Khilafah Islamiyyah Dalam Pandangan Islam
.

Khilafah adalah Anugerah dari Allâh-Ust.Abudllah Taslim
https://kajian.net/kajian-audio/Ceramah/Abdullah%20Taslim/Khilafah%20atau%20Syariah/Khilafah%20atau%20Syariah%2001%2C%20Materi.mp3?l=12
Khilafah Islamiyah-Ust.Ali Musri Semjan Putra

Khilafah-Ust.Abu Ubaidah As Sidawy

Ustadz Wira Mandiri Bachrun – Sirah Khulafaur Rasyidin
https://archive.org/details/UWMB-4Khilafah
Politik Bukan Duniamu Kembalilah Ke Majelis Ilmu-Ustadz Harits-Abu Naufal.webm
https://app.box.com/s/4keac9qubg02hdo08t6m5qox7cn0otwy
.
*Ebook*
Dakwah ke Jalan-Allah & Akhlak-Seorang Dai-Ustadz Abu Salma Muhammad(98Hlm)

https://app.box.com/s/k1dwf3grp3olr94li1gz2wgygjmkgha5
Dakwah Khilafah Atau Dakwah Tauhid-[71hlm]
https://app.box.com/s/df1dcrn6g760loiqxn51gdq6mixibhgt
Politik Islam-Muhammad bin Shalih Al Utsaimin[336Hlm]
https://app.box.com/s/7a7u4ur3nqyra31nrja0cagyz8h5am95


Hizbut Tahrir Dari Mereka dan Untuk Mereka-Ust.Abu Salma(41hlm)


Khilafah Di Atas Manhaj Nubuwwah
https://www.box.com/s/89558936a36fa343d368
Menelanjangi Ikhwanul Muslimin-Ust Abu Farouq Rasul bin Dahri (160hlm)

Klik untuk mengakses menelanjangi%20ikhwanul%20muslimin.pdf


Dakwah Salafiyyah versus Dakwah Hizbiyyah
https://www.box.com/s/8ffb8add48f83f9147ca
KATAKAN TIDAK PADA-HIZBIYYAH-SIKAP BERKELOMPOK-KELOMPOK(SEKTARIANSIME) DAN BERGOLONG-GOLONGAN (PARTISAN)(21hlm)

Klik untuk mengakses katakan-tidak-hizbiyah.pdf


Kesesatan ikhwanul Muslimin
https://www.box.com/s/e50a1e09a07968cea9d5
*Metode Ahli Sunnah Dalam Bermuamalah Dengan Penguasa-Ust.Abul Aswad Al Bayaty (373Hlm)*
https://app.box.com/s/qqa6dexhvikjttx7g4rm2r4obsv8khzp
https://drive.google.com/file/d/19REe15YbzCq61JLvHrCu7zN49nbst57-/view .
*Prinsip Ahlus sunnah terhadap Penguasa-(43Hlm)*
https://app.box.com/s/4zkr6vuc72ngdzm9x5abf44k8akthrdt

Klik untuk mengakses PDF-Prinsip-Ahlus-sunnah-terhadap-Penguasa-REVISI.pdf


*Fatwa Ulama Seputar Penguasa Di Era Kontemporer-Abul Fatih Ristiyan (147Hlm)*
https://drive.google.com/file/d/0B8BAdLeyTJJoTHU3bm1ZT0paZ1E/view
*Menyikapi Kejahatan Penguasa*
https://www.box.com/s/996c8e007363590f8a56
Dialog Bersama Ikhwani(Sebuah Kritik dan Koreksi Terhadap Manhaj dan Aqidah Ikhwanul Muslimin)-57hlm

Klik untuk mengakses dialog-bersama-ikhwani-syaikh-abu-abdillah-ahmad-bin-muhammad-asy-syihhi-gratis.pdf


Pandangan Tajam Terhadap Politik, Antara Haq Dan Bathil-Syaikh Abdul Malik Al-Jazairi-30Mb 368Hlm
https://drive.google.com/uc?id=1YkUOxZeTiBlYTMuWEKZ4-n__fF36dyPN *Metode Ahli Sunnah Dalam Bermuamalah Dengan Penguasa-Ust.Abul Aswad Al Bayaty (373Hlm)*
https://app.box.com/s/qqa6dexhvikjttx7g4rm2r4obsv8khzp
https://drive.google.com/file/d/19REe15YbzCq61JLvHrCu7zN49nbst57-/view .
*Prinsip Ahlus sunnah terhadap Penguasa-(43Hlm)*
https://app.box.com/s/4zkr6vuc72ngdzm9x5abf44k8akthrdt

Klik untuk mengakses PDF-Prinsip-Ahlus-sunnah-terhadap-Penguasa-REVISI.pdf


*Fatwa Ulama Seputar Penguasa Di Era Kontemporer-Abul Fatih Ristiyan (147Hlm)*
https://drive.google.com/file/d/0B8BAdLeyTJJoTHU3bm1ZT0paZ1E/view
*Menyikapi Kejahatan Penguasa*
https://www.box.com/s/996c8e007363590f8a56
Sistem Pemerintahan Khulafaur Rashidin-Abdup Malik Nazhim Abdullah 364hlm
https://drive.google.com/file/d/1u6P_MzvhlUB0JsGCVfE6H47QxVxsLdhp/view
Shahih Asbabun Nuzul(Latar Belakang Turunnya Ayat Al-Qur’an)-Syaikh Muqbil bin Hadi
https://drive.google.com/file/d/1up2uOiqZKX4tNi8eeReZ4JeiCA3dHiaH/view?usp=drivesdk
Demokrasi
https://www.box.com/s/835b32e7db779cfb93db
50 Indikasi Destruktif(Kerusakanl Demokrasi, Pemilu,Partai (Syaikh ‘Abdul Majid ar-Raimi)-38Hlm

