Makanan yang halal dan Thoyyibah
.

Alhamdulillah
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in
.••

Makanan Halal dan Thoyyibah – Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri,MA.mp3

Makanan Halal dan Haram- Ustadz Abdurrahman Thayyib


Apa Jadinya Jika Meraih Rezeki Haram – Ustadz Ahmad Bazher.mp3
https://app.box.com/s/giik2pcd71niajk9blmz6vgikmjygi78
Masuklah Islam Secara Kaffah – Ustadz Abdul Malik
https://app.box.com/s/tojtq4zblzanxzys67k3abakln3n4tr2
Menjadi Muslim yang Kaffah – Ustadz Yazid Jawas
https://app.box.com/s/luwaeol2tpa2jnnko0enobmnzeen90rv
Apakah Anda Seorang Mukmin-Ustadz Zainal Abidin Syamsudin
https://app.box.com/s/xduct6pw02h8h47xrmkqv00i6ut3a2xh
Sudahkah Anda Beriman? – Ustadz Muflih Safitra 21.4mb
https://app.box.com/s/w3xng6nyer29ofy7bde44fkh8jai7itz
Sudahkah Anda Beriman? – Ustadz Dr. Sufyan Baswedan, M.A.
https://app.box.com/s/wdpbr3ni9dzp1rlgnqe8unfyiltucwfw
=
Agar Harta Kita Penuh Berkah-Ust Arifin Badri(28Hlm)
https://app.box.com/s/3rbxeg9ubjssszmnp5l73cykoierviey
Halal Haram Makanan-Ust.Abu Ubaidah Yusuf Sidawy(41Hlm)
https://app.box.com/s/d8yfrvinwfc666b1hdx7njos2j6cok6s
Haram dan Haram Makanan
https://www.box.com/s/db3aa399aa0754fcbae6
=…

➡ Makanan yang halal
.
Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada.Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:
Berikut pembahasan tentang, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat,
Open Donasi,Sedekah,Waqaf,Infaq: https://bit.ly/2JIhYq3
kunjungi blog di https://bit.ly/2L0zNlR
Ebook Islam https://bit.ly/2vjhBt1
Mp3 Kajian: https://bit.ly/2Vg2wqJ
Ebook Islam 2: https://bit.ly/2UBykBM
mp3 kajian sunnah 2: https://bit.ly/2DDAn2x
Gabung Grup Kajian Sunnah dan Bimbingan Islam: https://bit.ly/2IAuxmR
.==
Makanan yang halal ...
.
✅ Allah berfirman,
.
یَـٰۤأَیُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُوا۟ مِمَّا فِی ٱلۡأَرۡضِ حَلَـٰلࣰا طَیِّبࣰا وَلَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَ ٰ⁠تِ ٱلشَّیۡطَـٰنِۚ إِنَّهُۥ لَكُمۡ عَدُوࣱّ مُّبِینٌ
.
Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dan apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti Langkah-langkah setan karena sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagimu.” (Al-Baqarah: 168).
.

✅ Berkata Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di رحمه الله,
Dalam ayat sebelumnya Allah ta’ala telah menjelaskan bahwasanya tiada sembahan yang hak kecuali Dia dan bahwasanya Dia sendiri yang menciptakan seluruh makhluk dan memberi mereka rezeki. Dalam hal pemberian nikmat, Dia menyebutkan bahwa Dia telah membolehkan manusia untuk memakan segala yang ada di muka bumi, yaitu makan yang halal, baik, dan bermanfaat bagi dirinya serta tidak membahayakan bagi tubuh dan akal pikiran
.
‼ Dan Dia juga melarang mereka mengikuti langkah-langkah syetan, dalam tindakan-tindakannya yang menyesatkan para pengikutnya, seperti mengharamkan bahirah, saibah, washilah, dan lain-lainnya yang ditanamkan syaitan kepada mereka pada masa jahiliyah.

