Kitab Syamail Muhammadiyah Sifat dan Akhlak yang dimiliki Nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam (Bag.2)
.

Alhamdulillah
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in
.

Ustadz Ratno, Lc-Kitab Syamail Muhammadiyah
Halaqah 06 | Hadits 5 Dan 6
bit.ly/SyamailMuhammadiyah-06
Halaqah 07 | Hadits 7
bit.ly/SyamailMuhammadiyah-08
Halaqah 08 | Hadits 8
bit.ly/SyamailMuhammadiyah-08
Halaqah 09 | Hadits 9
bit.ly/SyamailMuhammadiyah-09
Halaqah 10 | Hadits 10
bit.ly/SyamailMuhammadiyah-10
Mukhtashor as-Syamail al-Muhammadiyyah-Figur Rosululloh shollaAllohu ‘alayhi wa sallam (288Halaman)
https://archive.org/download/FigurRosululloh/Figur%20Rosululloh.p
df
=….
بسم الله الرحمن الرحيم
.
Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada.Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba’du:
Berikut pembahasan tentang, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat,
Open Donasi,Sedekah,Waqaf,Infaq: https://bit.ly/2JIhYq3
kunjungi blog di https://bit.ly/2L0zNlR
Ebook Islam https://bit.ly/2vjhBt1
Mp3 Kajian: https://bit.ly/2Vg2wqJ
Ebook Islam 2: https://bit.ly/2UBykBM
mp3 kajian sunnah 2: https://bit.ly/2DDAn2x
Gabung Grup Kajian Sunnah dan Bimbingan Islam: https://bit.ly/2IAuxmR
GABUNG GRUP WA DAKWAH SUNNAH DAN BIMBINGAN ISLAM
IKHWAN
https://chat.whatsapp.com/IjMAdVcal3SBEZyFUOgN9l
AKHWAT
https://chat.whatsapp.com/JHqH7FbZoQeJAKJtgqsRv0
=..

.
➡ *KITAB SYAMAIL MUHAMMADIYAH, HADITS 5 Dan 6*
.
Beliau berkata .
.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ قَالَ: حَدَّثَنَا الْمَسْعُودِيُّ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ مُسْلِمِ بْنِ هُرْمُزَ، عَنْ نَافِعِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ: «لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالطَّوِيلِ وَلَا بِالْقَصِيرِ، شَثْنُ الْكَفَّيْنِ وَالْقَدَمَيْنِ، ضَخْمُ الرَّأْسِ، ضَخْمُ الْكَرَادِيسِ، طَوِيلُ الْمَسْرُبَةِ، إِذَا مَشَى تَكَفَّأَ تَكَفُّؤًا كَأَنَّمَا يَنْحَطُّ مِنْ صَبَبٍ، لَمْ أَرَ قَبْلَهُ وَلَا بَعْدَهُ مِثْلَهُ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ» .
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ وَكِيعٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنِ الْمَسْعُودِيِّ، بِهَذَا الْإِسْنَادِ نَحْوَهُ بِمَعْنَاهُ
.
_(Imam At Tirmidzi membawakan hadist ini lengkap dengan jalur periwayatannya berjumlah dua jalur hingga Ali bin Abi Thalib radhiyallāhu ‘anhu, beliau berkata:)_
_“Rasulullah shallallāhu ‘alayhi wa sallam bukanlah seorang yang terlalu tinggi namun juga tidak pendek. Kedua kulit telapak tangan dan telapak kaki Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam tebal. Kepala serta persendian Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam besar. Rambut yang diantara dada hingga pusar memanjang. Jika berjalan, seakan-akan beliau sedang berjalan menurun. Aku –kata Ali radhiyallāhu ‘anhu- tidak pernah melihat orang seperti Beliau sebelum dan sesudahnya.”_
.
Hadist ini diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi sendiri dalam kitab Jami’ atau Sunan At Tirmidzi dengan nomer 3637 dan beliau berkata tentang kedudukan hadist ini :
.
هذا حديث حسن صحيح
.
_“Hadist ini hasan shahih.”_
.
Apa yang bisa kita ambil pelajaran dari hadits yang baru saja kita baca tadi ?