Klik untuk mengakses 50%20INDIKASI%20DESTRUKTIF%20DEMOKRASI.pdf


*Mengapa Rakyat Harus Taat*
https://app.box.com/s/itupkcfz6c7egiod4eau
*40 hadits yang menjelaskan kewajiban taat
kepada pemimpin*

Klik untuk mengakses Arbaaun%20Taat.pdf


*Menyikapi Kejahatan Penguasa*
https://www.box.com/s/996c8e007363590f8a56
*106 Hadits larangan keluar dari ketaatan dalam hal yang ma’ruf dan menghasung pemberontakan kepada pemerintahan Muslim yang dzolim 36hlm*
https://app.box.com/s/0syd78gkramdkgjc2c9spno64oeoepg9
*Meninggalkan Syubhat dan Kembali Kepada Ilmu yang Jelas dan TegasTentang Mengenai Pemerintahan Yang Dipimpin Muslim Saat IniYang Mana Pemerintahan dan Sistemnya Dipenuhi Ketidakadilan,Kekufuran dan Kedzaliman-535Hlm*
Link1: https://app.box.com/s/0dw1un9ufoaf7a4xyth1ndexiphf8x61
Link2: https://kautsaramru.files.wordpress.com/2016/12/meninggalkan-syubhat-dan-kembali-kepada-ilmu-yang-jelas-dan-tegas-mengenai-pemerintahan1.pdf
.
*Audio mp3*
*Ahlussunnah Sejati itu Wajib Taat Kepada Pemimpin Bukan Dicaci Maki – Ustadz Mizan Qudsyiah, Lc, MA. 21.7Mb*
https://app.box.com/s/o88be0d7ixg89no0mz93w13yjqlgderv
*Khawarij, Kelompok Sesat Yang Suka Memberontak Kepada Pemimpin – Ustadz Dahrul Falihin, Lc*
https://app.box.com/s/t3j56me2w9fj7lmhgri9fc3osi5dgu9d
*Syarat Pengangkatan Pemimpin dalam Islam – Ustadz Mizan Qudsyiah, Lc., M.A. 18.5Mb*
https://app.box.com/s/67f6p4wravs75e3cdv43lk7p6sknjzbs
*Nasehat Bagi Pemimpin – Ustadz Mizan Qudsiyah, Lc. MA 19mb*
https://app.box.com/s/thzhbyohk04v61xsjna7yny2nf8iz9y5
*Sikap Ahlussunnah Kepada Pemimpin Yang Sudah Sah – Ustadz Mizan Qudsyiah, Lc, MA26Mb*
https://app.box.com/s/g2pnbg5t4fy871m1r5l9e46dq3by821y
*Renungan untuk Saudaraku Demonstran-Ust Sofyan Chalid Ruray 17.6Mb*
https://app.box.com/s/jknm66l8nrj3y3n3u5s1gn2r6tjiqsnf
*Konsisten Bersama Jamaah Kaum Muslimin – Ustadz Mizan Qudsyiah, M.A. 21Mb*
https://app.box.com/s/6wj9adhwkp4td3d0c5t63za0uokosur7
*KAIDAH KEPEMIMPINAN-Ustadz Muhammad Chusnul Yaqin, M.Pd.I*
https://bit.ly/2YbHJXy (23 mb)
*PRINSIP AHLI SUNNAH TERHADAP PENGUASA-Ustadz Abu Ubaidah As Sidawi*
https://bit.ly/2Yp1hmv (32 mb)
*KEWAJIBAN PENGUASA-Ustadz Abu Ghozie As Sundawy*
https://bit.ly/2GyjtE1 (24 mb)
*Ketaatan Kepada Pemimpin Jangan Kebablasan! – Ustadz Mizan Qudsyiah, Lc, MA 18Mb*
https://app.box.com/s/hsjihcub03suoa945uj1j9qbh4uowc3d
*Tetap Bersama Pemimpin Kaum Muslimin – Ustadz Mizan Qudsyiah, Lc., M.A.16Mb*
https://app.box.com/s/9hfafju3i2v3yr9ln9yxpgaair1uzfi8
*Bolehkah Mencela Pemimpin yang Zhalim-Ust.Harits Abu Naufal.mp3*
https://app.box.com/s/irw7eer5i7kca97br0ouxbpa2qev0z2x
*Pemimpinmu Zalim Bercerminlah…!-Ust.Sofyan Chalid Ruray*
https://app.box.com/s/lol3cgwcfx09dbt76ia7uektlln9xsgt
*Pemberontak dan Pendukung Kezaliman Penguasa Akan Terusir Dari Telaga Nabi-Ust.Sofyan Chalid Ruray.webm*
https://app.box.com/s/ynkwan4wes7a9ji3o4ajyt1n95el3yvo
*Sabar Hadapi Kezaliman Penguasa, Jangan Terprovokasi dan Demo-Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray.webm*
https://app.box.com/s/w18syv4v5r6eqp1pttrmaf9dt3v8s4u2
*Kewajiban Rakyat Terhadap Pemimpin-Ust Anas Burhanuddin.Lc MA 6Mb 33mnit*
https://drive.google.com/file/d/1McU3mghyVw6iDU3fvUdVUzj7MNbDZ0KJ/view?usp=drivesdk
*Kewajiban Taat Kepada Pemimpin Muslim-Ust Ahmad Zainuddin 3Mb18mnit*
https://app.box.com/s/xblbmijrw9uf1ozfte8k0s93656x8wno
*Bersabar dan Tidak Menarik Ketaatan Kepada Pemimpin-Ust Zainal Abidin Syamsudin 2Mb13mnit*
https://app.box.com/s/pay48dlnz0sutj0sy5h9g5un5k7scb5q
*Taati Pemimpin Muslim Meskipun Dzalim – Ustadz Anas Burhanuddin 1Mb*
https://app.box.com/s/jy48glqncsalr9h7b7xmheh0hk54y5ki
==…  
Khalifah Sedunia Harus Satu?