.
✅ Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadits yang terdapat dalam kitab Shohih Muslim yang diriwayatkan dari Iyadh bin Hamad, dari Rosululloh sholallohu ‘alaihi wasallam :
.
يقول الله تعالى : إن كل ما أمنحه عبادي فهو لهم حلال ” وفيه :” وإني خلقت عبادي حنفاء فجاءتهم الشياطين فاجتالتهم عن دينهم ، وحرمت عليهم ما أحللت لهم
.
Allah ta’ala berfirman, “sesungguhnya setiap harta yang Aku anugrahkan kepada hamba-hamba-Ku adalah halal bagi mereka” selanjutnya disebutkan “Dan Aku pun menjadikan hamba-hamaba-Ku di jalan yang lurus, lalu datang syaitan kepada mereka dan menyesatkan mereka dari agama mereka serta mengharamkan atas mereka yang telah Aku halalkan bagi mereka” (HR. MUSLIM)
.
✅ Al-hafidz Abu Bakar bun Mardawaih telah berkata dari Ibnu Abbas beliau berkata :
.
ليت هذه الآية عند النبي صلى الله عليه وسلم : ( ياأيها الناس كلوا مما في الأرض حلالا طيبا ) فقام سعد بن أبي وقاص ، فقال : يا رسول الله ، ادع الله أن يجعلني مستجاب الدعوة ، فقال . ” يا سعد ، أطب مطعمك تكن مستجاب الدعوة ، والذي نفس محمد بيده ، إن الرجل ليقذف اللقمة الحرام في جوفه ما يتقبل منه أربعين يوما ، وأيما عبد نبت لحمه من السحت والربا فالنار أولى به
.

Aku membacakan ayat ini di sisi nabi sholallohu ‘alaihi wasallam, “wahai orang-orang yang beriman makanlah oleh kakak apa yang ada dari bumi ini yang halal lagi baik”. Maka berdirilah Sa’ad bin Abi Waqosh lalu dia berkata, “wahai Rosululloh, berdo’alah kepada Allah agar menjadikanku seorang yang diijabah do’anya”. Maka Belia menjawab, “wahai sa’ad, perbaguslah makananmu maka akan diijabah do’amu. Demi Dzat yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya, sesungguhnya seseorang yang memasukan satu suapan yang haram kedalam perutnya, kecuali tidak akan diterima darinya empat puluh hari. Dan siapapun hamba yang dagingnya tumbuh dari harta yang kotor dan riba, maka neraka lebih utama untuknya”.
.

✅ Firman-Nya :
.
وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ
.
dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan
.
✅ Qotadah dan as-Suddi mengatakan, “setiap perbuatan maksiat kepada Allah adalah termasuk langkah syaitan”
.
✅ Ikrimah mengemukakan, “yaitu bisikan-bisikan syaitan”
.
✅ Abu Majlaz berkata “yaitu setiap Nazar dalam kemaksiatan”.
.
✅ As-Sya’bi menuturkan, “ada seseorang yang bernazar akan berkorban dengan menyembelih anaknya, lalu Masruq memberinya fatwa agar menyembelih kambing, dan ia berpendapat bahwa yang demikian itu termasuk salah satu langkah syaitan.”
.

✅ Dan masih banyak riwayat yang menjelaskan mengenai rincian macam-macam langkah syaitan. Sebagaimana firman-Nya :
.
إِنَّمَا يَأْمُرُكُمْ بِالسُّوءِ وَالْفَحْشَاءِ وَأَنْ تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ
.
Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (Al-Baqoroh : 169)
.

✅ Selanjutnya Allah menegaskan bahwa syaitan itu musuh yang nyata bagi manusia, firman-Nya :
.
إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ
.
Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala” (QS. Faathir: 6)
.
✅ Dan firman-Nya :
.
أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا
.
Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim.” (Al-Kahfi : 50)
.
Maka orang yang berakal wajiblah baginya untuk menjadikan syaiatan sebagai musuhnya, dengan tidak mengikuti apa yang disarankannya. Karena tidak mungkin ada seorang musuh yang menunjukan kepada jalan keselamatan. Sejatinya seorang musuh pasti berniat dan menginginkan kehancuran kepada musuhnya. Terlebih lagi syaitan yang sudah jelas menyatakan permusuhan kepada anak cucu adam, dan mereka berjanji akan menyesatkannya dari jalan Allah ta’ala.
(Tafsir as-Sa’di, Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di)
.
✅ Betapa pentingnya makanan dan minuman terhadap kehidupan manusia, bahkan Allah sangat menekankan akan pentingnya hal tersebut.
.
فَلۡیَنظُرِ ٱلۡإِنسَـٰنُ إِلَىٰ طَعَامِهِ
.
Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya.“(Abasa : 24)
.
✅ Rasululloh صلى الله عليه وسلم juga memerintahkan kaum muslimin untuk menjaga yang halal, sabdanya,
.
أيها النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لَا يَقْبَلُ إِلَّا طَيِّبًا وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ فَقَالَ { يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ } وَقَالَ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ } ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ
.
Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah adalah baik dan tidaklah menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kaum mukminin sebagaimana perintah kepada para Rasul :
.
يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ
.