.
➡ 1. Hadits ini memberikan informasi kepada kita bahwa Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam adalah seorang yang kuat.
.
Dari mana kita ambil kesimpulan tersebut ?
Kesimpulan tersebut bisa kita simpulkan ketika shahabat Ali radhiyallāhu ‘anhu menyampaikan bahwa kulit telapak tangan dan telapak kaki Beliau tebal, serta kepala dan persendian Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam yang mulia juga besar. Ini semua menandakan bahwa Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam adalah seorang yang memiliki tubuh yang kuat.
.
➡ 2. Dari hadits ini, kita juga bisa menyimpulkan, bahwa Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam memiliki rambut halus yang memanjang diantara dada hingga pusar beliau yang mulia.
.
➡ 3. Dalam hadits ini kita juga bisa tahu tentang cara berjalan beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam. Disebutkan dalam hadist ketika beliau berjalan, seakan-akan beliau sedang berjalan menurun, langkah kakipun relatif cepat dan lebar, sebagaimana saat sedang berjalan menurun.
.
➡ 4. Dan Beliau merupakan seorang sosok yang tidak akan pernah ada yang menyamainya. Sebagaimana kata Ali radhiyallāhu ‘anhu, “Aku tidak pernah melihat seorang seperti Beliau, sebelum dan sesudahnya.”
.
Dan ini semua karena beliau sangat sempurna, dan sangat sejuk untuk dipandang.
Semoga Allah karuniakan kepada kita rasa cinta kepada Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam, dan bisa mengikuti sunnah-sunnah yang Beliau ajarkan.
.
Dan semoga dengan kajian ini, jika suatu saat kita bermimpi bertemu Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam kita bisa memastikan bahwa orang yang nampak dalam mimpi kita itu benar-benar rasulullah shallallāhu ‘alayhi wa sallam, bukan setan yang sedang menyamar.
.

Demikian kajian kita kali ini, semoga bermanfaat.
=…
➡ KITĀB SYAMĀIL MUHAMMADIYAH, HADĪTS 07*
..
Beliau berkata:
.
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ الضَّبِّيُّ الْبَصْرِيُّ، وَعَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، وَأَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ وَهُوَ ابْنُ أَبِي حَلِيمَةَ، وَالْمَعْنَى وَاحِدٌ، قَالُوا: حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ، عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ مَوْلَى غُفْرَةَ قَالَ: حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ مِنْ وَلَدِ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ: كَانَ عَلِيٌّ إِذَا وَصَفَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” لَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ بِالطَّوِيلِ الْمُمَّغِطِ، وَلَا بِالْقَصِيرِ الْمُتَرَدِّدِ، وَكَانَ رَبْعَةً مِنَ الْقَوْمِ، لَمْ يَكُنْ بِالْجَعْدِ الْقَطَطِ، وَلَا بِالسَّبْطِ، كَانَ جَعْدًا رَجِلًا، وَلَمْ يَكُنْ بِالْمُطَهَّمِ وَلَا بِالْمُكَلْثَمِ، وَكَانَ فِي وَجْهِهِ تَدْوِيرٌ أَبْيَضُ مُشْرَبٌ، أَدْعَجُ الْعَيْنَيْنِ، أَهْدَبُ الْأَشْفَارِ، جَلِيلُ الْمُشَاشِ وَالْكَتَدِ، أَجْرَدُ ذُو مَسْرُبَةٍ، شَثْنُ الْكَفَّيْنِ وَالْقَدَمَيْنِ، إِذَا مَشَى تَقَلَّعَ كَأَنَّمَا يَنْحَطُّ فِي صَبَبٍ، وَإِذَا الْتَفَتَ الْتَفَتَ مَعًا، بَيْنَ كَتِفَيْهِ خَاتَمُ النُّبُوَّةِ، وَهُوَ خَاتَمُ النَّبِيِّينَ، أَجْوَدُ النَّاسِ صَدْرًا، وَأَصْدَقُ النَّاسِ لَهْجَةً، وَأَلْيَنُهُمْ عَرِيكَةً، وَأَكْرَمُهُمْ عِشْرَةً، مَنْ رَآهُ بَدِيهَةً هَابَهُ، وَمَنْ خَالَطَهُ مَعْرِفَةً أَحَبَّهُ، يَقُولُ نَاعِتُهُ: لَمْ أَرَ قَبْلَهُ وَلَا بَعْدَهُ مِثْلَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ”
.