Khalifah Sedunia Harus Satu?


Lebih Penting Khilafah ataukah Dakwah Tauhid? https://muslim.or.id/4328-lebih-penting-khilafah-ataukah-dakwah-tauhid.html
Hukum Syar’i Terkait Khilafah Dan Bagaimana Khilafah Diwujudkan
https://almanhaj.or.id/7070-hukum-syari-terkait-khilafah-dan-bagaimana-khilafah-diwujudkan.html
Salah Kaprah Istilah “Khalifah”

Salah Kaprah Istilah “Khalifah”


Benarkah Khilafah Islamiyyah Adalah Tujuan? (1)

Benarkah Khilafah Islamiyyah Adalah Tujuan? (1)


Benarkah Khilafah Islamiyyah Adalah Tujuan? (2)

Benarkah Khilafah Islamiyyah Adalah Tujuan? (2)


Benarkah Khilafah Islamiyyah Adalah Tujuan? (3)

Benarkah Khilafah Islamiyyah Adalah Tujuan? (3)


.
Gabung Grup WA
Khusus Ikhwan
https://chat.whatsapp.com/IZlFH3S1yTMDDwByL7jpLu
.
Khusus Akhwat
https://chat.whatsapp.com/CkYZuMBZ4cS9pbNzWxvAlD
=
*Khilafah merupakan bagian dari Islam, itu Benar.*
*Tapi memaksakan Khilafah dengan segala cara, itu Tidak Benar.*
.
*Khilafah adalah Anugerah dari Allâh, yang sudah tercabut sejak Al-Hasan bin Ali bin Abi Thâlib radhiyallâhu `anhuma, menyerahkan tampuk pimpinan kepada Mu`âwiyah bin Abi Sufyân-radhiyallâhu `anhuma, sebaik-baik raja dalam Islam, untuk menghentikan pertumpahan darah umat Islam.*
.
*Khilafah apakah akan tegak kembali?*
.
*Ya, kita meyakini itu.*
*Tapi dengan cara Allâh dan sesuai kehendak Allâh, bukan dengan paksaan dari manusia dengan kehendak dan cara manusia.*
.
*Membenci Khilafah, diragukan keimanannya.
Memaksakan Khilafah dengan segala cara, tidak paham konsep khilafah dalam aqidah Islam.*
Wallâhu A`lam
.
✅ *Ahlus Sunnah wal Jama’ah meyakini bahwa empat Sahabat, yakni Abu Bakar, ‘Umar, ‘Utsman dan ‘Ali adalah sebaik-baik umat-setelah Nabi mereka.Mereka adalah al-Khulafaur Rasyidun al-Mahdiyyun berdasarkan urutan, dan mereka adalah orang-orang yang-diberi kabar gembira dengan Surga. Pada merekalah Khilafah Nubiiwwah (kekhalifahan) berlangsung selama 30 tahun beserta-kekhalifahan al-Hasan bin ‘Ali,* berdasarkan sabda Nabi
‼ _*“Khilafah pada umatku berlangsung 30 tahun, kemudian setelah itu kerajaan.”* (HR. Al-Bukhari dan Muslim)_
_[Shahih: Dlriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 4646, 4647). Lihat kitab Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah (no. 459), karya Syaikh al-Albani]_
.
*Khilafah itu diberikan Allâh, bukan ditegakkan Ulil Amri. Syaratnya ada di QS. An-Nûr: 55*
.
Allah Subhahu wa Ta’ala berfirman:

وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَـيَسْتَخْلِفَـنَّهُمْ فِى الْاَ رْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۖ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِيْنَهُمُ الَّذِى ارْتَضٰى لَهُمْ وَلَـيُبَدِّلَــنَّهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ اَمْنًا ۗ يَعْبُدُوْنَنِيْ لَا يُشْرِكُوْنَ بِيْ شَيْـئًــا ۗ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ فَاُ ولٰٓئِكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ
.
*”Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridai. Dan Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatu pun. Tetapi barang siapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.”*
(QS. An-Nur 24: Ayat 55)
.
[1] Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan mengerjakan amal saleh, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi [2]sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa[3] , dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah Dia ridhai (Islam) [4] . Dan Dia benar-benar akan mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu pun. Tetapi barang siapa (tetap) kafir setelah (janji) itu[5] , maka mereka itulah orang orang yang fasik[6] .


