E

Agar Hidup Lebih Bermakna dan Hari-Harimu Bernilai
.

Alhamdulillah
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in
.••
Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA-AKU INGIN HIDUP DAMAI
https://bit.ly/338gew4
Agar Hidup Lebih Bermakna – Ustadz Mizan Qudsyiah, Lc, MA
https://app.box.com/s/bn5bp2ygyvqtb1cswywm9380jrbf9ap0
Nabi Itu Hidupnya Sederhana, Ngk Kayak Kita! – Ustadz Dahrul Falihin, Lc 23.9Mb
https://app.box.com/s/qdclzbw7wx0rlswosf1wvjctavjqbzw6
Kehidupan Setelah Kematian – Ustadz Muhammad Rofi’i 28Mb
https://app.box.com/s/mk585msrs3n1bqcigmnkvo5scwokyxya
KEBERKAHAN HIDUP-Ustadz Ahmad Sabiq,Lc -Hafizhahullah-
http://bit.ly/2Fg9iU1
Pelita Hidup Seorang Hamba-Ust.Abdul Qodir
https://drive.google.com/file/d/14bgy3jsipqQGdP4OkCwQrCsDnDIeiJzS/view?usp=drivesdk
Fatamorgana Kehidupan Dunia – Ust.Afifi Abdul Wadud.mp3
https://app.box.com/s/zm1yi7vq8ssrmhd8ll03igsx3b3581ty
Nasehat Fudail bin Iyad Tentang Kehidupan -Ust.Jefri Halim.MA.webm
Bag.1:https://app.box.com/s/4mqw994uoyqpg7ctol3ggcc1jywsedeu
Bag.2:https://app.box.com/s/1cahy31yq0vf8720bzge176wa3vh1g97
Sebab Sebab Keberkahan Hidup-Ust.Farhan abu Furaihan.webm
https://app.box.com/s/0jv112oorwgcw4p0fc5fggq1slqiabsh
Misi Hidupmu – Ustadz Sofyan Cholid Ruray.webm
https://app.box.com/s/6jtfhuekq0s3dpmoh68xz1e938mnzx6d
Agar Hidup Lebih Bermakna – Ustadz Dr.
Firanda Andirja 17Mb 1jm38mnit
https://drive.google.com/file/d/1FIGEM5uyWH2hUMirr_z0bVSBZGaomhW9/view
=……
Agar Hidup Lebih Bermakna-Ust Firanda Andirja(64Hlm) http://bit.ly/2mBrIZv
https://drive.google.com/file/
d/13sP0uMRxJAZujyBdwslrR2Hhw0lvOGnQ/view?usp=drivesdk
(Beberapa Petunjuk Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam Dalam Meniti Hidup Di Dunia)
https://drive.google.com/file/d/0Bx0SaxmNLRN2YTRFWnZuUHI4aUE/view
Prinsip-Prinsip Penting dalam Kehidupan
https://drive.google.com/file/d/0B8vJSWqLZFYQcURNdnZ3VFBOS2M/view
Pedoman Hidup Seorang Muslim(109hlm)
http://www.islamicbook.ws/indonesian/indonesian-08.pdf
Kehidupan Seorang Mukmin Aqidah dan Amalan 157Hlm
https://app.box.com/s/z4oltn7cersb8hzw5m9f9t7i7dvv9iqh
Bekal Terbaik Demi Menyongsong Kehidupan Akhirat-Hakam Bin Adil Zamo An Nuwairy 89Hlm

Klik untuk mengakses id_terjemahan_fikri.pdf


Zikir dan Sunnah Harian Nabi shallallahu alaihi wasallam-Dr.Abdullah bin Hamod Al-Forih 173Halaman
https://app.box.com/s/s8qh0awonemdq5spgdued67y5zc9io19
=… =…
➡ Agar Hari-Harimu Bernilai
.
Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:
.
Berikut kiat menjadikan hari-hari kita bernilai dan berkwalitas, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat, Allahumma aamin.
.

  • Agar Hari-Harimu Bernilai

.
✅ Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,
.
إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا
.
Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin[i], laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Qs. Al Ahzaab: 35)
.
إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)
.
Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,–Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (Qs. Fathir: 29-30)
.
✅ Ayat di atas menerangkan kepada kita amalan-amalan yang menghasilkan ampunan Allah, pahala yang besar, dan yang menjadikan hari-hari kita bernilai.
.
Jika kita padukan ayat di atas dan ayat-ayat lainnya dengan apa yang disebutkan dalam As Sunnah, bahwa amalan yang menghasilkan pahala yang besar di antaranya adalah:
.
➡ 1. Awali bangunmu dari tidur dengan dzikrullah (membaca dzikr bangun tidur), dan lanjutkan dengan berwudhu dan shalat malam.
.
✅ Di antara dzikir bangun tidur adalah,
.
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ
.