Kemudian Imām At Tirmidzī membawakan penjelasan Al Ashma’i tentang kata-kata asing yang dipakai dalam hadīts ini, akan tetapi kita tidak akan membacakannya dan kami cukupkan dengan terjemahan bahasa Indonesia yang akan kita bawakan karena telah mengandung tafsiran-tafsiran tersebut.
.
Dalam hadīts ketujuh ini, Imām At Tirmidzī membawakan hadīts yang cukup panjang dengan sanad periwayatannya hingga Āli bin Abī Thālib radhiyallāhu ta’āla ‘anhu.
.


_Ketika mensifati Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam, Āli radhiyallāhu ta’āla ‘anhu berkata:_
_”Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) bukanlah seorang yang sangat tinggi, bukan pula seorang yang sangat pendek. Beliau adalah sosok yang memiliki tinggi ideal._
_Rambut Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) tidak keriting tidak pula lurus, tapi tengah tengah di antara keduanya, dengan kata lain rambut beliau sedikit bergelombang._
_Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) tidak gemuk, wajah Beliau yang mulia tidak bundar secara total namun juga tidak lancip, tengah-tengah di antara keduanya._
_Walaupun begitu wajah Beliau lebih dekat dengan bundar, dengan warna putih kemerahan._
_Bola mata Beliau hitam pekat, dengan bulu mata yang cukup panjang._
_Persendian Beliau besar, dada bidang, badan Beliau tidak ada bulunya kecuali yang ada di antara dada dan pusar_
_Kulit telapak tangan dan telapak kaki Beliau tebal, jika berjalan, seakan akan sedang berjalan menurun._
_Jika menoleh kebelakang, seluruh badan Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) akan ikut berputar._
_Ada tanda atau cap kenabian di punggung Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) dan tidak ada nabi setelahnya._
_Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam adalah seorang yang paling bagus dadanya, paling jujur ucapannya, lembut kepribadiannya, Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) adalah seorang shahābat yang sangat baik._
_Seorang yang baru melihatnya akan menaruh rasa hormat kepadanya dikarenakan kewibawaan yang Beliau miliki, dan seorang yang telah bergaul lama dengan Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) pasti akan akan mencintainya._
_Jika ada orang yang mensifati Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) pasti ia akan berkata: “Aku belum pernah melihat seorang seperti Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) sebelum dan sesudahnya”.”_

.

Hadīts ini diperbincangkan oleh para ulamā dan Syaikh Abdurrazāq Al Badr mengatakan hadīts ini dhaif (lemah).
.
Bahkan Imām At Tirmidzī sendiri ketika meriwayatkan hadīts ini dalam kitāb Sunan beliau, beliau mengatakan: “Dan hadīts ini jalan periwayatannya terputus tidak bersambung.” (Lihat Sunnan At Tirmidzī nomor 3638).

.

Namun sifat-sifat yang ada dalam hadīts ini didukung oleh hadīts-hadīts lain, sehingga tidak boleh bagi kita mengingkari sifat-sifat yang ada dalam hadīts ini, jika sifat-sifat tersebut telah didukung oleh hadīts-hadīts lain yang hasan atau shahīh .
.

