui7yyu
Faktor Yang Menghalangi Seseorang Dari Hidayah-Ust.Harist Abu Naufal.mp3
Bag1:https://app.box.com/s/l5mjut42dm2iqmmv6fbu2i2uojttn7e4
Bag2:https://app.box.com/s/owfkcnp4tphrt13h6cu6yh6oz6rseinz
Bag3:https://app.box.com/s/qy1d4oo2oynwebzd96qanul6lvy2v5rc
Berikanlah aku Hidayah Ust. Syariful Mahya, Lc MA
Sesi1: https://app.box.com/s/v65oss4s4ovap4a5v0sotzif8j4hzhmv
Sesi2: https://app.box.com/s/34my2fj5yoseiyctc7sflaw8twwe6xdf

Ketika Hidayah Menyapa – Ust. DR. SyafiqBasalamah, MA.mp3

=…
Ebook

Berjalan Meraup Hidayah [52Hlm]

Meniti Jalan Hidayah’(80Hlm)

Istiqomah Setelah Mendapat Hidayah Mahalnya Hidayah
https://www.box.com/s/102dc1f962a8d16f8c3e
==…
10 Penghalang Hidayah
.
Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada.Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:
Berikut pembahasan tentang, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat,
Open Donasi,Sedekah,Waqaf,Infaq: https://bit.ly/2JIhYq3
kunjungi blog di https://bit.ly/2L0zNlR
Ebook Islam https://bit.ly/2vjhBt1
Mp3 Kajian: https://bit.ly/2Vg2wqJ
Ebook Islam 2: https://bit.ly/2UBykBM
mp3 kajian sunnah 2: https://bit.ly/2DDAn2x
Gabung Grup Kajian Sunnah dan Bimbingan Islam: https://bit.ly/2IAuxmR
.==

  • 10 Penghalang Hidayah

.
✅ Hidayah teramat mahal harganya. Karena upah dari seseorang yang tercelup tinta hidayah adalah jannah. Tak mungkin jannah diharga rendah, sedangkan kenikmatan di dalamnya amat abadi tiada tertandingi. Maka, banyak orang yang susah payah untuk mendapatkan hidayah. Tapi, ada juga yang dengan mudahnya, hanya karena satu-dua kalimat nasihat dari saudaranya, ia tergugah dan mendapatkan hidayah.
.
‼ Waliyadzubillah bagi mereka orang-orang yang hingga ajalnya belum mendapatkan hidayah. Mungkin berikut inilah sebab mengapa mereka belum mendapatkannya.
.

  • PERTAMA: LEMAHNYA ILMU

.
kebodohan inilah yang menyebabkan terhalangnya kebanyakan orang-orang kafir untuk masuk Islam. Mereka tidak mengenal Islam dengan baik ditambah lagi dengan rasa benci terhadapnya. Sebagaimana dikatakan, “Manusia akan menjadi musuh ketika mereka bodoh.”
.
Kebodohan juga menyebabkan orang yang mengaku muslim membenci syari’at Islam, memusuhi pembelanya dan mencintai musuh-musuhnya.Patut disesalkan, kebodohan terhadap hakekat Islam yang tengah melanda kaum mulsimin hari ini. Bahkan diantara mereka berkata, “Apabila saya bertaubat kepada Allah, dan kembali ke jalan Allah kemudian beramal shalih maka rizki akan menajdi sempit bagiku dan akan mempersulit pekerjaanku. Jika aku kembali dalam kemaksiatan dan mengikuti kemauan hawa nafsuku justru rizki akan mengalir kepadaku dan banyak orang yang membantuku.” Ini adalah tipe orang yang beribadah kepada Allah semata-mata karena perut dan hawa nafsunya.
.
Kalaupun seseorang mengalami hal itu, Allah Maha Mengetahui ketulusan dan kesabaran hambaNya. La ilaha illallahu, berapa banyak kerusakan yang timbul karena terpedaya oleh ahli ibadah yang jahil, orang yang mengaku beragama namun tidak memiliki ilmu tentang agamanya dan orang yang dianggap  berilmu padahal dia tidak memahami hakekat dien dengan benar. Tidakkah anda membaca firman Allah:
.
وَمِنَ النَّاسِ مَن يَعْبُدُ اللهَ عَلَى حَرْفٍ فَإِنْ أَصَابَهُ خَيْرٌ اطْمَأَنَّ بِهِ وَإِنْ أَصَابَتْهُ فِتْنَةٌ انقَلَبَ عَلَى وَجْهِهِ خَسِرَ الدُّنْيَا وَاْلأَخِرَةَ ذَلِكَ هُوَ الْخُسْرَانُ الْمُبِينُ
.
Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi;maka jika memperoleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.” (QS. Al Hajj :11)
.
✅ Subhanallahu, betapa fitnah yang besar  ini telah menghalangi orang-orang untuk menegakkan hakekat agama ini dengan sebab bodoh terhadap urusan dien, bodoh terhadap hakekat nikmat yang dia cari dan untuknyalah dia bekerja keras. Seberapa besar nikmat dunia jika dibandingkan dengan nikmat akherat? Adapun perintah dan larangan sebenarnya adalah rahmat dari Allah dan juga sebagai benteng (dari mafsadah-pent). Allah menjadikan kesusahan di dunia bagi orang-orang yang beriman hingga mereka tidak merasa betah dan gandrung terhadap dunia dan mereka menggantungkan harapannya kepada akherat.
.