*[1] Hakim meriwayatkan dengan sanadnya yang sampai kepada Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu ia berkata, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya datang ke Madinah, maka orang-orang Anshar mendatangi mereka. Orang-orang Arab kemudian melempar panah dari satu busur, di mana mereka tidak bermalam kecuali dengan senjata dan tidak berada di pagi hari kecuali dengannya, maka mereka berkata, “Tidakkah kamu melihat bahwa kita bangun sampai tidur malam dalam keadaan aman, tenang dan tidak takut kecuali kepada Allah.” Maka turunlah ayat, “Wa’adalahulladziina aamanuu minkum…dst.”* (Hadits ini menurut Hakim shahih isnadnya, namun keduanya (Bukhari-Muslim) tidak menyebutkannya, dan didiamkan oleh Adz Dzahabi). Syaikh Muqbil menjelaskan dalam Ash Shahihul Musnad min Asbaabin Nuzul,“Hadits ini dalam sanadnya terdapat Ali bin Al Husain bin Waqid, ia didha’ifkan oleh Abu Hatim, dan ditinggalkan oleh Bukhari, ia berkata, “Ishaq berpikiran buruk terhadapnya,” namun ditsiqahkan oleh Ibnu Hibban. Sedangkan Nasa’i berkata, “Dia tidak mengapa.” Akan tetapi Al Haitsami dalam Majma’uzzawaa’id juz 7 hal. 83 berkata, “Diriwayatkan oleh Thabrani dalam Al Awsath dan para perawinya adalah tsiqah.” Thabari juga menyebutkan hadits ini pada juz 18 hal. 159 secara mursal dari Abul ‘Aliyah.
.
*[2] Menggantikan orang-orang kafir. Ini termasuk janji-janji Allah yang benar; yang kenyataannya dapat disaksikan, Dia menjanjikan kepada orang yang beriman dan beramal saleh dari umat ini, bahwa Dia akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, mereka akan menjadi khalifah-khalifahnya di sana dan yang mengaturnya, dan bahwa Dia akan meneguhkan agama yang Dia ridhai untuk mereka, yaitu Islam dan mereka akan dapat menegakkan perintah-perintah dalam agama ini dan menegakkan syiar-syiarnya yang sebelumnya dihalangi. Oleh karena itu, ketika generasi pertama umat ini beriman dan beramal saleh, maka Allah memberikan kekuasaan kepada mereka untuk menguasai negeri dan rakyatnya, mereka berhasil menaklukkan negeri yang berada di bagian timur maupun di bagian barat. Ketika itu, tercapai keamanan dan kekuasaan yang sempurna. Hal ini termasuk ayat-ayat Allah yang mengagumkan dan jelas, dan hal ini akan tetap ada sampai hari kiamat selama mereka beriman dan beramal saleh, oleh karenanya apa yang dijanjikan Allah akan terwujud, Dia memberikan kekuasaan kepada kaum kafir dan munafik adalah sebagai pergiliran untuk mereka dalam sebagian waktu disebabkan kaum muslimin tidak memperhatikan iman dan amal saleh.*
.
*[3] Seperti berkuasanya Bani Israil terdahulu menggantikan raja-raja yang kejam.*
.
*[4] Yaitu dengan mengunggulkannya di atas agama yang lain dan membukakan negeri negeri untuk mereka.*
.
*[5] Yakni setelah kaum muslimin berkuasa.*
.
*[6] Yakni keluar dari ketaatan kepada Allah dan mengadakan kerusakan, dan tidak cocok untuk kebaikan, karena orang yang meninggalkan keimanan saat dalam keadaan mulia dan berkuasa, dan tidak ada yang menghalanginya untuk beriman menunjukkan niatnya yang rusak dan maksudnya yang buruk.*
.
*KHILAFAH BUKAN TUJUAN DAKWAH*
.
*Dakwah Ilallah adalah jalan semua rasul dan para pengikut mereka, untuk mengeluarkan mereka dari kegelapan-kegelapan kepada cahaya yang terang benderang, dari kekufuran kepada keimanan, dari kesyirikan kepada tauhid, dan dari neraka ke surga.*
.
*Dakwah para rasul ini berlandaskan asas-asas yang wajib diikuti oleh setiap juru dakwah, agar dakwah mereka membuahkan hasil yang baik, barangsiapa yang berdakwah tanpa memakai asas-asas dakwah para rasul maka dakwah itu tidak bernilai sama sekali di sisi Alloh dan menjadikan daya upaya yang dicurahkan padanya sia-sia.*
.
*Di antara asas-asas dakwah yang benar adalah hendaknya berlandaskan ilmu yang diiringi dengan amalan, ikhlash kepada Alloh bukan untuk mendapatkan dunia dan kedudukan, mendahulukan hal yang paling penting yaitu memperbaiki aqidah dengan mengikhlaskan ibadah semata kepada Alloh dan melarang dari segala macam kesyirikan, inilah jalan dakwah semua rasul sebagaimana dalam firman Alloh:*
.
( وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اُعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ (
.
*“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu”, “* ( An-Nahl : 36 ).
.
*Setiap dakwah yang tidak ditegakkan atas asas-asas ini, dan tidak mengikuti manhaj dakwah para rasul, maka akan berakhir dengan kesia-siaan, dan hanya menghabiskan waktu dan tenaga tanpa faidah, sebagai bukti yang kongkrit terhadap hal ini adalah realita jamaah-jamaah dakwah masakini yang membuat manhaj dakwah sendiri yang menyelisihi manhaj dakwah para rasul, mereka lalaikan masalah yang prinsip, yaitu seruan penegakan aqidah, mereka justru berkutat habis dalam memperjuangkan masalah lainnya*