Wahai sekalian para Rasul, makanlah yang baik-baik
dan beramal sholihlah, sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan (Al-Mukminun:5
1)
.
✅ Dan Allah Ta’ala berfirman:
.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ
.
Wahai orang-orang yang beriman, makanlah makanan yang baik dari rezeki yang Kami berikan kepada kalian (Al Baqoroh:172).
.

‼ Kemudian Nabi menceritakan keadaan seseorang yang melakukan safar panjang, rambutnya kusut, mukanya berdoa, menengadahkan tangan ke langit dan berkata: Wahai Rabbku, wahai Rabbku. Sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, diberi asupan gizi dari yang haram, maka bagaimana bisa diterima doanya?” (HR. Muslim)
.

✅ Para ulama juga mengingatkan pentingnya menjaga makanan yang halal, sebagaimana ungkapan Imam Ahmad berikut ini,
.
قال الإمام أحمد بن حنبل رحمه الله:
تلين القلــــوب بأكل الحـــلال.
.
‼ Berkata Imam Ahmad bin Hanbal رحمه الله,

Lembutnya hati itu dengan memakan makanan yang halal.
(Hilyatul Auliya’, 181)
Wallahu a’lam
Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc
=…

  • Jangam hinakan dirimu …!

.
✅ Allah telah memberikan perumpamaan tentang kehidupan dunia dalam Al-Quran sebagai kehidupan yang sekejap dan akan sirna.
.
وَٱضۡرِبۡ لَهُم مَّثَلَ ٱلۡحَیَوٰةِ ٱلدُّنۡیَا كَمَاۤءٍ أَنزَلۡنَـٰهُ مِنَ ٱلسَّمَاۤءِ فَٱخۡتَلَطَ بِهِۦ نَبَاتُ ٱلۡأَرۡضِ فَأَصۡبَحَ هَشِیمࣰا تَذۡرُوهُ ٱلرِّیَـٰحُۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَیۡءࣲ مُّقۡتَدِرًا
.
Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), perumpa maan kehidupan dunia ini, ibarat air hujan yang Kami turun kan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuhtumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (Al-Kahfi: 45).
.
✅ Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
.
إن الدنيا حلوة خَضِرة، وإن الله مستخلفكم فيها، فينظر كيف تعملون، فاتقوا الدنيا، واتقوا النساء، فإن أول فتنة بني إسرائيل كانت في النساء.
.
Sesungguhnya dunia ini indah dan mempesonakan, dan sesungguhnya Allah akan menyerahkannya kepada kalian. Kemudian Allah akan melihat bagaimana kalian berbuat atas dunia ini. Maka berhati-hatilah dalam urusan dunia dan berhati-hatilah juga terhadap wanita.” (HR Muslim).
.

‼ Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengingatkan dalam hadits ini, kepada ummatnya agar berhati-hati dan bersikap bijak terhadap kehidupan dunia.
.
✅ Dan memang setiap manusia ingin hidupnya dipenuhi dengan kebahagiaan. Mereka rela melakukan apa saja untuk mendapatkannya. Ukuran kebahagiaan bagi seseorang pastinya berbeda-beda. Dan kebanyakan mereka mengukurnya dengan materi dunia bukan dengan kebahagiaan hakiki yaitu kebahagiaan akherat.
.

^^°°^^°° Lanjut ke Halaman 2 ^^°°π^°°