Alhamdulillaahil-ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin-nusyuur
.
.
“Segala puji bagi Allah, yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangitkan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

.
➡ 2. Akhiri shalat malammu dengan istighfar (seperti membaca sayyidul istighfar) dan berdoa kepada Allah Azza wa Jalla, karena di sepertiga malam terakhir adalah waktu mustajab.
.
✅ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
«أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الرَّبُّ مِنَ العَبْدِ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ الآخِرِ، فَإِنْ اسْتَطَعْتَ أَنْ تَكُونَ مِمَّنْ يَذْكُرُ اللَّهَ فِي تِلْكَ السَّاعَةِ فَكُنْ»
.
Keadaan paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah di bagian malam terakhir. Jika engkau mampu termasuk orang yang berdzikr kepada Allah di waktu itu, maka lakukanlah.” (HR. Tirmidzi dari Amr bin ‘Anbasah, dan dishahihkan oleh Al Albani).
.
➡ 3. Jika azan berkumandang, maka ikutilah ucapannya, dan ketika muazin mengucapkan ‘Hayya ‘alash shalah’ dan ‘Hayya alal falah’ ucapkanlah ‘Laa haula walaa quwwata illa billah’. Bacalah doa setelah mendengar azan agar engkau memperoleh syafaat Nabi shallallahu alaihi wa salllam.
.
➡ 4. Antara azan dengan iqamat, manfaatkanlah dengan shalat sunah dan dengan berdoa, karena berdoa di waktu ini mustajab. 
.
➡ 5. Lanjutkan dengan shalat Subuh ditambah shalat sunah qabliyah Subuh sebelumnya. Jika engkau tertinggal dari shalat sunah sebelum Subuh, maka engkau bisa melakukannya setelah shalat Subuh atau menunda nanti setelah matahari terbit, karena shalat sunah qabliyyah Subuh lebih baik daripada dunia beserta isinya.

.
✅ Rasulullah shallalalhu alaihi wa sallam bersabda,
.
رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
.
Dua rakaat sebelum Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (Hr. Muslim)
.

➡ 6. Pergilah menuju masjid sambil berjalan kaki, karena langkahmu akan menghasilkan kebaikan/pahala, meninggikan derajat, dan menghapuskan kesalahan. Jangan lupa membaca doa menuju masjid, dan ketika hendak masuk masjid.
.
➡ 7. Sudahi shalat Subuh dengan dzikir setelah shalat, dan dzikir pagi-petang.
.
➡ 8. Engkau bisa lanjutkan dengan membaca Al Qur’an dan berdzikir hingga terbit matahari, dan tunggu hingga matahari terbit setinggi 1 tombak (kira-kira 15-20 menit setelah syuruq/terbit) kemudian lakukan shalat isyraq, engkau akan meraih pahala haji dan umrah secara sempurna.
.
➡ 9. Hadirkan niat yang baik ketika bekerja.
.

✅ Termasuk niat yang baik dalam bekerja adalah bekerja untuk menafkahi dirimu dan orang yang ditanggungmu dari harta yang halal, bekerja untuk menjaga kesucian dirinya agar tidak meminta-minta, bekerja agar dapat bersedekah, dsb. Ini semua termasuk fii sabilillah.
.
Imam Thabrani meriwayatkan dalam Mu’jam Kabirnya dari Ka’ab bin Ujrah ia berkata:
.
مَرَّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ، فَرَأَى أَصْحَابُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ جِلْدِهِ وَنَشَاطِهِ، فَقَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ: لَوْ كَانَ هَذَا فِي سَبِيلِ اللهِ؟، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنْ كَانَ خَرَجَ يَسْعَى عَلَى وَلَدِهِ صِغَارًا فَهُوَ فِي سَبِيلِ اللهِ، وَإِنْ كَانَ خَرَجَ يَسْعَى عَلَى أَبَوَيْنِ شَيْخَيْنِ كَبِيرَيْنِ فَهُوَ فِي سَبِيلِ اللهِ، وَإِنْ كَانَ يَسْعَى عَلَى نَفْسِهِ يُعِفُّهَا فَهُوَ فِي سَبِيلِ اللهِ، وَإِنْ كَانَ خَرَجَ رِيَاءً وَمُفَاخَرَةً فَهُوَ فِي سَبِيلِ الشَّيْطَانِ»
.
Pernah ada seseorang yang melewati Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat kemampuan dan semangatnya, lalu mereka berkata, “Kalau sekiranya orang ini berada di jalan Allah (tentu baik baginya)?”
.
✅ Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika ia keluar bekerja untuk anak-anaknya yang masih kecil, tentu dia berada di jalan Allah. Jika ia keluar bekerja untuk menafkahi dua ibu-bapaknya yang sudah tua, tentu ia berada di jalan Allah. Jika ia bekerja untuk dirinya, yakni untuk menjaga kesucian diri, maka dia di jalan Allah, dan jika ia keluar bekerja untuk riya dan berbangga-bangga (di hadapan manusia), maka dia berada di jalan setan.” (Hadits ini dinyatakan shahih oleh Al Albani dalam Shahihul Jami’ no. 1428).
.