.
*Di antara jama’ah-jama’ah dakwah yang menyelisihi manhaj para rasul adalah jama’ah dakwah yang mengkonsentrasikan dakwahnya untuk merebut kekuasaan dan mendirikan Khilafah Islamiyyah ( negara Islam ) , model dakwah seperti nampak dengan jelas pada Ikhwanul Muslimin ,Hizbut Tahrir, NII, dan yang sejalan dengan mereka.*
.
*Demikian banyak syubhat yang mereka hembuskan ke dalam tubuh kaum muslimin untuk melariskan dakwah mereka, maka kami melihat pentingnya bantahan kepada mereka dan penjelasan tentang penyimpangan mereka dari dakwah yang haq.*
.
*MANHAJ DAKWAH PARA NABI*
.
*Para nabi adalah manusia-manusia terbaik yang dipilih oleh Alloh sebagai penyampai risalahNya kepada seluruh umat manusia, mengingatkan mereka kepada hikmah penciptaan mereka yaitu agar mereka beribadah kepada Alloh semata, mengagungkanNya, mensucikanNya dari segala kekurangan , sekutu dan tandingan-tandingan bagiNya,* Allah berfirman :
.
(وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ(
.
*“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.”* (Adz-Dzariyyat : 56 ).
.
*Karena inilah maka Tauhid Uluhiyyah adalah prioritas utama dari dakwah semua rasul sejak rasul Yang pertama Nuh hingga yang terakhir Muhammad dan merupakan sebab utama pergulatan semua rasul dengan kaumnya, dan merupakan sebab pergulatan semua umat manusia hingga sekarang dengan pewaris para rasul sebagai ujian bagi mereka untuk meniti kedudukan yang tinggi di sisi Alloh.* Alloh berfirman :
.
( وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اُعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ فَمِنْهُمْ مَنْ هَدَى اللَّهُ وَمِنْهُمْ مَنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلَالَةُ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ(
.
*“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu”, maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul). “* ( An-Nahl : 36 ).
.
*Maka tauhid uluhiyyah adalah da’wah seluruh para nabi, maka tauhid adalah asas terpenting dari risalah yang mereka bawa kepada umat manusia di semua keadaan,tempat dan zaman. Inilah jalan yang wajib ditempuk di dalam berdakwah kepada manusia, dan sunnah yang digariskan oleh Alloh kepada para rasulNya dan kepada para pengikut mereka yang hakiki, tidak boleh diubah dan tidak boleh diganti dengan yang lainnya.*
.
*REAKSI UMAT PARA RASUL TERHADAP DAKWAH TAUHID*
.
*Semua nabi memprioritaskan dakwah mereka kepada tauhid, mengajak kaumnya untuk beribadah kepada Alloh semata dan meninggalkan segala macam kesyirikan, tetapi kaum-kaum mereka – kecuali yang diberi hidayah oleh Alloh tidak mudah menerima seruan setiap nabi mereka, bahkan demikian sangat ejekan, cemoohan, dan pendustaan mereka kepada da’wah setiap nabi mereka, sebagaimana dikisahkan oleh Alloh dalam kitabNya :*
.
( وَكَمْ أَرْسَلْنَا مِنْ نَبِيٍّ فِي الْأَوَّلِينَ.وَمَا يَأْتِيهِمْ مِنْ نَبِيٍّ إِلَّا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِئُونَ(
.
*“Berapa banyaknya nabi-nabi yang telah Kami utus kepada umat-umat yang terdahulu. Dan tiada seorang nabipun datang kepada mereka melainkan mereka selalu memperolok-olokkannya.”* ( Az-Zukhruf : 6-7 ).
.
*Demikian sangat ejekan, cemoohan, dan pendustaan setiap umat kepada da’wah setiap nabi mereka, yang dirasakan sakitnya oleh setiap nabi mereka lebih dari tikaman pedang dan siksaan yang keji.*
.
*Aisyah pernah bertanya kepada Rasulullah; Wahai Rasulullah adakah saat yang lebih berat bagimu dibandingkan dengan saat perang Uhud?“*
.
Rasulullah menjawab : *“Sungguh aku telah menerima perlakuan yang menyakitkan dari kaummu, dan saat yang paling menyakitkan bagiku adalah pada hari ‘Aqabah, waktu itu aku berdakwah kepada kaum Abdu Yalail bin Abdu Kilab, mereka tidak menjawab seruanku, maka pergilah aku meninggalkan mereka dalam keadaan gundah … “* ( Muttafaq Alaih, Shahih Bukhary : 3231 dan Shahih Muslim 3/1421 ).
.
*Kitab-kitab sirah menyebutkan ejekan dan cemoohan kaum Abdu Yalail bin Abdu Kilab dari Tsaqif kepada Rasulullah , seorang dari mereka berkata : “ Jika saja Alloh mengutusmu “, orang kedua berkata : “ Apakah Alloh tidak mendapatkan orang yang diutus selainmu ?! “, orang ketiga berkata : “ Aku tidak mau bicara denganmu selama-lamanya, jika benar kamu adalah utusan Alloh sebagaimana yang kamu omongkan, maka kamu lebih agung dari kuajak bicara, dan kamu berdusta kepada Alloh maka tidak pantas kamu kuajak bicara “. Maka pergilah Rasulullah meninggalkan mereka dalam keadaan gundah* ( Bidayah wan Nihayah oleh Ibnu Katsir 3/135 dan Ad-Durar fi Ikhtisharil Maghazi was Siyar oleh Ibnu Abdil Barr hal. 35 ).