  • KEDUA: TIDAK MAU MENGAMALKAN ILMUNYA

.
‼ Terkadang seseorang memiliki pengetahuan yang sempurna, akan tetapi dia meninggalknnya karena kegersangan hatinya.
.
✅ Allah berfirman :
.
وَلَوْ عَلِمَ اللهُ فِيهِمْ خَيْرًا لأَسْمَعَهُمْ وَلَوْ أَسْمَعَهُمْ لَتَوَلَّوْا وَّهُم مُّعْرِضُونَ
.
Kalau kiranya Allah mengetahui kebaikan ada pada mereka, tentulah Allah menjadikan mereka dapat mendengar. Dan jikalau Allah menjadikan mereka dapat mendengar, niscaya mereka pasti berpaling juga, sedang mereka memalingkan diri (dari apa yang mereka-mereka dengar itu).” (QS Al Anfaal 23)
.

Seperti tanah yang keras yang dibasahi air, maka hal itu tidak dapat menjadikan tumbuhnya tanaman lantaran tanah tersebut tidak dapat menerima (menyerap) air. Ketika hati itu keras, maka tidak dapat menerima nasehat sedangkan hati yang paling jauh dari Allah adalah hati yang keras. Demikian halnya keika hati itu sakit, maka tidak ada kekuatan padanya dan tekadpun menjadi lemah, sehingga ilmu tidak berpengaruh terhadapnya.
.
✅ Sifat mereka sebagaimana yang Allah sifatkan :
.
وَإِذَا ذُكِرَ اللهُ وَحْدَهُ اشْمَأَزَّتْ قُلُوبُ الَّذِينَ لاَيُؤْمِنُونَ بِاْلأَخِرَةِ وَإِذَا ذُكِرَ الَّذِينَ مِن دُونِهِ إِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُونَ
.
Dan apabila nama Allah saja yang disebut, kesallah hati orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat; dan apabila nama sembahan-sembahan selain Allah yang disebut, tiba-tiba mereka bergirang hati.” (QS Az Zumar 45)

  • .
  • ➡ KETIGA: HASAD DAN SOMBONG

.
Kesombongan menyebabkan iblis tak sudi mentaati Allah. Kesombongan juga menyebabkan orang-orang Yahudi tidak mau beriman kepada Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, padahal mereka mengenal Nabi,  menyaksikannya dan mengenali pula tanda-tanda kenabian beliau. 
.
✅ Allah berfirman :
.
الَّذِينَ ءَاتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَعْرِفُونَهُ كَمَا يَعْرِفُونَ أَبْنَآءَهُمْ وَإِنَّ فَرِيقًا مِّنْهُمْ لَيَكْتُمُونَ الْحَقَّ وَهُمْ يَعْلَمُونَ
.
Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al-Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui. (QS. Al Baqarah: 147)
.
✅ Penyakit ini pula yang menyebabkan Abdullah bin Ubai bin Salul terhalang untuk beriman, demikian pula dengan Abu Jahal, yang mana ketika seseorang bertanya kepadanya sebab yang menghalangi dirinya mengimani Nabi padahal dia mengetahui bahwa beliau benar-benar seorang Nabi, maka Abu Jahal menjawab, “Kami berlomba dengan Bani Hasyim dalam hal kehormatan, hingga tatkala kami berlomba laksana kuda yang sedang bertanding tiba-tiba mereka (Bani Hasyim) berkata, “ Diantara kami ada seorang Nabi, lantas kapan kita akan mendapatkannya? Demi Allah aku tidak mau mengimaninya.”
.
‼ Demikian halnya dengan orang-orang musyrik seluruhnya, pada dasarnya mereka tidak meragukan kebenaran Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan bahwa kebenaran berada dipihak beliau, akan tetapi rasa hasad dan sombong menyebabkan mereka tetap kafir dan membangkang.
.