➡ Adapun pelajaran yang bisa kita ambil dari hadīts ini adalah :
Tentang tinggi Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) yang ideal, sebagaimana telah berlalu penyebutannya dalam hadīts-hadīts yang lain.
⑵ Tentang rambut Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam), rambut Beliau tidak keriting dan juga tidak lurus 100%, namun rambut Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) sedikit bergelombang.
⑶ Tentang badan Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) yang tidak gemuk.
⑷ Tentang wajah Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) yang tidak bundar namun juga tidak lancip, mungkin dalam bahasa kita disebut lonjong, Wallāhu A’lam.
⑸ Tentang warna wajah Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam), yang mana warnanya adalah putih kemerahan.
⑹ Tentang mata Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) bahwa bola mata Beliau berwarna hitam pekat, dengan bulu mata yang cukup panjang.
⑺ Badan Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) kekar dan kuat, karena persendian Beliau besar, dada bidang, kulit telapak tangan dan telapak kaki tebal.
⑻ Badan Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) tidak berambut / berbulu, kecuali yang berada di antara dada dan pusar dan beberapa tempat lainya.
⑼ Tentang cara berjalan Beliau, Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) jika berjalan akan berjalan dengan cepat, tidak malas-malasan, seakan-akan Beliau sedang berjalan menurun.
⑽ Tentang kewibawaan Beliau, dan hal itu ditunjukan saat Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) menoleh kebelakang, ketika menoleh kebelakang Beliau tidak hanya menolehkan wajahnya saja, akan tetapi seluruh badan Beliau ikut berputar.
⑾ Tentang tanda kenabian, tanda kenabian Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) adalah daging yang tumbuh dipunggung. (Dan itulah tanda kenabian yang dulu pernah dicari oleh Salman Al Farisi radhiyallāhu ta’āla ‘anhu saat hendak masuk Islām).
⑿ Tentang dada Beliau, dada Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) sebagaimana kata Āli bin Abī Thālib sangat bagus (dada Beliau bidang).
⒀ Tentang ucapan Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam), Beliau adalah seorang yang jujur ucapannya, bahkan Beliau orang yang paling jujur.
Sebelum diangkat menjadi seorang nabi dan rasūl, Beliau mendapatkan gelar Al Amin dan
Ibnu Mas’ūd radhiyallāhu ta’āla ‘anhu dalam sebuah hadīts mensifati Beliau dengan Ash Shadiq Al Masduq (yang benar lagi dibenarkan).
⒁ Jika ada orang yang baru pertama kali melihat Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) pasti ia akan segan kepadanya, karena sikap dan penampilan Beliau yang berwibawa, dan jika ada orang telah bersahabat lama dan sangat mengenal Beliau, pasti ia akan mencintainya, dan itu semua karena sikap dan akhlaq Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam).
⒂ Jika ada seorang yang mensifati Beliau, pasti ia akan mengatakan, “Aku belum pernah melihat seorang seperti beliau sebelum dan sesudahnya.”
Semoga shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) keluarga dan para shahābatnya.
Semoga bermanfaat