.
*Syahid dari hadits dan kisah di atas bahwasanya apa yang diterima oleh para nabi dari kaumnya yang berupa ejekan dan cemoohan lebih berat bagi mereka dibandingkan dengan semua ujian, bahkan lebih berat dari peperangan yang berkecamuk yang menelan nyawa dan menumpahkan darah para sahabat mereka.*
.
*Pada waktu perang Uhud banyak para sahabat Rasulullah yang gugur, diantara mereka Mush’ab bin Umair dan Hamzah bin Abdul Muthallib paman Rasulullah, bahkan Rasulullah terluka dan patah gigi serinya.Bersamaan dengan itu Rasulullah melihat bahwa ujian terberat yang dia hadapi adalah ejekan dan cemoohan kaum Abdu Yalail pada hari Aqabah*
.
*Karena inilah kita melihat bahwa panyak para da’i yang berpaling dari da’wah para nabi, berpaling dari da’wah tauhid, karena setiap da’i yang menempuh jalan ini akan menempuh jalan yang terjal, akan berhadapan dengan ibunya, bapaknya, saudaranya, para kekasihnya, dan para handai taulannya, bahkan dia akan berhadapan dengan masyarakatnya secara keseluruhan, berhadapan dengan permusuhan, ejekan dan cemoohan mereka.*
.
*Kami katakan kepada para aktivis Islam ini : Hentikan dulu langkah kalian ! , betapapun indah slogan-slogan kalian, dan betapapun lantang suara kalian meneriakkan nama Islam, tetapi sungguh kalian telah keluar dari jalan Alloh yang telah ditempuh oleh kafilah para nabi di dalam dakwah kepada tauhid dan mengikhlaskan agama semata-mata kepada Alloh, apapun alasan dan filsafat kalian sungguh kalian telah berpaling dari manhaj para nabi, kalian sibuk dengan sarana hingga mengorbankan tujuan*
.
*HIKMAH MANHAJ DAKWAH PARA NABI*
.
*Seluruh nabi memulai dakwah mereka dengan memperbaiki aqidah umat mereka dan memerangi kesyirikan, hal ini mengandung hikmah yang agung di antaranya :*
.
*1. Kerusakan-gambar gambar yang berhubungan dengan aqidah manusia dari kesyirikan, khurafat, dan berbagai macam kesesatan lebih berbahaya beribu kali dibandingkan dengan kerusakan-kerusakan yang ditimbulkan oleh jeleknya pemerintahan dan yang lainnya, jika ini tidak kita katakan dan kita yakini maka secara tidak langsung kita telah membodohkan seluruh para nabi, kita berlindung kepada Alloh dari kesesatan.*
.
*Kerusakan-kerusakan yang berhubungan dengan aqidah manusia ini terdapat pada rakyat dan penguasa, karena para penguasa di semua tempat dan zaman – kecuali yang beriman – tunduk kepada berhala-berhala dan kuburan-kuburan, membangunnya dan memberikan persembahan kepadanya, mereka meyakini bahwa berhala-berhala dan kuburan-kuburan itu memiliki kekuasaan gaib di atas kekuatan mereka yang bersifat materi.*
.
*Contoh yang paling jelas dari hal ini adalah seorang thaghut yang menuhankan dirinya yaitu Fir’aun yang berkata dengan congkaknya : “Aku adalah tuhan kalian yang tertinggi “*
.
Alloh mengkisahkan tentang ucapan kaumnya yang menunjukkan kecemburuan dan pembelaan Fir’aun kepada berhala-berhalanya : *“Berkatalah pembesar-pembesar dari kaum Fir`aun (kepada Fir`aun): “Apakah kamu membiarkan Musa dan kaumnya untuk membuat kerusakan di negeri ini (Mesir) dan meninggalkan kamu serta tuhan-tuhanmu?”* (Al-A’raf : 127 )
.
*Tidakkah Engkau melihat bahwa thaghut terbesar di muka bumi yang mengaku dirinya tuhan dia tunduk dan menyembah berhala-berhala.*
.
*Demikian juga Namrudz raja Kaledonia yang mengaku dirinya tuhan membakar Ibrahim karena Ibrahim menghancurkan berhala-berhalanya.*
.
*Demikian juga raja-raja India dan Persia menyembah berhala-berhala dan api, raja-raja Romawi masa lalu dan penguasa-penguasa Eropa dan Amerika masa kini menyembah patung-patung dan salib, dan berapa banyak penguasa-penguasa kaum muslimin masalalu dan masa kini yang terfitnah dengan orang-orang yang sudah mati, membangun kuburan-kuburan mereka, melakukan kesyirikan dengan memberikan kecintaan, harapan dan rasa takut kepada kuburan-kuburan ini.*
.
*Dari sini nampaklah kepadamu kebenaran dan kelurusan manhaj dakwah para nabi, dan pentingnya sikap yang tegas dari berhala-berhala dan kuburan-kuburan.*
.
*2. Sesungguhnya Alloh tidaklah mengutus para rasul melainkan untuk mengajarkan kebaikan kepada manusia dan memperingatkan mereka dari adzab Alloh dan semua kejelekan.*
.