  • KEEMPAT: TAKUT KEHILANGAN JABATAN

.
Seringkali manusia dihadapkan pada dua pilihan, antara tunduk kepada kebenaran atau kerajaan dan jabatan, lalu dia lebih condong kepada kedudukan sebagai raja dan jabatan.
.
Sebagaimana keadaan Heraklius diakhir perbincangannya dengan dengan Abu Sufyan dia mengatakan, “Jika apa yang engkau katakan itu benar, niscaya dia akan menguasai tanah yang aku injak ini, dan kalau saja aku bisa selamat untuk menemuinya niscaya dengan susah payah aku akan menjumpainya, kalau saja aku berada di sisinya, niscaya akan aku basuh kedua telapak kakinya.” Maksudnya adalah dia tidak kuasa untuk menjumpai Nabi karena ia takut akan nasib hidupnya dan khawatir akan kehilangan jabatannya sebagai raja. Dan tiada yang selamat dari penyakit ini melainkan orang dijaga oleh Allah semacam raja Najasyi.
.
✅ Inilah penyakit yang menjangkiti Fir’aun beserta antek-anteknya. Allah berfirman :
.
فَقَالُوا أَنُؤْمِنُ لِبَشَرَيْنِ مِثْلِنَا وَقَوْمُهُمَا لَنَا عَابِدُونَ
.
Dan mereka berkata:”Apakah (patut) kita percaya kepada dua orang manusia seperti kita (juga), padahal kaum mereka (Bani Israil) adalah orang-orang yang menghambakan diri kepada kita?”(QS Al Mukminun 47)
.

✅ Diriwayatkan bahwa tatkala Fir’aun hendak mengikuti Musa dan membenarkannya dia bermusyawarah dengan Haman sebagai mentrinya. Maka Haman berkata,”Apakah tuan ingin menjadi hamba yang menyembah kepada selain tuan setelah tadinya orang lain yang menyembah tuan?” Maka Fir’aun memilih riyasah (jabatan) daripada hidayah.
.

  • KELIMA: SYAHWAT DAN HARTA BENDA

.
Inilah yang menyebabkan kebanyakan ahli kitab menolak iman karena mereka takut jika kahilangan pangan dan harta yang mana kaum mereka mengirimkan upeti kepada mereka. Adalah orang-orang kafir Quraisy mencegah seseorang dari iman karena dapat mencegah dari melampiaskan syahwatnya. Mereka mengatakan kepada orang-orang yangsuka berzina,”jika kamu Isalm maka Islam melarang perbuatan zina.”
.
‼ Meraka juga berkata kepada orang yang suka dengan minuman khamr, ”sesunguhnya Islam melarang khamr.” Dengan slogan ini pula mereka menghalang-halangi Al A’sya seorang penyair yang hendak masuk Islam, mereka mengabarkan bahwa Islam mengharamkan khamr. Maka dia kembali pulang padahal dia telah berjalan menuju Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Lalu dalam perjalanan pulang unta yang ditungganginya membantingnya hingga menyebabkan ia jatuh dan mati.

.
✅ Diantara ahli ilmu berkata, “saya telah berdialog dengan beberapa ahli kitab tentang Islam, kebanyakan apa yang terakhir kali mereka katakan kepadaku adalah, “Saya tidak bisa jika harus meninggalkan khamr dan meminumnya, jika saya masuk Islam kalian mencegahku dari minum khamr dan jika aku nekat kalian akan menjilidku.” 
.
‼ Ada pula yang lain berkata setelah aku tawarkan Islam kepadanya, “Memang apa yang anda katakan benar, akan tetapi aku memiliki kerabat yang mempunyai banyak harta. Sedangkan kalau saya masuk Islam, maka aku tidak mendapatkan bagiannya sedikitpun padahal saya ingin mendapatkan warisan darinya.”
.

✅ Tidak diragukan lagi bahwa sikap seperti ini banyak dirasakan di hati kebanyakan orang-orang kafir. Ketika pada diri mereka berhadapan antara kekuatan yang menyeru kepada syahwat dan harta dengan seruan iman yang lemah, maka tidak diragukan lagi bahwa ia akan menyambut seruan syahwat dan harta.
.
✅ Allah berfirman :
.
وَمَن لاَّ يُجِبْ دَاعِيَ اللهِ فَلَيْسَ بِمُعْجِزٍ فِي اْلأَرْضِ وَلَيْسَ لَهُ مِن دُونِهِ أَوْلِيَآءَ أُوْلَئِكَ فِي ضَلاَلٍ مُّبِينٍ
.
Dan orang yang tidak menerima (seruan) orang yang menyeru kepada Allah maka dia tidak akan melepaskan diri dari azab Allah di muka bumi dan tidak ada baginya pelindung selain Allah.Mereka itu dalam kesesatan yang nyata”. (QS. Al Ahqaaf: 32)
.

__~~__~~ Lanjut ke Halaman 2 __~~__~~__