=…
➡ *KITĀB SYAMĀIL MUHAMMADIYAH, HADĪTS 08*
.
Beliau berkata :
.
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ وَكِيعٍ قَالَ: حَدَّثَنَا جُمَيْعُ بْنُ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْعِجْلِيُّ إِمْلَاءً عَلَيْنَا مِنْ كِتَابِهِ قَالَ : أَخْبَرَنِي رَجُلٌ مِنْ بَنِي تَمِيمٍ مِنْ وَلَدِ أَبِي هَالَةَ زَوْجِ خَدِيجَةَ، يُكَنَى أَبَا عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ ابْنٍ لِأَبِي هَالَةَ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ: سَأَلْتُ خَالِي هِنْدَ بْنَ أَبِي هَالَةَ، وَكَانَ وَصَّافًا، عَنْ حِلْيَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَنَا أَشْتَهِي أَنْ يَصِفَ لِي مِنْهَا شَيْئًا أَتَعَلَّقُ بِهِ، فَقَالَ: ” كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَخْمًا مُفَخَّمًا، يَتَلَأْلَأُ وَجْهُهُ تَلَأْلُؤَ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ، أَطْوَلُ مِنَ الْمَرْبُوعِ، وَأَقْصَرُ مِنَ الْمُشَذَّبِ، عَظِيمُ الْهَامَةِ، رَجِلُ الشَّعْرِ، إِنِ انْفَرَقَتْ عَقِيقَتُهُ فَرَّقَهَا، وَإِلَّا فَلَا يُجَاوِزُ شَعْرُهُ شَحْمَةَ أُذُنَيْهِ إِذَا هُوَ وَفَّرَهُ، أَزْهَرُ اللَّوْنِ، وَاسِعُ الْجَبِينِ، أَزَجُّ الْحَوَاجِبِ سَوَابِغَ فِي غَيْرِ قَرَنٍ، بَيْنَهُمَا عِرْقٌ يُدِرُّهُ الْغَضَبُ، أَقْنَى الْعِرْنَيْنِ، لَهُ نُورٌ يَعْلُوهُ، يَحْسَبُهُ مَنْ لَمْ يَتَأَمَّلْهُ أَشَمَّ، كَثُّ اللِّحْيَةِ، سَهْلُ الْخدَّيْنِ، ضَلِيعُ الْفَمِ، مُفْلَجُ الْأَسْنَانِ، دَقِيقُ الْمَسْرُبَةِ، كَأَنَّ عُنُقَهُ جِيدُ دُمْيَةٍ فِي صَفَاءِ الْفِضَّةِ، مُعْتَدِلُ الْخَلْقِ، بَادِنٌ مُتَمَاسِكٌ، سَوَاءُ الْبَطْنِ وَالصَّدْرِ، عَرِيضُ الصَّدْرِ، بَعِيدُ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ، ضَخْمُ الْكَرَادِيسِ، أَنْوَرُ الْمُتَجَرَّدِ، مَوْصُولُ مَا بَيْنَ اللَّبَّةِ وَالسُّرَّةِ بِشَعْرٍ يَجْرِي كَالْخَطِّ، عَارِي الثَّدْيَيْنِ وَالْبَطْنِ مِمَّا سِوَى ذَلِكَ، أَشْعَرُ الذِّرَاعَيْنِ وَالْمَنْكِبَيْنِ وَأَعَالِي الصَّدْرِ، طَوِيلُ الزَّنْدَيْنِ، رَحْبُ الرَّاحَةِ، شَثْنُ الْكَفَّيْنِ وَالْقَدَمَيْنِ، سَائِلُ الْأَطْرَافِ – أَوْ قَالَ: شَائِلُ الْأَطْرَافِ – خَمْصَانُ الْأَخْمَصَيْنِ، مَسِيحُ الْقَدَمَيْنِ، يَنْبُو عَنْهُمَا الْمَاءُ، إِذَا زَالَ زَالَ قَلِعًا، يَخْطُو تَكَفِّيًا، وَيَمْشِي هَوْنًا، ذَرِيعُ الْمِشْيَةِ، إِذَا مَشَى كَأَنَّمَا يَنْحَطُّ مِنْ صَبَبٍ، وَإِذَا الْتَفَتَ الْتَفَتَ جَمِيعًا، خَافِضُ الطَّرْفِ، نَظَرُهُ إِلَى الْأَرْضِ أَطْوَلُ مِنْ نَظَرِهِ إِلَى السَّمَاءِ، جُلُّ نَظَرِهِ الْمُلَاحَظَةُ، يَسُوقُ أَصْحَابَهُ وَيَبْدَأُ مَنْ لَقِيَ بِالسَّلَامِ ”
.

Imām At Tirmidzī rahimahullāhu ta’ālā membawakan hadīts ini lengkap dengan jalur periwayatannya hingga Hind Ibnu Abū Halah radhiyallāhu ta’āla ‘anhu yang mana beliau adalah anak dari Khadījah radhiyallāhu ta’āla ‘anhā dan merupakan anak tiri Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam, dan beliau adalah seorang yang pandai mensifat seseorang.