*Merupakan hal yang dimaklumi bahwa kebaikan terbesar adalah tauhidullah yang akan membawa kepada kebahagiaan yang abadi di syurga dan kejelekan terbesar adalah kesyirikan yang akan membawa kepada adzab Alloh yang kekal.*
.
*3. Alloh tidak pernah membebani setiap pembawa risalahNya untuk mendirikan suatu daulah dan menjatuhkan yang lainnya, dan ini adalah puncak hikmah, karena seruan untuk menegakkan suatu daulah tidak akan terlepas dari tendensi mencari dunia, pangkat, dan kedudukan.Dan usaha pencapaian kekuasaan sering diperani oleh orang-orang yang rakus dan dengki. Tak jarang muncul sekelompok juru dakwah yang berjuang untuk menegakkan daulah, namun terselinap niat untuk merealisasikan dorongan nafsu, kerakusan, dan ambisi untuk memperoleh hajat yang mereka idamkan.*
.
*Sesungguhnya dakwah mengajak orang untuk menegakkan Daulah jauh lebih mudah, dan bahkan lebih cepat mendapat pengikut, sebab kebanyakan manusia menghendaki perolehan dunia dan pemenuhan hawa nafsu.*
.
*Karena beberapa pertimbangan seperti inilah – Wallahu A’lam – dan yang lainnya yang diketahui oleh Alloh Sang Pencipta yang Maha Mengetahui , maka manhaj dakwah para nabi jauh sekali dari slogan-slogan yang menyilaukan dan menarik bagi pengikut hawa nafsu dan pencari kedudukan, mereka menempuh manhaj yang penuh hikmah, bersih dan suci, yang penuh dengan kendala dan ujian, maka tidak ada yang mengikuti dan beriman kepada mereka kecuali orang-orang yang jujur, ikhlas, dan jauh dari segala macam tendensi-tendensi pribadi.*
.
*DAULAH BUKANLAH TUJUAN DAKWAH PARA NABI*
.
*Kadang Alloh memberikan hidayah kepada suatu kaum sehingga mereka mengikuti ajakan nabi mereka, hingga tegaklah sebuah daulah bagi mereka, sebagai buah kebaikan yang dipetik dari keimanan dan amal shalih mereka, anugerah Daulah ini akhirnya dilimpahkan Alloh kepada mereka karena keteguhan mereka melaksanakan kewajiban-kewajiban seperti jihad, melaksanakan syari’at dan perkara-perkara yang disyari’atkan Alloh kepada mereka. Anugerah inilah yang diperoleh Rasulullah dan para sahabatnya, karena kesabaran mereka dalam menempuh manhaj dakwah yang haq, menghadapi kekejian dan kebrutalan kaum musyrikin. Alloh menolong Rasulullah dan para sahabatnya, memenangkan din mereka, dan mengokohkan mereka di muka bumi,* sebagai perwujudan janji Alloh dalam KitabNya :
.
( وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا(
.
*“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku.”* ( An-Nur : 55 ).
.
*Bersamaan dengan itu semua nabi bukanlah manusia-manusia pencari kekuasaan, tetapi mereka adalah para da’i kepada tauhid, dan tidak pernah menyiapkan para pengikutnya untuk revolusi dan kudeta.*
.
*Rasulullah pada awal dakwahnya telah ditawari kedudukan sebagai “ penguasa ‘ di Makkah, tetapi beliau menolak dan tetap melanjutkan dakwah tauhidullah dan memerangi kesyirikan.”*
[Diriwayatkan oleh Ibnu Ishaq dalam Sirahnya 1/293-294 dan memiliki syahid dari hadits Jabir yang diriwayatkan oleh Abd bin Humaid dan Abu Ya’la. Syaikh Rabi’ berkata : Dengan syahid ini kuatlah sanad kisah ini. Manhajul Anbiya’ hal. 116]
.
*Kesimpulannya bahwa dakwah para nabi bukanlah untuk mendirikan suatu daulah dan menjatuhkan yang lainnya, mereka tidaklah mencari kekuasaan dengan mendirikan partai-partai politik, tetapi mereka berdakwah untuk memberikan hidayah kepada manusia, menyelamatkan mereka dari keseatan dan kesyirikan, mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya dan mengingatkan mereka kepada hari pembalasan.*
.
*BOLEHKAH JURU DAKWAH BERPALING DARI MANHAJ PARA NABI?*
.
*Tidak diperbolehkan secara syar’i bagi setiap juru dakwah di setiap zaman untuk berpaling dari manhaj para nabi dan memilih jalan yang lainnya karena :*
.
*1. Manhaj dakwah para nabi adalah jalan yang paling lurus yang digariskan oleh Alloh kepada semua nabi.*
*Allohlah yang meletakkan jalan ini, dan Dia adalah pencipta manusia, paling tahu tentang tabiat-tabiat manusia, dan apa yang paling sesuai bagi mereka.*
.
*2. Para nabi berpegangteguh dengan jalan ini dan menerapkannya, tidak pernah kita jumpai satupun nabi yang memulai dakwahnya dengan tashawwuf, ilmu kalam, filsafat, ataupun politik*
*Bahkan kita dapatkan mereka semua menempuh jalan yang satu yaitu menjadikan dakwah tauhid sebagai prioritas pertama, hal ini menunjukkan bahwa permasalahan ini tidak termasuk medan ijtihad.*
.
*3. Sesungguhnya Alloh telah mewajibkan Rasulullah agar menempuh jalan para nabi,* Alloh berfirman – *setelah menyebut 18 orang dari para nabi – : “ Mereka adalah orang-orang yang diberi petunjuk oleh Alloh, maka ikutilah petunjuk mereka.”* ( Al-An’am : 90 ).