➡ 10. Sebagian Ahli Ilmu menerangkan, bahwa hikmah panjangnya jarak antara waktu Subuh dengan waktu Zhuhur adalah agar engkau semakin rindu dengan shalat berikutnya dan agar engkau memiliki waktu untuk memenuhi hajat dan kebutuhanmu. Dan antara Zhuhur dengan Ashar ada waktu istirahat atau tidur siang (qailulah), manfaatkanlah waktu ini dengan istirahat meskipun sebentar karena setan tidak qailulah, di samping dengan qailulah membantu seseorang untuk dapat bangun di malam hari. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
.
قِيْلُوْا فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ لاَ تَقِيْلُ
.
Istirahat sianglah, karena setan tidak melakukan istirahat siang.” (Hr. Thayalisi dan Abu Nu’aim, dihasankan oleh Al Albani dalam Shahihul Jami no. 4431)
.

➡ 11. Isi hari-harimu dengan istighfar dan tobat, karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam dalam sehari beristighfar dan bertobat lebih dari tujuh puluh kali padahal dosa-dosa Beliau telah diampuni baik yang dahulu maupun yang akan datang. Bahkan dalam sehari, Beliau beristighfar sampai 100 kali.
.
✅ Ingat sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,
.
طُوْبَى لِمَنْ وَجَدَ فِي صَحِيْفَتِهِ اسْتِغْفَارًا كَثِيْرًا
.
Sungguh bahagia orang yang mendapatkan pada catatan amalnya terdapat banyak ucapan istighfar.” (Hr. Baihaqi dari Abdullah bin Busr, Abu Nu’aim dari Aisyah, Ahmad dalam Az Zuhd dari Abu Darda secara mauquf, dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahihul Jami no. 3930)
.
✅ Jika seorang bertanya, “Mana yang lebih didahulukan antara istighfar dan ucapan tasbih semisal subhaanallah wal hamdulillah, dst.?
.
Jawab, “Jika dirimu bersih, tentu lebih didahulukan subhaanallah wal hamdulillah wa Laailaaha illallah wallahu akbar, namun jika dirimu dikotori oleh dosa dan maksiat, maka dahulukan istighfar dan tobat.”
.
➡ 12. Di waktu Dhuha, engkau bisa luangkan waktu untuk shalat Dhuha, yang dua rakaat saja seimbang dengan 360 sedekah dari setiap persendian manusia.
.
✅ Engkau juga bisa lakukan empat rakaat, enam, delapan, dan dua belas rakaat.
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Allah Azza wa Jalla berfirman,
.
ابْنَ آدَمَ ارْكَعْ لِي مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ ، أَكْفِكَ آخِرَهُ 
.
Wahai anak cucu Adam! Kerjakanlah untuk-Ku empat rakaat di awal siang, nanti Aku cukupkan untukmu di akhirnya.” (Hr. Tirmidzi, dan dishahihkan oleh Al Albani)
.

✅ Waktu Dhuha diawali kira-kira limabelas menit setelah syuruq dan diakhiri kurang lebih limabelas menit sebelum Zhuhur.
.
➡ 13. Jangan berhenti berdoa dan berharap kepada Allah Azza wa Jalla, karena ia merupakan tali keselamatan dan kiat menggapai cita-cita.
.
✅ Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
.
يُسْتَجَابُ لِأَحَدِكُمْ مَا لَمْ يَعْجَلْ، يَقُولُ: دَعَوْتُ فَلَمْ يُسْتَجَبْ لِي
.
Akan dikabulkan doa salah seorang di antara kamu selama ia tidak terburu-buru, yaitu ketika ia berkata, “Aku sudah berdoa tetapi tidak dikabulkan,” (Hr. Bukhari dan Muslim)
.
➡ 14. Ingat selalu, bahwa ucapanmu dicatat oleh malaikat, maka jangan engkau berkata dusta, ghibah (gosip), namimah (mengadu domba), mencela dan menghina orang lain.
Agar lisanmu tidak diisi dengan maksiat lisan, maka isilah dengan dzikr dan membaca Al Qur’an. Seperti dzikir dalam hadits berikut ini:
.
✅ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
كَلِمَتَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى اَلرَّحْمَنِ, خَفِيفَتَانِ عَلَى اَللِّسَانِ, ثَقِيلَتَانِ فِي اَلْمِيزَانِ, سُبْحَانَ اَللَّهِ وَبِحَمْدِهِ , سُبْحَانَ اَللَّهِ اَلْعَظِيمِ
.
 “Ada dua kalimat yang dicintai Ar Rahman (Allah), ringan di lisan dan berat di timbangan yaitu “Subhaanallah wa bihamdih-subhaanalalahil ‘azhiim[ii].” (HR. Bukhari dan Muslim)
.

✅ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,
.
« أَحَبُّ الْكَلاَمِ إِلَى اللَّهِ أَرْبَعٌ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ . لاَ يَضُرُّكَ بَأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ .
.
Kalimat yang paling dicintai Allah ada empat, yaitu: Subhaanallah, Al Hamdulillah, Laailaahaillallah, dan Allahu Akbar[iii]. Tidak mengapa bagimu memulai dari yang mana saja.” (HR. Muslim)
.
➡ 15. Tetaplah optimis, kerjakan rencanamu yang bermanfaat dan raihlah harapanmu dengan memohon pertolongan kepada Allah dan bersandar kepada-Nya, dan jangan bersikap lemah. Jika engkau memperoleh sesuatu yang tidak engkau sukai atau engkau harapkan, jangan katakan ‘kalau sekiranya aku lakukan begini atau begitu, tentu akan terjadi begini dan begitu,’ tetapi katakanlah ‘Qaddarallah wa maa syaa’a fa’ala” (artinya: Allah telah menakdirkan, dan apa yang Dia kehendaki, maka Dia lakukan).
.
➡ 16. Jangan biarkan hari berlalu tanpa engkau sempatkan membaca Al Qur’an sesibuk apa pun kegiatanmu, karena dengan membaca Al Qur’an menjadikan hari-harimu berkah, bernilai, dan berkwalitas.

.
✅ Tengok generasi terdahulu yang berkali-kali mengkhatamkan Al Qur’an, karena keadaan mereka di hadapan Al Qur’an seperti keadaanmu di hadapan handphone. Ingatlah, bahwa satu huruf diberi balasan 10 kebaikan, dan bahwa ia akan memberikan syafaat kepadamu pada hari Kiamat.
.
➡ 17.  Perbanyak doa “Yaa muqallibal qulub tsabbit qalbi ‘alaa dinik” (Wahai Allah yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hati ini agar tetap berada di atas agama-Mu) dan “Rabbanaa aaatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aaakhirati hasanataw waqinaa ‘adzaaban naar” (Wahai Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia, dan kebaikan di akhirat, dan jagalah kami dari azab neraka). Demikianlah doa yang sering dibaca Nabi shallallahu alaihi wa sallam.
.
➡ 18. Sambung tali silaturrahim dan jangan sekali-kali engkau putuskan.
.
✅ Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
.
«مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ»
.
Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturrahim.” (Hr. Bukhari dan Muslim)
.

➡ 19. Tambahkan shalat fardhu dengan shalat sunah. Kerjakanlah shalat sunah rawatib agar engkau meraih istana di surga. Yaitu sebelum Subuh 2 rakaat, sebelum Zhuhur 4 atau 2 rakaat dan setelahnya 2 rakaat, setelah Maghrib 2 rakaat, dan setelah Isya 2 rakaat.
.
➡ 20. Jangan lampiaskan kemarahanmu, dan redakanlah dengan isti’adzah, merubah posisi, dan diam.
.
➡ 21. Jangan engkau tutup pintu pengabulan doa dengan mengenakan dan mengkonsumsi yang haram.

➡ 22. Jadikan sabar dan shalat sebagai penolongmu dalam menjalani hidup di dunia yang penuh cobaan dan penderitaan.
.
➡ 23. Jauhilah prasangkan buruk, karena ia sedusta-dusta ucapan saat engkau katakan.
.

••__•• Lanjut ke Halaman 2 ••__••__