Beliau berkata :
_”Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam adalah seorang yang agung, dari sisi penampilan, serta sifatnya-sifatnya, lagi seorang yang sangat dihormati oleh para shahābatnya dan orang-orang yang melihatnya. Wajah Beliau bersinar sebagaimana sinar bulan saat purnama._
_Jika dibandingkan dengan orang yang tingginya sedang, maka Beliau lebih tinggi darinya, tapi jika dibandingkan dengan orang yang terlalu tinggi, Beliau berada dibawahnya (artinya) Beliau tinggi namun tidak terlalu tinggi._
_Kepala Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) besar, dengan rambut yang sedikit bergelombang, jika rambut Beliau mungkin untuk dibelah dua dibelakang, Beliau akan membelahnya, namun jika tidak memungkinkan maka Beliau tidak membelahnya, dikarenakan rambut Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) sedang pendek tidak melebihi kedua daun telinganya._
_Warna kulit Beliau putih kemerahan, dahi Beliau lebar, alis Beliau tipis lagi panjang yang sempurna namun kedua alis tersebut tidak bersambung di tengah-tengahnya, dan di antara keduanya ada daging yang hanya terlihat saat beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) marah._
_Hidung Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) panjang, terpancar cahaya dari atasnya. Orang yang tidak memperhatikan Beliau dengan detail akan mengatakan Beliau memiliki hidung yang besar dari atas hingga bawah dengan ukuran yang sama (padahal tidak begitu. Beliau memiliki jenis hidung yang panjang, ujung hidungnya cenderung lancip, dan tengahnya sedikit meninggi, hidung yang baik dan ideal)._
_Jenggot Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) lebat, kedua pipi Beliau datar tidak menggembung, bibir Beliau besar (yang menandakan akan kefasihan beliau saat berbicara)._
_Gigi Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) terpisah antara satu dengan yang lainnya (ini menunjukan keindahan pada gigi Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam)._
_Ada yang bulu lembut di antara dada dan pusar Beliau yang mulia. Leher Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) memiliki tinggi yang ideal seakan-akan berwarna perak yang jernih, dengan perawakan yang bagus, memiliki badan yang berisi, tidak gemuk dan tidak kurus kering._
_Dada dan perut Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) berada pada satu garis lurus, dada Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) lebar._
_Persendian Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) lebar, yang menandakan akan kekuatan Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam)._
_Bagian badan Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) yang tidak tertutupi pakaian atau rambut akan terlihat bersinar, antara pusar dan lekukan atas dada terhubung dengan rambut yang halus seperti satu garis._
_Namun di atas kedua dada dan perut Beliau tidak ditumbuhi rambut, lengan bawah, bahu dan dada ataslah yang berambut._
_Lengan Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) panjang, dengan telapak tangan yang lebar, dan kulit telapak tangan serta telapak kaki Beliau tebal, disertai jari tangan yang cukup panjang dengan panjang yang ideal._
_Lekukan telapak kaki Beliau tidak terlalu tinggi, sedang-sedang saja, kedua kaki Beliau tidak ada lekukan, jika dituangkan air keatasnya, air tersebut akan mengalir dan tidak meninggalkan sisa._
_Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) jika mengangkat kakinya untuk berjalan, Beliau akan angkat dengan kuat, tanpa rasa malas, dan saat Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) menapakkan kakinya, Beliau letakan dengan cepat, namun ketika berjalan Beliau berjalan dengan rendah hati tidak sombong._
_Langkah kaki Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) lebar tanpa dipaksa-paksakan, seakan-akan Beliau sedang berjalan menurun._
_Jika Beliau ingin melihat kebelakang, Beliau akan memutar seluruh badannya, dan ini menunjukan akan kewibawaan Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam)._
_Beliau biasa menjaga dan menundukan pandanganya, melihat ke bawah (bumi) lebih sering dilakukan dari pada melihat ke langit, dan sebagaian besar pandangan Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) bermaksud untuk bertafakur dan bertadabur._
_Jika berjalan Beliau berada di belakang para shahābatnya, jika bertemu orang lain, Beliau bersegera untuk mengucapkan salam._

.

_________ Lanjut Ke Halaman 2 ________