.
*4. Alloh telah menciptakan alam semesta dan menatanya secara kauni dan syar’i, Alloh jadikan alam semesta berjalan sunnah-sunnah kauniyyahNya, jika sunnah-sunnah kauniyyah ini berubah maka rusaklah alam semesta.Termasuk sunnah kauniyyah bahwa makhluk hidup dari manusia dan yang lainnya tidak akan hidup kecuali dengan ruh dan jasad, jika ruh memisahkan diri dari jasad maka matilah jasad sehingga menjadi rusak dan busuk.*
.
*Demikian juga tidak akan tegak syari’at kecuali di atas aqidah, jika syari’at kosong dari aqidah maka rusaklah syari’at, sebagaimana rusaknya syari’at Ibrahim di jazirah Arab ketika Amr bin Luhay memasukkan kesyirikan ke jazirah Arab, sebagaimana rusaknya syari’at Musa dan Isa ketika orang-orang Yahudi mengucapkan “ Uzair anak Alloh” dan orang-orang Nashara mengucapkan “ Isa adalah anak Alloh”*
*Maka perumpamaan aqidah tauhid dengan syari’at seluruh nabi adalah seperti bangunan dan pondasinya, tidak akan tegak bangunan kecuali dengan pondasi.*
.
*PERBEDAAN ANTARA DAULAH DAN HAKIMIYYATULLAH*
.
*Di antara syubhat yang dilontarkan oleh para da’i “ politik “ adalah apa yang mereka namakan hakimiyyah, yaitu bahwasanya siapa saja yang ingin menegakkan hukum Alloh maka wajib bagi dia untuk berjuang untuk mendirikan Daulah Islam, barangsiapa yang tidak berjuang untuk mendirikan Daulah Islam maka berarti dia tidak ingin menegakkan hukum Alloh bahkan dia tidak beriman kepada hakimiyyahNya?*
.
*Untuk menjawab syubhat ini perlu kita jelaskan tentang perbedaan antara daulah ( negara ) dan hakimiyyah ( berhukum dengan hukum Alloh )*
.
*Adapun daulah ( negara ) maka dia adalah kumpulan dari para manusia yang bisa disifati sebagai daulah yang kafir, sesat, atau beriman. Kumpulan manusia yang merupakan komponen daulah yang beriman tidak lebih dari sarana-sarana untuk melaksanakan syari’at seperti jihad, amar ma’ruf nahi munkar, menegakkan hukum had, qishash, dan sebagainya.*
.
*Wajib bagi bagi kaum muslimin untuk menegakkan daulah Islam sebagai sarana untuk menegakkan syari’at, dengan cara yang syar’i , dengan membaiat seorang khalifah yang disepakati oleh seluruh kaum muslimin, atau kepada para penguasa muslim yang menguasai bagian-bagian dari wilayah Islam-sebagaimana hal ini terjadi setelah lemahnya kekhilafahan -, dengan perincian yang dijelaskan oleh para ulama dalam pembahasan siyasah syar’iyyah.*
.
*Adapun hakimiyyah maka dia adalah termasuk sifat dan kekhususan Alloh sebagaimana dalam firmanNya :*
.
(إِنِ الْحُكْمُ إِلَّا لِلَّهِ أَمَرَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ(
.
*“Hukum itu hanyalah kepunyaan Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia.”* ( Yusuf : 40 ).
.
*Tidak ada yang mengingkari hakimiyyah ini kecuali orang yang kafir kepada Alloh dan RasulNya, jika dia mengingkarinya dengan ilmu, adapun orang yang jahil maka dia berudzur sampai tegak hujjah atasnya. Hal ini berlaku bagi setiap muslim, sebagai rakyat atau penguasa* ( Lihat Minhajus Sunnah 3/32 dan Madarijus Salikin 1/336 ).
.
*Barangsiapa yang berpegangteguh dengan hukum Alloh di dalam semua segi Islam seperti masalah aqidah, ibadah, dakwah, mu’amalah, siyasah, dan akhlaq maka dia adalah seorang mu’min, dan barangsiapa yang tidak berpegangteguh dengan hukum Alloh di sebagiannya atau semuanya maka dia kafir, entah itu berupa person atau kelompok, rakyat atau penguasa, da’i atau mad’u.*
.
Maka ayat Alloh
.
ومن لم يحكم بما أنزل الله فأولئك هم الكافرون “المائدة : 44
.
*“Dan barang siapa yang tidak berhukum dengan apa yang diturunkan Allah ,maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir”* ( Al Maidah ayat 44)
.
*berlaku bagi person atau kelompok, rakyat atau penguasa, maka merupakan kesesatan dan kejahilan yang nyata jika ada yang membatasi khithab ayat ini pada penguasa saja dan tidak berlaku bagi kelompok-kelompok sesat yang tidak berhukum kepada hukum Alloh dalam aqidah, ibadah, dan akhlaq mereka.*
.
*Demi Alloh sungguh kami mengkhawatirkan banyak kelompok-kelompok Islam, dan partai-partai Islam kalau-kalau mereka telah terjatuh ke dalam kekufuran karena mereka tidak berpegangteguh dengan hukum Alloh di dalam segi-segi agama, kami mengkhawatirkan kelompok-kelompok yang melecehkan dakwah para nabi dan menyelisihi hukum Alloh dalam manhaj dakwah akan terjatuh ke dalam kekufuran.”* ( Pembahasan ini disarikan dari kitab Manhajul Anbiya’ fid Da’wah Ilallah oleh Syaikh Al-‘Allamah Rabi’ bin Hadi Al-Madkhaly cetakan kedua tahun 1413 H ).
.
*(Akhukum Abu Ahmad Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah )*