Memilih Teman Bergaul dan Bersabar Dalam Berkawan Dengan Orang Shalih
.

Alhamdulillah
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in
.••

Sudahkah Anda Mempunyai Teman Sejati ? – Ustadz Ahmad Bahzer-21mb
https://app.box.com/s/q9rrdkqvt6tu09h4zhl46zwiha5qsjsw
Teman-Teman Syaithan – Ustadz Zainal Abidin, Lc. ﺣﻔﻈﻪﺍﻟﻠﻪ .webm
https://app.box.com/s/u9wzmuzxv9k0demse1lnl91ik3xmiuxe


Akibat Salah Memilih Teman-Ust.Abu Fairuz 


Temanmu Surga atau Nerakamu-Ust.Abu Fairuz


Teman Sejati Yang Sesungguhnya! – Ustadz Dahrul Falihin, Lc 5Mb26Mnit
https://app.box.com/s/bak4qp9e28u7kjygniije5fg5kkx4lmd
Mengajak Teman Untuk Hijrah – Ustadz Abuz Zubair
https://app.box.com/s/qh3aymy7up8p8kvy7zpbcyci5yhxw546
Bahaya Berteman dengan Kawan yang Buruk – Ustadz M Chusnul Yakin,M.Pd.I.
https://app.box.com/s/cveayrs1ketwtpqrehlcfdbgrpetdt3u


Sahabatku Siapakah Teman-Temanmu-Ust.Nurul DzikriBag1; Bag2


Tips Memilih Teman-Ust.Mizan Qudsiyah


Saingi Kawanmu-Ust.Ahmad Zainuddin


Sahabat Sejati-Ust.M.Arifin Badri


Sahabat Bintang 5-Ust.Nurul Dzikri


.==
Ebook
Memilih Teman Bergaul
https://www.box.com/s/74852dd5d83c09489c1e

.==
➡ Memilih Teman Bergaul dan Bersabar Dalam Berkawan Dengan Orang Shalih
.
Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada.Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:
Berikut pembahasan tentang, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat,
Open Donasi,Sedekah,Waqaf,Infaq: https://bit.ly/2JIhYq3
kunjungi blog di https://bit.ly/2L0zNlR
Ebook Islam https://bit.ly/2vjhBt1
Mp3 Kajian: https://bit.ly/2Vg2wqJ
Ebook Islam 2: https://bit.ly/2UBykBM
mp3 kajian sunnah 2: https://bit.ly/2DDAn2x
Gabung Grup Kajian Sunnah dan Bimbingan Islam: https://bit.ly/2IAuxmR
.==
Teman dan kawan yang spesial ...
.
✅ Allah berfirman,
.
إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ إِخۡوَةࣱ فَأَصۡلِحُوا۟ بَیۡنَ أَخَوَیۡكُمۡۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُونَ
.
Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”[Surat Al-Hujurat: 10]
.
➡ Berkata Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar,
Sesungguhnya orang-orang mukmin itu saling bersaudara dalam agama dan akidah. Berdamailah dengan saudara kalian saat terjadi perselisihan dan pertentangan. Bertakwalah kepada Allah saat terjadi perselisihan tentang hukum-hukumNya dan berlakulah sebagai penengah, supaya kalian dirahmati dan ditolongNya dalam menciptakan perdamaian, sebagai hasil dari ketakwaan kalian
(Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir, Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar)
.
➡ Rasululloh صلى الله عليه وسلم memberikan perumpamaan kuatnya hubungan persaudaraan sesama muslim bagaikan satu tubuh.
.
مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.
.
Perumpamaan orang-orang beriman dalam kecintaan, kelembutan dan kasih sayang di antara mereka ibarat satu tubuh. Jika salah satu anggota sakit, maka seluruh anggota turut merasakannya dengan tetap berjaga dan demam.” (Muslim, 4685)
.
✅ Imam Yahya bin Mu’adz رحمه الله mengingatkan tentang hubungan spesial mukmin satu dengan yang lainnya sebagai berikut,
.
أخوك من عرَّفك العيوب ، وصديقك من حذرك من الذنوب.
(صفة الصفوة 2/82)
.

Saudaramu (yang sebenarnya) itu adalah siapa yang menunjukkan kepadamu kekurangan-kekurangan, sedangkan kawanmu (yang sebenarnya) itu adalah siapa yang mengingatkan kamu dari dosa-dosa

(Shifatus Shofwah 2/82)
Wallahu a’lam
Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

=…
Memilih teman duduk yang baik dan Bersabar Dalam Berkawan Dengan Orang Shalih
.
‼ Ini berlaku bagi laki-laki dan wanita. Seorang Muslim hendaknya mencari, bergaul, dan menjadikan laki-laki yang shalih sebagai kawan-kawannya. Dan wanita Muslimah hendaknya mencari, bergaul, dan menjadikan wanita-wanita shalihah sebagai kawan-kawannya. Jangan merasa rendah bergaul dengan orang-orang yang taat, walaupun mereka orang-orang yang kekurangan secara duniawi, namun mereka memiliki derajat di sisi Allâh Yang Maha Tinggi.
.
✅ Allâh Azza wa Jalla berfirman:
.
وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ ۖ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا
.

Dan bersabarlah kamu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan di senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka karena mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini. Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas”
[Al-Kahfi/18: 28]

.
✅ Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di rahimahullah mengatakan bahwa Allâh Azza wa Jalla memerintahkan Nabi-Nya, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam agar beliau bersabar bersama orang-orang Mukmin, orang-orang yang beribadah, orang-orang yang banyak kembali (bertaubat) kepada Allâh. Yaitu orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan di senja hari, yaitu di awal dan akhir siang, mereka mengharap keridhaan-Nya. Allâh Azza wa Jalla menyifati mereka dengan ibadah dan ikhlas dalam beribadah.
.

‼ Di dalam ayat ini terdapat perintah untuk berkawan dengan orang-orang baik, menundukkan jiwa untuk berkawan dan bergaul dengan mereka, walaupun mereka adalah orang-orang miskin, karena sesungguhnya berkawan dengan mereka terdapat faedah-faedah yang tidak terbatas”.
.
✅ Ibrâhim al-Khawwâsh rahimahullah berkata:
.
دَوَاءُ الْقَلْبِ خَمْسَةُ أَشْيَاءَ: قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ بِالتَّدَبُّرِ، وَخَلَاءُ الْبَطْنِ، وَقِيَامُ اللَّيْلِ، وَالتَّضَرُّعُ عِنْدَ السَّحَرِ، وَمُجَالَسَةُ الصَّالِحِيْنَ
.

Penawar hati itu ada lima : membaca al-Qur’an dengan tadabbur (perenungan), kosongnya perut (dengan puasa-pen), qiyâmul lail (shalat malam), berdoa di waktu sahar (waktu akhir malam sebelum Shubuh), dan duduk bersama orang-orang shalih”.

.
✅ Namun hal ini bukan berarti kita tidak boleh mengenal semua orang. Mengenal semua orang dibolehkan, namun kita jangan menjadikan kawan dekat kecuali orang-orang yang shalih atau shalihah. Kita harus memilih kawan-kawan yang baik untuk keselamatan kita
.
‼ Dinukil dari artikel Abu Ismail Muslim Al-Atsary, Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc
=…
Memilih teman duduk yang baik …..
.
Manusia adalah makhluk sosial sebagaimana mereka diciptakan oleh Allah. Yaitu manusia tidak dapat hidup sendiri atau individu melainkan manusia selalu membutuhkan orang lain. Oleh karena itu setiap manusia pastinya membutuhkan teman.
.
‼ Dalam memilih teman hendaknya memang harus diperhatikan dengan baik. Karena lingkungan pergaulan yang dipilih akan menentukan perkembangan diri seseorang. Lingkungan yang baik akan menciptakan pribadi baik dan sebaliknya lingkungan yang buruk akan menciptakan pribadi buruk tentunya.
.

✅ Allah berfirman,
.
یَـٰۤأَیُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِی خَلَقَكُم مِّن نَّفۡسࣲ وَ ٰ⁠حِدَةࣲ وَخَلَقَ مِنۡهَا زَوۡجَهَا وَبَثَّ مِنۡهُمَا رِجَالࣰا كَثِیرࣰا وَنِسَاۤءࣰۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِی تَسَاۤءَلُونَ بِهِۦ وَٱلۡأَرۡحَامَۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَیۡكُمۡ رَقِیبࣰا.
.
Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (An Nisa : 1)
.
✅ Rasulullah صلى الله عليه وسلم telah memberikan bimbingan kepada kaum muslimin dalam memilih teman duduknya. Karena teman duduk sangat besar sekali pengaruhnya terhadap akhlak dan kepribadian seseorang. Beliau bersabda,
.
إِنَّمَا مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السُّوءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رَيْحًا طَيِّبَةً، وَنَافِخُ الْكِيْرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيْحًا خَبِيثَةً
.
Permisalan teman duduk yang saleh dan teman duduk yang buruk seperti penjual misik dan pandai besi. Adapun penjual misik, boleh jadi ia memberimu misik, engkau membeli darinya, atau setidaknya engkau akan mencium bau harumnya. Adapun pandai besi, boleh jadi akan membuat bajumu terbakar atau engkau mencium bau yang tidak enak.”(HR Al-Bukhari 2101, Muslim, 37—38)
.
✅ Imam An Nawawi رحمه الله menjelaskan bahwa dalam hadist ini terdapat permisalan teman yang shalih dengan seorang penjual minyak wangi dan teman yang jelek dengan seorang pandai besi. Hadits ini juga menunjukkan keutamaan bergaul dengan teman shalih dan orang baik yang memiliki akhlak yang mulia, sikap wara’, imu, dan adab. Sekaligus juga terdapat larangan bergaul dengan orang yang buruk, ahli bid’ah, dan orang-orang yang mempunyai sikap tercela lainnya.” (Syarh Shahih Muslim 4/227)
.
‼ Banyak orang yang terjerumus ke dalam lubang kemakisatan dan kesesatan karena pengaruh teman bergaul yang jelek. Namun juga tidak sedikit orang yang mendapatkan hidayah dan banyak kebaikan disebabkan bergaul dengan teman-teman yang shalih.
.
✅ Mu’aadz bin Jabal رضي الله عنه berkata:
.
إيّاك وكلّ جليسٍ لا يفيدك علماً.
.
Berhati-hatilah engkau terhadap setiap teman duduk yang tidak memberikan faedah ilmu kepadamu” [Al-Adabusy-Syar’iyyah, Ibnu Muflih Al-Hanbaliy, 3/544].
.
Teman yang shalih punya pengaruh untuk menguatkan iman dan terus istiqamah. Seseorang akan terpengaruh dengan kelakuan baiknya hingga semangat untuk beramal.
.
✅ Sebagaimana kata pepatah Arab,
.
الصَّاحِبُ سَاحِبٌ
.
Yang namanya sahabat bisa menarik (mempengaruhi).
.
Wallahu a’lam
Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc
=…

“~~“~~ Lanjut ke Halaman 2 ~~“~~“